Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

7 menit waktu bacaan

Butuh Pinjaman Online? Ini Dia 6 KTA Pilihan CekAja!

by Tisyrin N. T on 10 April, 2018

melipatgandakan uang - CekAja.com

Tawaran pinjaman online saat ini semakin marak. Hal tersebut memudahkan Anda untuk mendapatkan dana segar dalam waktu singkat melalui cara yang terbilang praktis. Sayangnya, jika tidak hati-hati, Anda bisa terjebak dalam transaksi yang tidak aman.

Salah satu jenis pinjaman yang bisa Anda dapatkan adalah Kredit Tanpa Agunan (KTA). Seperti namanya, pinjaman jenis ini tidak perlu jaminan. Anda hanya perlu memenuhi persyaratan yang ditetapkan serta melampirkan dokumen yang dibutuhkan saja.

Ada berbagai portal yang menawarkan pinjaman tanpa agunan, termasuk CekAja.com. CekAja.com menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga keuangan terpercaya. Dengan begitu, Anda tak perlu mengkhawatirkan soal keamanannya.

Jika Anda sedang mencari-cari tawaran pinjaman online, simak 6 KTA pilihan CekAja ini!

KTA Pilihan CekAja

bisnis online - CekAja.com

Tunaiku

Tunaiku merupakan pinjaman online dari Amar Bank dengan plafon hingga Rp20 juta dan jangka waktu cicilannya hingga 20 bulan. Proses persetujuan hanya memerlukan waktu 24 jam. Dengan begitu, dalam waktu tiga hari kerja dana cepat bisa langsung cair.

Untuk mendapatkan pinjaman ini, syaratnya adalah pendaftar berusia 21-55 tahun, Warga Negara Indonesia (WNI), memiliki rekening bank, serta memiliki pekerjaan atau penghasilan. Layanan Tunaiku tersedia untuk Anda yang tinggal dan bekerja di area Jabodetabek, Sidoarjo, Surabaya, dan Gresik.

Keunggulan pinjaman Tunaiku selain tanpa agunan adalah tanpa kartu kredit. Jadi, bagi Anda yang belum pernah menggunakan kartu kredit sebelumnya, tak perlu khawatir, karena Anda tetap bisa mengajukan pinjaman. Tak hanya itu, dokumen yang dibutuhkan pun hanya berupa KTP saja.

Biaya-biaya yang dipatok adalah biaya administrasi sebesar Rp540.000, bunga keterlambatan 0,16% per hari, suku bunga per bulan 3% flat, biaya pelunasan lebih awal Rp0, dan biaya keterlambatan Rp100.000. Sedangkan jangka waktu pelunasan pinjaman adalah 6-20 bulan.

(Baca juga: Ingin Kaya Tanpa Ribet? Yuk Mulai Investasi Reksa Dana!)

Dana Bantuan Sahabat

Dana Bantuan Sahabat merupakan produk KTA dari Bank DBS Indonesia. Anda bisa meraih pinjaman Rp5 juta hingga Rp300 juta dengan bunga ringan mulai dari 0,88%. Pilihan jangka waktu cicilannya adalah 12, 24, dan 36 bulan.

Kriteria umum untuk mendapatkan pinjaman ini adalah WNI dengan usia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun. Sementara untuk minimal penghasilan kotor per bulan adalah Rp3 juta (karyawan), Rp5 juta (wiraswasta), dan Rp5 juta (profesional).

Dan, minimal limit kartu kredit yang dimiliki Rp6 juta (karyawan), Rp7 juta (wiraswasta), dan Rp7 juta (profesional). Sedangkan minimal masa aktif kartu kredit di bank lain untuk karyawan adalah 1 tahun, wiraswata 2 tahun, dan profesional 2 tahun.

Kriteria lain adalah minimal lama usaha atau bekerja 1 tahun  dan status karyawan tetap (untuk karyawan), 2 tahun (wiraswasta), dan 2 tahun (profesional). Selain itu, tawaran KTA dari Bank DBS Indonesia ini berlaku bagi Anda yang tinggal di area Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya.

KTA Standard Chartered Bank

KTA dari Standard Chartered Bank menawarkan plafon pinjaman hingga Rp300 juta. Periode pembayarannya fleksibel mulai dari 1 tahun hingga 5 tahun. Untuk memperoleh pinjaman ini, hanya memakan waktu 3-5 hari kerja tergantung kelengkapan aplikasi dan dokumen.

Oleh karena itu, pastikan Anda menyiapkan dokumen seperti di bawah ini.

Untuk karyawan:

Fotokopi dokumen berupa KTP/Paspor, NPWP (untuk pengajuan sebesar atau melebihi Rp50 juta), kartu kredit dari bank lain (minimal sudah terdaftar selama satu tahun dan minimal batas kredit Rp6 juta), tagihan kartu kredit bank lain (tergantung jenis KTA), dan sampul buku tabungan.

Untuk wiraswasta/profesional:

Fotokopi dokumen berupa  KTP/Paspor, NPWP (untuk pengajuan sebesar atau melebihi Rp50 juta), kartu kredit dari bank lain (minimal sudah terdaftar selama 12 bulan dan minimal batas kredit 8 juta), tagihan kartu kredit bank lain (tergantung jenis KTA), sampul buku tabungan, serta SIUP/SITU & Perizinan dan Akta Pendirian Perusahaan.

Jika Anda ingin pengajuan KTA disetujui, persyaratan umumnya adalah Warga Negara Indonesia (WNI), usia 21-60 tahun, pendapatan bersih minimal Rp96 juta per tahun, serta memiliki kartu kredit dari bank lain dan telah terdaftar minimal satu tahun. Minimal limit kartu kredit lebih besar atau sama dengan Rp6 juta. Syarat lainnya adalah tinggal dan bekerja di Jabodetabek, Bandung, Semarang, dan Surabaya.

Commonwealth BizLoan

BizLoan adalah aplikasi mobile dari Bank Commonwealth yang bisa membantu pengusaha kecil dan menengah untuk mendapatkan pinjaman bisnis tanpa agunan. Plafon pinjaman mulai dari Rp50 juta hingga Rp500 juta.  Periode pembayaran angsuran bisa mencapai 3 tahun. Pinjaman akan cair dalam 7 hari kerja setelah dokumen lengkap.

Mereka yang bisa mengajukan pinjaman ini adalah pengusaha maupun individu yang memiliki badan hukum seperti PT, CV, atau Firma, usaha telah berjalan setidaknya 2 tahun, usaha berada di wilayah Jabodetabek atau Surabaya, serta omzet usaha Rp25 juta-Rp5 miliar per bulan.

Keunggulan BizLoan dibandingkan KTA lain dari Commonwealth Bank yaitu nasabah bisa memonitor KTA BizLoan melalui smartphone setiap hari. Tak hanya itu, ada pula perlindungan dengan fitur keamanan berlapis, termasuk PIN dan SMS OTP (one time password).

Commonwealth KTA

Produk pinjaman tanpa agunan lainnya dari Commonwealth Bank yaitu Commonwealth KTA. Commonwealth KTA menawarkan limit kredit sebesar Rp10 juta, Rp20 juta, atau Rp30 juta. Sistem pembayaran auto debet dari rekening nasabah, dengan jangka waktu kredit selama  12 bulan atau 18 bulan.

Persyaratan untuk mendapatkan pinjaman ini adalah terdaftar sebagai nasabah Bank Commonwealth, sementara untuk non nasabah harus membuka rekening tabungan terlebih dahulu. Syarat lain yaitu WNI usia 21-55 tahun, penghasilan bersih minimal Rp3,5 juta per bulan, lama bekerja (karyawan) minimal 1 tahun, serta domisili Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Surabaya.

KTA Permata Bank

Terdapat tiga jenis KTA dari Permata Bank yaitu Permata KTA Speed, Permata KTA Payroll, dan Permata KTA Non-Payroll. Permata KTA Speed berupa pinjaman tunai hingga Rp300 juta tanpa agunan. Nasabah dapat menggunakannya untuk aneka kebutuhan konsumtif dengan jangka waktu pelunasan hingga 60 bulan.

Permata KTA Payroll juga berupa pinjaman dana tunai tanpa agunan hingga Rp300 juta. Perbedaannya, pinjaman ini khusus untuk nasabah yang penghasilannya dibayarkan melalui rekening payroll di Bank Permata. Nasabah juga dapat menggunakan dana untuk aneka kebutuhan konsumtif dengan jangka waktu pelunasan pinjaman hingga 60 bulan.

Terakhir, Permata KTA Non-Payroll. Perbedaan produk tersebut dengan kedua produk lainnya adalah jangka waktu pelunasan pinjaman hanya mencapai 36 bulan. Produk ini diperuntukan khusus untuk nasabah Bank Permata.

Keunggulan KTA dari Bank Permata adalah tidak perlu kartu kredit, bunga rendah dan kompetitif, proses mudah dan cepat, serta cicilan tetap. Selain itu, dana akan ditransfer langsung ke rekening Anda.

(Baca juga: Cek! 8 Promo Hot dari Kartu Kredit yang Akan Manjakan Para Wanita)

Waktu yang Tepat Ajukan Pinjaman Online Tanpa Jaminan

Ada beberapa kondisi yang bisa jadi bahan pertimbangan bagi Anda untuk mengajukan pinjaman online tanpa jaminan, seperti kondisi berikut ini.

Tidak punya aset yang memadai untuk jaminan

Jika Anda kesulitan meraih pinjaman karena tak punya aset yang memadai untuk dijadikan pinjaman, KTA adalah jawabannya. Anda tak perlu menyertakan agunan berupa sertifikat rumah atau pun surat kendaraan untuk meraih dana segar.

Anda mungkin saja sudah memiliki rumah, tetapi belum memiliki surat-surat yang kuat untuk dijadikan agunan ke bank. Padahal, Anda tengah membutuhkan dana tunai cukup besar, maka alternatifnya adalah KTA. Seperti namanya, KTA tak memerlukan agunan.

Butuh dana cepat

Dengan mengajukan pinjaman secara online, Anda berpotensi meraih dana segar dalam waktu cepat alias hitungan hari saja. Tinggal klik sana dan klik sana, Anda akan mendapatkan dana dengan jumlah sesuai yang Anda butuhkan.

Butuh dana renovasi rumah

Renovasi rumah membutuhkan dana tak sedikit. Jika Anda menghadapi situasi harus segera merenovasi rumah padahal dana belum siap, KTA bisa membantu Anda. Nantinya, Anda bisa melunasinya dengan cara mencicil.

Butuh dana tambahan pendidikan

Dalam kondisi darurat, Anda kerap belum siap untuk membayar keperluan pendidikan. Agar kegiatan pendidikan tetap lancar, Anda bisa mengajukan KTA untuk menalangi keperluan tersebut.

(Baca juga: Bocor Data Facebook, Bagaimana Sebaiknya Masyarakat dan Pemerintah Menyikapi)

Bagaimana? Anda tertarik mengajukan KTA? CekAja siap membantu!

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.