Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

6 Kuliner Seafood yang Enak dan Murah di Semarang, Dijamin Bikin Ngiler!

by Ayunindya Annistri on 30 Oktober, 2019

Berkeliling Indonesia rasanya kurang afdol bila tidak mencicipi kuliner baharinya. Sebagai rekomendasi, salah satu kota yang bisa kamu datangi adalah Kota Semarang.

Kota ini dijuluki surganya seafood, karena letak kota Semarang yang berada di jalur Pantura (Pantai Utara). Sehingga hasil laut tak sulit untuk ditemukan.

Nah, bila saat ini kamu tengah berlibur di kota Semarang, saatnya mencicipi beberapa kuliner seafood di sana. Selain cita rasanya yang lezat, harganya pun relatif murah. Daripada penasaran, yuk simak daftar kuliner seafood yang enak dan murah di Semarang.

1. Warung Pak Sangklak

Warung seafood yang enak dan murah di Semarang ini memang sudah terkenal sejak dulu. Walaupun pemiliknya telah meninggal, namun rasa masakan seafood Pak Sangklak tidak pernah berubah.

Di sini, kamu bisa memesan aneka hidangan laut apa saja, mulai dari ikan, kerang, udang, hingga kepiting. Kalau untuk menu favoritnya sendiri, kamu bisa memesan ikan kakap dan kepiting telor. Baik dengan cara digoreng, asam manis, saus tiram maupun cabai hijau, cita rasanya tetap menggiurkan.

Harga: Mulai dari Rp 25.000 – Rp 150.000

Lokasi: Jalan Raya Telaga Mas No. B1, Panggung Lor, Semarang

Jam Buka: 10.00 -21.00 WIB

2. Warung Seafood Nggemeske

Penggemar masakan pedas, pasti sudah tidak asing lagi dengan kuliner seafood yang enak dan murah di Semarang ini. Ya, warung seafood Nggemeske.

(Baca juga: Ini 8 Tempat Kuliner di Bandung yang Murah Meriah, Kuy Kepoin!)

Restoran yang terkenal di kalangan anak muda Semarang tersebut, menyediakan aneka olahan kerang, udang, cumi, kepiting, dan ikan dengan baluran sambal pedas. Pemilihan nama untuk sambalnya cukup unik loh, mulai dari megap-megap hingga mbledos.

Apabila kamu bukan penggemar masakan pedas, kamu juga bisa memesan hidangan lainnya dengan rasa yang enggak kalah nikmat, seperti asam manis, mentega, ataupun blackpapper.

Harga: Mulai dari Rp 9.000 – Rp 15.000

Lokasi: Jalan Lamper Tengah No. 32, Semarang

Jam Buka: 16.00 – 22.30 WIB

3. Kepala Manyung Bu Fat

Siapa sih yang tidak kenal dengan kuliner legendaris satu ini? Ya, sajian kepala Manyung ala Bu Fat. Sensasi mencicipi daging kepala ikan manyung yang padat dan gurih, namun terasa lembut, tentunya bakal membuat kamu ketagihan.

Memang sih dari segi harga, restoran Bu Fat sedikit lebih mahal. Tapi saat berkunjung ke Semarang, rasanya sulit untuk tidak mencicipi ikan manyung yang diolah bersama bumbu mangut alias gulai pedas khas Jawa di warung seafood ini.

Harga: Mulai dari Rp 75.000 – Rp 150.000

Lokasi: Jalan Sukun Raya No. 36 Semarang, Jalan Ariloka Semarang, Jalan Jodipati Bar Semarang, Jalan Erlangga Barat No. 6 Semarang, dan Jalan Cempaka Putih Jakarta Pusat (cabang pertama).

Jam Buka: 07.00 – 19.30 WIB

4. Gama Ikan Bakar & Seafood

Tertarik mencicipi cakalang garo? Langsung saja kunjungi Gama Ikan Bakar & Seafood. Restoran yang enak dan murah di Semarang ini juga menyajikan menu favorit lainnya seperi kerang srimping, ikan kuah asam, dan kepiting saus gama.

Jika bosan dengan menu seafood, kamu bisa memesan ayam karamel ataupun empal penyet. Oiya, restoran ini memiliki area yang cukup luas dan nyaman untuk dikunjungi oleh konsumen, terutama yang membawa keluarga.

Harga: Mulai dari Rp 25.000 – Rp 90.000

Lokasi: Jalan MT. Haryono No. 870A

Jam Buka: 11.00 – 23.00 WIB

5. Kepiting Cak Gundul

Pilihan selanjutnya dari kuliner seafood yang enak dan murah di Semarang adalah Kepiting Cak Gundul. Restoran ini juga terkenal legendaris tak hanya di Semarang saja, melainkan juga di kota-kota besar lainnya.

Cak Gundul menyediakan berbagai macam kepiting berukuran kecil maupun besar. Pilihan sausnya juga sangat bervariatif, mulai dari saus padang, saus lada hitam, hingga saus tiram.

(Baca juga: Daftar Kuliner Murah di Palembang, Harga Kaki Lima Kualitas Bintang Lima)

Harga yang ditawarkan untuk satu porsinya memang lumayan mahal sih, tapi bisa disantap untuk 2 hingga 3 orang loh, tergantung dari jumlah kepiting yang diminta.

Harga: Mulai dari Rp 50.000 (hitungan harga per ons) hingga Rp 300.000

Lokasi: Jalan Jenderal Sudirman No. 332, Semarang

Jam Buka: 11.30 – 22.00 WIB

6. Depot Makan Kepiting Rejeki

Terakhir ada Depot Makan Kepiting Rejeki. Restoran yang berada di kawasan Puspowarno ini menyediakan olahan kepiting dengan ukuran yang bervariatif, mulai dari kecil, besar, hingga jumbo. Pembeli pun bisa memilih sendiri cara untuk memasak kepiting tersebut. Cita rasanya pun benar-benar menggugah selera.

Kalau tidak tertarik dengan kepiting, kamu pun dapat memesan menu seafood lainnya, seperti ikan, kerang, dan udang. Harganya pun jauh lebih terjangkau ketimbang kepiting.

Untuk menemani lauk utamamu, Depot Makan Kepiting Rejeki juga menyuguhkan sajian sayur, mulai dari tumis kangkung hingga sawi dngan racikan bumbu spesial.

Harga: Mulai dari Rp 17.000 hingga Rp 100.000

Lokasi: Jalan Puspowarno Raya No. 54, Semarang

Jam Buka: 10.00 – 21.00 WIB

Sehabis makan enak di Semarang, jangan lupa untuk mengecek kadar kolestrol dan tekanan darah ya. Karena kebanyakan mengonsumsi seafood akan membuat lemak menumpuk di dalam tubuh dan rentan mengidap miom pada rahim.

Selaraskan juga dengan menggunakan produk asuransi kesehatan dari CekAja.com.

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau