Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

6 Langkah Aman Gunakan Internet Banking BRI

by Dudung Rahmanto on 3 April, 2016

Teknologi mampu mempermudah manusia untuk melakukan segala sesuatunya termasuk di antaranya transaksi perbankan. Jika beberapa tahun yang lalu, kita masih sibuk mengantri di teller atau mesin ATM untuk melakukan transaksi perbankan hari ini kita tak perlu repot-repot mengantri sebab semua transaksi dapat dilakukan melalui genggaman tangan kita.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai salah satu bank yang dipercaya oleh banyak masyarakat Indonesia juga telah mengikuti perkembangan teknologi dengan memberikan layanan internet banking yang mudah diakses dari manapun dan kapanpun dibutuhkan. Yang kalian butuhkan hanyalah download internet banking bri di smartphone kesayangan Anda agar dapat mengaksesnya kapanpun kalian butuhkan. Kalian dapat mentransfer sejumlah dana, melakukan transaksi pembayaran listrik dan tagihan lainnya, pengisian pulsa, pembayaran cicilan rumah, kartu kredit BRI dan masih banyak lagi yang lainnya hanya menggunakan smartphone milik kalian.

Meski internet banking dapat memudahkanmu dalam melakukan transaksi perbankan, bukan berarti ia tak memiliki resiko. Sebab sudah banyak kasus cybercrime yang telah terjadi salah satunya adalah phishing yang dapat mencuri informasi terkait rekening bank yang kamu miliki. Kalian tentu tidak menginginkan hal-hal tersebut terjadi pada rekening bank Anda. Atas permasalahan itu, Bank BRI memberlakukan sistem keamanan ganda yang bertujuan untuk melindungi informasi rekening nasabahnya. Salah satu caranya adalah dengan memberikan notifikasi ke email atau nomor handphone yang terdaftar jika telah melakukan transaksi perbankan.

Kemudian Bank BRI juga memberlakukan enkripsi SSL (Secure Socket Layer) yang mampu mengacak data. Adapula M-Token yang akan memberikan notifikasi berupa kode SMS dari sistem Bank BRI agar nasabah dapat melakukan transaksi. M-Token atau Mobile Token ini hanya melalui SMS agar juga memudahkan nasabahnya melakukan transaksi tanpa perangkat yang terpisah. Sehingga nasabah memiliki keleluasaan melakukan transaksi di manapun ia berada tanpa harus mencari perangkat terpisah untuk verifikasi kode.

bri mobile bisa android

Hal tersebut tidak lain diciptakan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan dalam melakukan transaksi menggunakan internet banking BRI. Namun, tetap saja ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan agar transaksi internet banking BRI kalian berjalan dengan aman, berikut ulasannya.

  1. Hanya akses internet banking BRI di laman yang tepat yaitu https://ib.bri.co.id atau juga bisa dilakukan melalui aplikasi BRI Mobile yang bisa kalian download di smartphone kesayanganmu.
  2. User ID, password dan M-Token merupakan hal yang bersifat pribadi sehingga jangan pernah beritahukan kombinasi password dan kode yang kalian dapat dari M-Token kepada orang lain. Selalu ingat untuk menghapus m-Token yang telah dipakai atau habis masa berlakunya.
  3. Secara berkala cobalah untuk mengubah kombinasi password yang kalian miliki. Jangan membuat password dari tanggal lahir atau apapun yang mudah sekali untuk diretas. Kombinasi alfanumerik bisa dijadikan salah satu alternatif ketika kalian ingin membuat kombinasi password.
  4. Jangan pernah melakukan transaksi internet banking BRI melalui komputer publik atau menggunakan koneksi publik yang tak bisa dijamin keamanannya. Jangan lupa log out atau hapus riwayat penelusuran kalian ketika meninggalkan smartphone atau laptop pribadi walau hanya sesaat.
  5. Selalu waspada terhadap pengunduhan melalui situs-situs yang tak bisa dipercaya, sebab rawan akan malware yang dapat meretas informasi pribadi di device kalian.
  6. Apabila menemukan kejanggalan segeralah menghubungin call center Bank BRI di 14017 atau (021) 15000-17.
Produk Unggulan Bank BRI :

Tentang Penulis

Jika ingin dibantu orang, maka bantulah orang lain terlebih dulu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami