6 Lokasi Wisata Alternatif di Bandung untuk Liburan Tahun Baru

4 min. membaca Oleh CekAja on

Tahun baru tinggal menghitung hari. Apa kamu sudah punya tujuan berlibur bersama keluarga pada libur panjang akhir tahun ini? Jika belum, Bandung menjadi kota wisata yang wajib dikunjungi. Selalu memiliki daya tarik yang seolah tak pernah habis, Bandung bisa menjadi obat kepenatan dari rutinitas sehari-hari.

Dari sekian banyak lokasi yang kerap dijadikan tujuan wisata, berikut kami sajikan beberapa destinasi wisata alternatif di Bandung yang bisa kamu masukan dalam list liburan.

  • Curug Malela
Curug Malela - 6 Lokasi Wisata Alternatif di Bandung untuk Liburan Tahun Baru

Destinasi wisata yang bisa kamu jadikan tujuan untuk berlibur di Bandung adalah Curug Malela. Air terjun dengan ketinggian 60 meter dan lebar 50 meter ini memancarkan keindahan yang bisa memanjakan mata. Memiliki lima jalur air terjun, tentu bisa membuat siapa pun yang melihatnya terpesona akan keindahan dan kemegahan Curug Malela.

Terletak di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat yang berbatasan dengan Kabupaten Cianjur, Curug Malela berhasil menampakkan keindahan alam Bandung yang terkenal eksotis. Maka tak heran jika air terjun ini dijuluki Niagara-nya Indonesia karena tinggi dan lebarnya curug ini.

Untuk datang ke lokasi ini, kamu gak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Harga tiket yang dipatok untuk pengunjung menikmati keindahan alam ini sebesar Rp10.000/orang dengan tarif parkir sebesar Rp2.000/motor dan Rp5.000/mobil.

(Baca juga: Deretan Kafe Ngehits dengan Panorama Indah di Bandung)

  • Sendang Geulis Kahuripan
Sendang Geulis Kahuripan - 6 Lokasi Wisata Alternatif di Bandung untuk Liburan Tahun Baru

Memang tak ada habisnya bicara soal objek wisata di Bandung. Para pelancong dari kota-kota besar Indonesia selalu saja dibuat penasaran dengan keindahan alamnya. Satu destinasi wisata alam yang membuat penasaran adalah Sendang Geulis Kahuripan.

Destinasi wisata ini terletak di Kampung Cilangkop, Desa Ganjarsari, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat ini akan memanjakan mata kamu dengan keindahan alam yang dimilikinya. Sendang Geulis Kahuripan atau masyarakat sekitar menyebutnya Talaga Cikahuripan adalah satu danau kecil di tengah hutan yang menyajikan kejernihan air yang ditampungnya.

Kamu yang datang ke destinasi wisata ini bisa bisa berendam di danau yang jernih ini. Saking jernihnya warna air akan tampak seperti berwarna biru. Hanya dengan mengeluarkan biaya Rp10.000 untuk tiket masuk serta Rp5.000 untuk parkir mobil dan Rp3.000 untuk parkir motor, kamu sudah bisa menikmati keindahan alam Sendang Geulis Kahuripan.

  • The Great Asia Afrika
The Great Asia Afrika - 6 Lokasi Wisata Alternatif di Bandung untuk Liburan Tahun Baru

Kawasan Lembang tentu sudah tak terdengar asing lagi untuk kamu yang sudah sering berlibur ke Bandung. Lembang memang sudah seperti gudangnya tempat wisata, banyak sekali destinasi wisata yang bisa kita pilih tatkala berkunjung ke kawasan ini.

The Great Asia Afrika, objek wisata yang baru-baru ini resmi dibuka bisa kamu masukan dalam list tujuan liburan. Beralamat di Jalan Raya Lembang-Bandung No 71, Gudang Kahuripan, Lembang, objek wisata ini tepat berseberangan dengan Farm House.

Daya tarik dari objek wisata ini adalah kamu bisa merasakan suasana berada di luar negeri. The Great Asia Afrika ini menyuguhkan tidak kurang dari 10 miniatur negara-negara di Asia Afrika. Kompleks miniatur negara-negara tersebut dibuat semirip mungkin dengan negara aslinya.

Bahkan untuk lebih merasakan suasana negara aslinya, kamu bisa menyewa pakaian khas dari negara-negara tersebut. Ditambah adanya pusat kuliner khas masing-masing negara semakin menambah suasana berada di luar negeri.

Untuk masuk ke destinasi wisata ini, kamu harus merogoh kocek sebesar Rp50.000/orang. Tapi tentu dengan kocek sebesar itu kamu sudah bisa merasakan suasana luar negeri dalam balutan miniatur di The Great Asia Afrika.

  • Hobbiton
Hobbiton - 6 Lokasi Wisata Alternatif di Bandung untuk Liburan Tahun Baru

Gak perlu jauh-jauh pergi ke Selandia Baru, cukup pergi ke Lembang, Bandung kamu sudah bisa merasakan suasana kampung Hobbit seperti pada film The Lord Of The Rings. Ya, perkampungan Hobbit atau Hobbiton Adventure Jungle ini berada di kawasan objek wisata Farmhouse Susu Lembang.

Lokasi wisata ini didesain semirip mungkin dengan aslinya. Hobbiton Lembang ini menyajikan pemandangan laiknya perkampungan Hobit dalam film. Banyak juga spot bagus bagi kamu yang gemar berswafoto. Untuk masuk ke area Hobbiton ini kamu harus merogoh kocek sebesar Rp20.000/orang, tetapi tiket yang ada dapat bisa ditukar dengan segelas susu.

  • Situ Patenggang
Situ Patenggang - 6 Lokasi Wisata Alternatif di Bandung untuk Liburan Tahun Baru

Situ Patenggang, satu destinasi wisata danau yang ada di daerah Ciwidey. Terletak di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut, Situ Patenggang menawarkan keasrian dan kesejukan alamnya.

Di lokasi ini, kamu bisa menghabiskan waktu bersama keluarga dengan menaiki perahu atau makan di pinggiran Situ Patenggang dengan menggelar tikar. Kamu juga bisa berswafoto di spot-spot bagus sambil berjalan mengelilingi danau.

Untuk bisa menikmati keindahan alamnya, dikenakan biaya sebesar Rp18.000/orang di hari-hari biasa. Jika kamu berlibur ke Situ Patenggang di akhir pekan atau di hari libur nasional harga tiket yang dipatok sekitar Rp20.500.

(Baca juga: Rekomendasi Hotel Ramah Anak di Bandung)

  • Perkebunan Teh Rancabali
Perkebunan Teh Rancabali - 6 Lokasi Wisata Alternatif di Bandung untuk Liburan Tahun Baru

Kamu merindukan suasana asri berpadu kesejukan dengan hamparan kebun teh di depan mata? Perkebunan Teh Rancabali bisa menjadi salah satu tempat yang harus kamu kunjungi. Cukup membayar Rp5.000 kamu sudah punya akses masuk ke area pabrik.

Tidak perlu repot untuk berwisata di kawasan ini, cukup dengan menepikan kendaraan di pinggir jalan kamu bisa langsung menyaksikan keindahan hamparan perkebunan teh yang begitu luas.

Berada di ketinggian 1.628 meter di atas permukaan laut, membuat udara disini terasa dingin. Untuk rata-rata setiap harinya saja suhu udaranya mencapai 20 derajat celcius. Bahkan suhu perkebunan ini bisa sampai lima derajat celcius pada saat tertentu. Cukup dingin bukan?

Kawasan wisata Perkebunan Teh Rancabali ini berada di Patengan, Rancabali, Ciwidey. Akses jalan menuju perkebunan sangat mudah, karena sama dengan menuju tempat wisata lainnya yang ada di kawasan Bandung Selatan.

Nah itulah beberapa lokasi wisata alternatif buat kamu yang berencana liburan panjang di Bandung. Sudah siap? Jangan lupa, siapkan perlindungan perjalanan terbaik ya! Cek pilihan asuransi perjalanan di CekAja.com!

Tentang kami

CekAja

CekAja