6 Negara Terbersih di Dunia untuk Bucketlist Liburan

3 min. membaca Oleh Ayunindya Annistri on

Menyandang predikat sebagai negara paling bersih di dunia jelas menjadi kebanggan tersendiri bagi pemerintah maupun penduduk di negara tersebut. Hal ini karena, kebersihan masih berkaitan erat dengan tingkat kesehatan di suatu negara. Semakin bersih suatu negara maka semakin tinggi pula tingkat kesehatan di negara tersebut dan begitupun sebaliknya.

Mengutip dari hasil penelitian Yale Center for Environmental Law & Policy (YCELP) dan Center for International Earth Science Information Network (CIESIN) di Kolombia, setidaknya ada 6 negara yang dinilai berhasil menyabet predikat negara terbersih di dunia.

Negara-negara tersebut sangat wajib masuk dalam bucketlist kamu untuk liburan akhir tahun 2019 nanti. Nah penasaran negara mana saja yang dapat predikat terbersih itu? Yuk, simak ulasan lengkapnnya berikut.

1. Finlandia

Finlandia - 6 Negara Terbersih di Dunia untuk Bucketlist Liburan

Berdasarkan Environment Protection Index (EPI), Finlandia yang ber-ibu kota di Helsinki ini berhasil menempati peringkat pertama sebagai negara terbersih di dunia dengan skor 90,68. Predikat tersebut tidak serta merta muncul tanpa adanya kerja sama yang baik antara pemerintah maupun masyarakat.

Tidak hanya itu saja, negara yang berkomitmen mewujudkan netral karbon pada 2045 ini juga menduduki peringkat teratas dalam beberapa bidang, mulai dari kependudukan, kebebasan sipil, hingga kualitas hidup.

Siapapun yang berniat menyambangi negara ini tentu akan dibuat terpikat dengan keindahan alam yang masih terjaga keasliannya, mulai dari pesisir Selatan Teluk Finlandia hingga ke Laplandia.

2. Islandia

Islandia - 6 Negara Terbersih di Dunia untuk Bucketlist Liburan

Negara yang dijuluki sebagai tanah es ini pernah dinobatkan sebagai negara terbersih kedua di dunia pada tahun 2018 lalu. Hamparan gunung berapi, gletser, aurora, dan lautan yang kaya dengan ikan membuat Islandia banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Bahkan menurut beberapa sumber, sektor pariwisata Islandia berhasil menyumbang sebesar 30 persen terhadap pendapatan negara. Di mana pada tahun 2015, jumlah wisatawan asing meningkat hingga mencapai lebih dari 1 juta orang.

Faktanya negara yang berhasil mengumpulkan skor 90,51 dalam EPI ini memanfaatkan energi hidro (pembangkit listrik tenaga air) dan energi geothermal (panas bumi) untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-sehari.

Menurut pemerintah setempat, Islandia hanya menggunakan sedikit bahan bakar fosil guna mencegah terjadinya pemanasan global dan pencemaran lingkungan.

3. Swedia

Swedia - 6 Negara Terbersih di Dunia untuk Bucketlist Liburan

Menempati peringkat ketiga, Swedia berhasil mengumpulkan poin sebanyak 90,43. Negara yang terletak di Eropa Utara ini merupakan salah satu negara yang menerapkan sistem pajak berat untuk bahan bakar fosil. Hampir seluruh energi yang digunakan di Swedia berasal dari sumber terbarukan.

(Baca juga: 5 Destinasi Wisata Termahal di Asia Buat Crazy Rich Indonesia)

Karena hal itulah, Swedia juga direkomendasikan sebagai satu dari banyaknya negara terbaik untuk kehidupan hijau. Saking gencarnya pemerintah mendorong hidup sehat, Swedia yang ber-ibu kota di Stockholm ini berhasil mendapat predikat sebagai ibu kota terbersih di dunia.

4. Denmark

Denmark - 6 Negara Terbersih di Dunia untuk Bucketlist Liburan

Keberhasilan Denmark dalam mengembangkan energi terbaru membuat negara tersebut berhasil menempati urutan keempat dengan peroleh poin 89,21.

Negara terkecil di Uni Eropa ini menghasilkan listrik dengan cara membuat peternakan angin, di mana energi angin tersebut menghasilkan 116% kebutuhan listrik.

Tidak hanya digunakan untuk konsumsi pribadi saja, energi angin itu juga berhasil diekspor oleh Denmark hingga ke Norwegia, Jerman, dan Swedia.

Jika kamu hendak menghabiskan liburan akhir tahun ke Denmark, maka kamu perlu mengetahui beberapa fakta unik mengenai negara tersebut. Mulai dari musimnya yang berbeda hingga waktu di siang dan malam harinya yang lebih bervariasi.

5. Slovenia

Slovenia - 6 Negara Terbersih di Dunia untuk Bucketlist Liburan

Terletak di jantung Eropa, Slovenia merupakan negara yang dikelilingi oleh Pegunungan Alpen Timur, Laut Adriatik, Balkan, Italia, Kroasia dan Hungaria. Negara kecil dengan luas kurang lebih 20 ribu km persegi ini berhasil masuk dalam jajaran negara terbersih di dunia dengan skor EPI mencapai 88,98.

(Baca juga: Wisata ke Kampung Batik Yuk, Ini 5 Pilihannya!)

Di negara ini kamu bisa mengunjungi beberapa tempat wisata tersohor seperti kota Bled, Ljubljana, Slovebe Istria, Trizlav National Park, Maribor, dan Postonia. Kalau kamu tertarik mengunjungi museum unik yang akan menguji batas persepsi, ilusi dan relativitas, maka Museum of Illusions adalah tempat yang tepat.

6. Spanyol

Spanyol - 6 Negara Terbersih di Dunia untuk Bucketlist Liburan

Untuk bisa meraih peringkat keenam dalam daftar negara terbersih, pemerintah Spanyol menggunakan air daur ulang dalam proses irigasi dan pembersihan jalan. Negara yang terkenal akan keindahan kota Madrid dan Barcelona ini merupakan negara kedua paling banyak dikunjungi oleh turis setelah Perancis.

Salah satu tempat ikonik yang kerap dikunjungi oleh wisatawan saat berpelesir ke Spanyol adalah Plaza Mayor. Alun-alun yang berada di kota Madrid ini mempunyai desain megah dan hampir serupa satu sama lain.

Rata-rata desain bangunan yang ada di Plaza Mayor memiliki 4 lantai, lantai pertama digunakan sebagai toko atau kafe dan lantai paling atas biasanya digunakan sebagai tempat beristirahat.

Jadi kamu tertarik mengunjungi kota yang mana? Sebelum bepergian mengunjungi salah satu dari keenam negara terbersih di atas, jangan lupakan asuransi perjalanan ya. Cek pilihan asuransinya di CekAja.com.

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri