6 Obat Alami untuk Cacar Air yang Ampuh

6 min membaca Oleh Kyla Damasha on

Ternyata, ada lho beberapa obat alami cacar air yang dinilai ampuh dalam menyembuhkan penyakit ini.

Cacar air dapat dikatakan merupakan salah satu penyakit yang sudah pernah dialami oleh hampir sebagian masyarakat, yang umumnya paling sering diderita oleh balita.

Namun, tidak menutup kemungkinan pula orang dewasa bisa mengalaminya. Meskipun bukan termasuk penyakit yang berbahaya, akan tetapi cara air juga bisa menimbulkan sejumlah komplikasi yang lebih serius lagi bagi penderitanya, terutama untuk yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Maka dari itu, memang jauh lebih baik jika cacar air segera ditangani atau diobati. Nah, bagi kamu yang belum tahu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa obat alami cacar air yang bisa kamu jadikan sebagai solusi. Yuk disimak bersama-sama.

Apa itu Cacar Air?

Sebelum kita membahas tentang obat alami cacar air, mungkin di antara kamu masih ada yang belum tahu tentang jenis penyakit satu ini. Cacar air atau Varicella merupakan sebuah infeksi yang disebabkan oleh virus Varicella Zoster.

Umumnya, penderita yang mengalami penyakit ini akan ditandai dengan munculnya ruam kemerahan berisi cairan yang sangat gatal di sekujur tubuh.

(Baca Juga: Obat Alami Penurun Panas Anak)

Selain itu, cacar air juga biasanya akan menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan hingga infeksi virus melemah dengan sendirinya.

Beberapa gejala di antaranya adalah demam, pusing, lemas, hingga nyeri tenggorokan. Sementara itu untuk penyebabnya, karena diakibatkan oleh virus maka cacar air juga merupakan penyakit yang mudah menular, terutama melalui percikan ludah serta kontak langsung dengan penderita.

Penyakit ini lebih rentan menyerang anak-anak dengan usia di bawah 12 tahun. Tak hanya itu, beberapa faktor yang bisa meningkatkan resiko cacar air adalah seperti orang yang belum pernah mendapatkan imunisasi cacar air, ibu hamil yang belum menerima vaksin cacar air, dan sering melakukan aktivitas di tempat umum, seperti di sekolah atau rumah sakit.

Obat Alami Cacar Air

Beberapa obat alami cacar air memang bisa meredakan gejala yang dihasilkan dari penyakit cacar air. Akan tetapi, obat-obat ini justru tidak mampu mematikan atau melemahkan virus secara langsung dan hanya bereplikasi sebagaimana obat antivirus untuk cacar air bekerja.

Namun, pilihan obat alami cacar air yang tepat diyakini bisa membantu dalam mengurangi beberapa gejala yang terjadi, seperti mengurangi intensitas rasa gatal, mengatasi demam, dan gejala lainnya selama menjalani perawatan di rumah. Beberapa obat alami cacar air yang bisa kamu jadikan solusi adalah sebagaimana berikut ini:

1. Obat Alami Cacar Air dengan Cuka Apel

Pertama, ada cuka apel yang bisa dijadikan sebagai obat alami cacar air yang cukup ampuh. Sebab, cuka apel ini memiliki kandungan antibiotik dan anti-peradangan yang dipercaya bisa meredakan gejala cacar air.

Caranya terbilang cukup mudah lho, yaitu dengan mencampurkan satu sendok makan suka apel dan secangkir air. Kemudian, oleskanlah pada area kulit yang terdapat ruam atau bintik cacar.

Selain antibiotik dan anti-peradangan, cuka apel juga mengandung asam yang terbukti efektif dalam meredakan gatal serta mempercepat proses pengeringan pada bintik cacar tersebut.

Akan tetapi, janganlah mengoleskan cuka apel pada bintik cacar yang telah terbuka atau pada area kulit yang terluka.

2. Obat Alami Cacar Air dengan Oatmeal

Salah satu perawatan yang dianggap ampuh di dalam perawatan cacar adalah dilarangnya mandi.

Sebab, ruam cacar bisa memiliki waktu yang cukup untuk mengering sehingga bisa lebih cepat mengerak dan bisa mengelupas dengan sendirinya. Meski begitu, bukan berarti kamu tidak menjaga kebersihan kulit sama sekali.

Secara medis, tidak ada larangan untuk mandi bagi penderita cacar air. Bahkan, orang yang mengalami cacar air justru sangat dianjurkan untuk mandi, agar bisa mengangkat kotoran di permukaan kulit yang sebenarnya bisa membuat rasa gatal semakin parah ataupun pemicu terjadinya infeksi sekunder dari bakteri kulit.

Nah, salah satu obat alami cacar air yang dikenal cukup ampuh adalah dengan mandi menggunakan oatmeal.

Karena, oatmeal memiliki kandungan anti-peradangan bernama beta glukan yang bisa membantu dalam meredakan rasa gatal yang tak tertahankan. Cara mengobati cacar air menggunakan oatmeal adalah sebagaimana berikut ini:

  • Untuk balita, hancurkan 1 atau ⅓ gelas oatmeal menggunakan blender hingga menjadi seperti bubuk. Pastikan bahwa bubuk tersebut sudah cukup halus untuk dilarutkan ke dalam air.
  • Setelah itu, masukkan seluruh bubuk tersebut ke dalam bak berisikan air hangat, kemudian aduklah hingga rata.
  • Letakkan sang balita ke dalam bak tersebut untuk berendam, setidaknya selama 15-20 menit.
  • Selama berendam, usapkan larutan oatmeal ke kulit yang terdapat cacar air dengan lembut dan halus.

3. Obat Alami Cacar Air dengan Madu

Obat alami cacar air selanjutnya adalah madu murni yang memang sudah digunakan sebagai obat tradisional sejak zaman dahulu kala.

Dalam rangka mengobati cacar air, kamu sebaiknya memilih madu alami, dan bukan madu yang sudah dijual dalam bentuk kemasan.

Sebab, madu alami jauh lebih berkhasiat dibandingkan kemasan yang sudah dicampur bahan-bahan lainnya yang kita tidak ketahui.

Tak hanya cacar air, madu bahkan juga terbukti cukup efektif untuk mengobati luka luar, termasuk luka akibat jatuh dan luka bakar. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kamu bisa mengkonsumsinya secara langsung.

Sedangkan untuk dijadikan sebagai obat alami cacar air, kamu bisa mengolesnya ke area kulit yang terdapat ruam atau bintik cacar.

Madu memiliki kandungan antioksidan dari senyawa chrysin, pinobanksin, vitamin C, katalase, dan pinocembrin, yang bermanfaat dalam meredakan rasa gatal sekaligus menenangkan kulit.

4. Obat Alami Cacar Air dengan Soda Kue

Sama halnya dengan oatmeal, soda kue juga bisa memberikan efek menenangkan di kulit sehingga bisa membantu dalam mengurangi rasa gatal akibat cacar air.

Obat alami cacar air ini terdiri dari sodium dan ion bikarbonat yang bisa larut dengan cepat di dalam air. Sedangkan untuk cara menggunakannya, kamu hanya perlu mencampurkan soda kue ini ke dalam air hangat dan oatmeal ketika hendak mandi.

Setelah itu, berendam lah selama kurang lebih 15 – 20 menit. Lakukan hal ini setidaknya 2 – 3 kali dalam sehari untuk memberikan hasil yang efektif.

5. Obat Alami Cacar Air dengan Teh Chamomile

Obat alami cacar air selanjutnya adalah teh chamomile yang dapat membantu dalam menenangkan area cacar yang terasa gatal.

Teh ini memiliki efek antiseptic dan antiradang, sehingga dinilai efektif digunakan sebagai obat tradisional. Untuk bisa mendapatkan khasiatnya, kamu cukup menyeduh sekitar dua sampai 3 kantong teh chamomile.

Setelah itu, celupkan kapas ke dalam larutan dan tempelkan ke permukaan kulit yang terdapat ruamnya.

Tepuk-tepuk dengan lembut hingga air teh terserap dengan sempurna ke dalam kulit. Selain itu, kamu juga bisa meminum teh chamomile untuk mengatasi gejala lho, seperti mulut dan tenggorokan yang terasa kering.

Terkadang, ruam cacar juga bisa muncul di dalam mulut atau di bagian tenggorokan yang membuat penderitanya kesulitan jika ingin menelan makanan.

6. Lotion Calamine

Sebenarnya, lotion Calamine ini tidak termasuk ke dalam obat alami untuk cacar air. Hanya saja, ini sudah dikenal sejak lama mampu menyembuhkan penyakit cacar air dengan cukup efektif.

Sebab, lotion ini mengandung seng oksida atau seng karbonat yang bisa membantu dalam mengurangi rasa gatal serta meredakan peradangan pada kulit.

Caranya sangat mudah lho. Kamu hanya perlu mengoleskan lotion calamine ke permukaan kulit yang terdapat ruam secara halus dan perlahan.

Selain itu, berhati-hatilah ketika mengaplikasikan obat ini, karena jangan sampai kamu menekan kulit terlalu keras dan memecahkan lenting cacar.

Tak hanya itu, jangan pula mengoleskan lotion ke area mata, karena bisa membakar kulit di sekitarnya.

(Baca Juga: Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak)

Meskipun sudah ada obat alami yang bisa membantu dalam mengatasi penyakit cacar air, akan tetapi obat-obat ini memang membutuhkan proses.

Jika tidak segera menunjukan hasil yang efektif atau gejala yang semakin parah, seperti demam dan ruam yang bertambah, janganlah ragu untuk segera berkonsultasi ke dokter.

Sebab, mungkin saja kamu memerlukan obat medis yang diresepkan oleh dokter. Nah, guna mencegah berbagai resiko permasalahan kesehatan lainnya, jangan lupa juga untuk lindungi diri dan keluarga dengan asuransi kesehatan dari CekAja.com.

Dengan seluruh proses pengajuan yang dapat dilakukan secara online, kamu jadi tak perlu repot lagi meluangkan waktu ke luar rumah.

Bahkan, melalui CekAja.com kamu juga bisa melakukan perbandingan untuk memilih jenis asuransi manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dalam membayar premi.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha