6 Penyakit dengan Biaya Pengobatan Termahal, Yuk Mulai Jaga Kesehatan!

5 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Mungkin kamu pernah mendengar pepatah yang mengatakan bahwa kesehatan itu sangatlah mahal. Nah, hal ini tidak sepenuhnya salah lho.

Sebab, nyatanya memang terdapat beberapa penyakit dengan biaya pengobatan termahal. Umumnya, setiap orang memiliki masalah kesehatan yang berbeda-beda.

Penyakit yang berbeda tentu juga membutuhkan biaya pengobatan yang berbeda pula.
Ada yang mungkin masih cukup terjangkau, namun ada pula yang justru membutuhan biaya yang sangat mahal, yang membuat di beberapa kasus, ada orang yang terpaksa harus menghentikan pengobatannya karena biaya yang tidak cukup.

(Baca Juga: 10 Jenis Tumor Jinak)

Oleh karena itu, memang sangat dianjurkan apabila kita mulai memperhatikan kesehatan sejak dini, seperti memperbaiki gaya hidup dan mengkonsumsi makanan-makanan yang kaya nutrisi.

Agar kita semua bisa lebih waspada, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa penyakit dengan biaya pengobatan termahal. Penasaran apa sajakah itu? Yuk kita simak bersama-sama!

Penyakit dengan Biaya Pengobatan Termahal

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa penyakit dengan biaya pengobatan termahal, yaitu adalah:

1. Transplantasi Sumsum Tulang

Penyakit dengan biaya pengobatan termahal yang pertama adalah transplantasi sumsum tulang, yang untuk pengobatannya itu sendiri, hingga saat ini masih tergolong sangat jarang dengan jumlah pasien yang juga bisa dihitung.

Sumsum tulang merupakan salah satu bagian terpenting di dalam tubuh yang berfungsi untuk membantu produksi sel darah sehat.

Nah, jika sumsum tulang ini rusak, maka tubuh tidak akan menghasilkan sel darah yang sehat dan memadai, sehingga bisa mempengaruhi bagian-bagian lainnya dalam tubuh.

Dilansir dari IDNtimes.com, sebuah penelitian berjudul “A Review of the Costs, Cost-Effectivenedd and Third-Party Charges of Bone Marrow Transplantation” yang diterbitkan di dalam Stem Cells Journals pada tahun 1996, mengungkapkan bahwa biaya tindakan untuk transplantasi sumsum tulang bisa mencapai lebih dari USD 300.000 atau setara dengan Rp4,4 miliar per sekali tindakan lho, pada saat itu.

Selain biayanya yang sangat fantastis, pengobatan ini ternyata juga tidak tersedia di semua negara, karena membutuhkan teknologi medis yang sangat mumpuni.

2. Penyakit Jantung

Penyakit dengan biaya pengobatan termahal selanjutnya adalah kardiovascular atau penyakit jantung dan pembuluh darah.

Bahkan di Indonesia, jenis penyakit satu ini masuk ke dalam urutan atas sebagai penyebab kematian di berbagai negara, tak terkecuali Indonesia.

Umumnya, biaya untuk penyakit jantung berbeda-beda, tergantung dari gejala yang dialami. Akan tetapi, jika sudah masuk ke tahap serius, sepert penyumbatan arteri, biaya yang diperlukan bisa mencapai Rp500 juta.

Sedangkan untuk kasus ringan, seperti pengobatan aritmik, yaitu orang yang menderita detak jantung terlalu cepat, biaya dibutuhkan hanya beserta Ro150-Rp350 ribu saja.

Lain halnya untuk tindakan operasi besar, paling besar biaya yang dibutuhkan sekitar Rp20 juta, bahkan lebih.

3. Penyakit Paru-paru

Selanjutnya, ada penyakit paru-paru yang juga masuk ke dalam jajaran penyakit dengan biaya pengobatan termahal.

Paru-paru merupakan organ tubuh yang berhubungan dengan pernapasan, yang mana fungsi utamanya adalah menukar oksigen dengan karbon dioksida dari darah.

Memiliki peran yang sangat penting, beberapa aktivitas yang salah justru bisa membuat paru-paru menjadi rusak, di antaranya seperti akibat polusi udara, rokok, virus, atau penyebab lainnya yang bisa berdampak besar pada paru-paru.

Biaya pengobatan untuk penyakit paru-paru itu sendiri berbeda-beda, tergantung dari kondisi setiap pasien.

Jika pasien membutuhkan transpalntasi paru-paru, maka diperkirakan biaya yang akan dibutuhkan bisa mencapai USD 135.000 atau setara dengan 2 miliar.

Selain itu, untuk melakukan tindakan ini, pasien juga diharuskan memiliki calon pendonor. Akan tetapi, tida semua paru-paru dapat cocok dengan tubuh pasien.

Nah, hal inilah yang membuat keberadaan paru-paru menjadi sangat langka sehingga biayanya juga sangat mahal.

4. Penyakit Hati

Penyakit dengan biaya pengobatan termahal selanjutnya adalah penyakit yang berhubungan dengan hati.

Peran hati untuk menghancurkan racun dalam darah, membantu proses pencernaan, menyimpan kadar gula, sistem antibodi, hingga pembentukan protein dalam tubuh, membuat kehadiran dari organ satu ini sangatlah krusial.

Karenanya, apabila terjadi sesuatu pada organ hati, maka akan ada banyak sekali racun yang tidak terbuang dari tubuh, sehingga bisa sangat membahayakan penderitanya.

Dilansir dari IDN Times, sebuah studi di dalam Journal of Hepatology yang berjudul “Liver Cancer: Approaching a Personalized Care” pada tahun 2015, mengungkapkan bahwa penyakit hati, terutama kanker hati, merupakan salah satu penyakit yang sangat kompleks serta membutuhkan perawatan dan pengobatan yang kompleks pula.

Walaupun saat ini teknologi medis sudah berkembang semakin pesat, pada kenyataannya penyakit hati masih menjadi salah satu penyakit dengan biaya pengobatan termahal.

Biaya yang dibutuhkan oleh pasien biasanya berbeda-beda, tergantung dari tindakan medis yang dibutuhkan.

Biaya perawatan untuk tumor hati ganas bisa mencapai USD 6000 atau Rp88 juta per pasien dan per tujuh hari perawatan.

Hal tersebut belum termasuk biaya transplantasi hati yang mungkin saja dibutuhkan. Dan apabila pasien dinyatakan butuh melakukan transplantasi hati, maka total biaya yang harus dikeluarkan bisa mencapai USD 600.000 atau setara dengan Rp8,8 miliar.

5. Kanker Usus

Kanker usus merupakan salah satu penyakit dengan tingkat jumlah kematian yang cuku tinggi. Bukan hanya itu, biaya pengobatannya pun tergolong berada di angkat yang fantastis.

Akan tetapi, biaya pengobatan memang tidak bisa dipatok rata, sebab semua juga bergantung pada kondisi sang pasien dan tindakan medis apa yang harus dilakukan.

Hanya saja umumnya, biaya untuk transplantasi usus bisa mencapai kurang lebih mencapai USD 300.000 atau setara dengan Rp4,4 miliar.

Namun, di beberapa kasus juga terdapat biaya transplantasi yang bisa 2-4 kali lebih mahal, tergantung prosedur yang dibutuhkan.

Biasanya, kanker usus ini diderita oleh kelompok usia di atas 50 tahun. Hanya saja, mungkin dikarenakan perubahan gaya hidup, sudah mulai banyak juga yang diderita oleh kelompok usia yang lebih muda, yaitu 40-an.

Hanya saja, dibalik biayanya yang sangat mahal, kenyataannya pasien yang didiagnosa kanker usus ini sekitar 64 persen mampu bertahan hidup hingga 5 tahun lamanya.

6. Kanker Otak

Penyakit dengan biaya pengobatal termahal yang akan kita bahas adalah kanker otak, yang biaya perawatan dan pengobatannya bisa mencapai USD 700.000 atau mencapai Rp10 miliar.

Walaupun saat ini sudah banyak asuransi kesehatan yang memiliki program tanggungan untuk ini, namun tetap saja sisa biaya yang tidak ditanggung oleh asuransi tergolong masih mahal.

Sama seperti jenis kanker lainnya, kanker otak pun juga memiliki tingkat kematian yang cukup tinggi.

Bahkan, diperkirakan terdapat lebih dari 18 ribu orang yang meninggal setiap tahunnya akibat keganasan dari kanker otak ini.

Hanya saja, kanker otak juga merupakan salah satu penyakit yang cukup langka. Diperkirakan, manusia memiliki risiko yang sangat kecil sekali untuk terkena kanker otak.

Meski begitu, menjaga kesehatan sejak dini memang merupakan satu hal yang wajib dilakukan. Karena, dari itulah kita bisa meminimalisir terjadinya risiko penyakit mematikan ini dari tubuh.

(Baca Juga: 10 Cara Menjaga Jantung Tetap Sehat)

Nah, selain menjaga kesehatan, satu hal lagi yang tak boleh ketinggalan adalah, memiliki asuransi kesehatan.

Sebab, walaupun mungkin biaya pengobatan beberapa penyakit dinilai sangatlah mahal, hadirnya asuransi kesehatan setidaknya bisa memberikanmu keringan perihal biaya.

Belum punya asuransi kesehatan? Jangan khawatir! Segera ajukan saja di CekAja.com. Karena melalui CekAja.com, selain kamu bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis asuransi yang paling sesuai, seluruh proses pengajuan juga dilakukan sepenuhnya secara online.

Sehingga, Kamu tidak perlu repot lagi meluangkan waktu untuk ke luar rumah. Mudah banget kan! Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan asuransi kesehatan di CekAja.com dan nikmati segudang manfaatnya.

[wg-hltid]

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha