Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

6 Penyakit yang Disebabkan dari AC, Apa Saja?

by Ayunindya Annistri on 16 January, 2020

Pendingin ruangan alias air conditioner (AC) seolah menjadi perabotan yang wajib dimiliki tiap rumah atau gedung perkantoran saat ini. Mengingat fungsinya sendiri yang dapat menghembuskan udara dingin untuk membuat ruangan terasa lebih sejuk. Namun, tahukah kamu bahwa terlalu lama berada di ruangan dingin atau langsung terpapar angin AC justru mendatangkan masalah serius bagi kesehatan?

penyakit dari ac

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam laman Huffpost, peluang seseorang terkena penyakit karena virus atau atau bakteri kemungkinan lebih besar di gedung perkantoran yang menggunakan AC ketimbang mereka yang bekerja di gedung dengan sistem ventilasi alami.

Alasannya, AC bekerja dengan cara menyaring udara panas kemudian diubah menjadi dingin untuk membuat ruangan terasa sejuk. Namun dalam proses pengubahannya, terkadang alat pendingin ruangan tersebut tidak memiliki filter berkualitas untuk menyaring virus dan bakteri di udara.

Selain itu, terlalu lama berada dalam ruangan ber-AC yakni lebih dari empat jam sehari dapat memicu berbagai penyakit seperti sinusitis, radang selaput mata (konjungtivitis), kelopak mata bengkak atau nama medisnya blepharitis, dan masih banyak lagi yang nantinya akan kita bahas dibawah ini.

(Baca Juga: Daftar Promo dari Asuransi Kesehatan Terbaik 2020)
6 Penyakit yang Disebabkan Dari AC

Masih ada banyak lagi penyakit yang disebabkan dari AC dan tidak hanya yang disebutkan pada poin sebelumnya. Penyakit-penyakit ini juga tergolong lumayan berat hingga memiliki efek yang luar biasa menyakitkan bagi tubuh. Dan berikut 6 penyakit yang disebabkan dari AC:

1. Sakit Kepala
Sakit Kepala - 6 Penyakit yang Disebabkan dari AC Apa Saja
source: klikdokter.com

Mungkin sebagian dari kita beranggapan bahwa penyakit yang disebabkan dari AC ini adalah lumrah. Padahal sebenarnya, dalam beberapa kasus tertentu, sakit kepala karena terlalu lama berada dalam ruangan ber-AC justru memicu gejala lainnya seperti sesak nafas.

Selain itu, berada dalam ruangan ber-AC untuk waktu yang lama juga akan membuat tubuh menjadi cepat lelah. Namun bukan berarti semua orang yang menggunakan air conditioner akan terserang penyakit berbahaya, kecuali mereka berusia di atas 50 tahun atau memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah.

2. Bell’s Palsy
Bells Palsy - 6 Penyakit yang Disebabkan dari AC Apa Saja
source: wexnermedical.osu.edu

Bell’s Palsy atau kelumpuhan pada wajah satu sisi juga termasuk dalam penyakit yang disebabkan dari AC. Penyakit ini bisa terjadi bila kamu terus-menerus terpapar udara dingin yang sudah terkontaminasi oleh virus dan bakteri dari pendingin ruangan.

Seseorang yang terkena bell’s palsy biasanya memiliki wajah yang terlihat miring di satu sisi karena sarafnya mengalami pembengkakan. Gejalanya sendiri juga sangat beragam, mulai dari mata terasa perih saat membasuh wajah, sulit berkumur, bicara pelat atau pelo, dan mulutnya miring.

3. Frozen Shoulder
Frozen Shoulder - 6 Penyakit yang Disebabkan dari AC Apa Saja
source: harusjeli.com

Merupakan penyakit yang menyerang bagian bahu karena terlalu lama berada di ruangan dingin. Penyakit yang disebabkan dari AC ini umumnya akan terasa sangat sakit hingga membuat ruang gerakmu terbatas sejak bagun tidur di pagi hari.

Gejala yang dirasakan dari frozen shoulder atau bahu beku sebetulnya hampir serupa dengan saat kamu mengalami lengan terkilir. Oleh karenanya, penting bagi penderita frozen shoulder untuk mengkonsumsi obat anti nyeri serta suntikan di bahu dan terapi pemanasan untuk melemaskan syaraf-syaraf agar penyakit yang disebabkan dari AC ini tidak menahun hingga harus dilakukan operasi.

4. Legionnaires
Legionnaires - 6 Penyakit yang Disebabkan dari AC Apa Saja
source: flanderstoday.eu

Penyakit legionnaires merupakan jenis penyakit yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit ini sebetulnya sangat jarang terjadi alias langka. Namun untuk mengantisipasinya, cobalah rutin membersihkan filter AC agar udara yang dihembuskan bebas dari virus dan bakteri.

Legionnaires sering pula disebut Pontiac Fever karena termasuk dalam penyakit pneumonia berat, dimana penderita ini mengalami infeksi saluran pernapasan akut hingga memicu serangkaian penyakit pernapasan lainnya.

Apabila penyakit ini tidak mendapatkan penanganan medis segera, maka akan berakibat fatal dan bahkan berujung kematian. Pada beberapa kasus tertentu, penderita legionnaires justru masih mengeluhkan rasa sakit meski sudah mendapatkan penanganan dengan antibiotik sebelumnya. Oleh sebab itu, sebaiknya tetaplah menjaga suhu udara yang sehat di sekitarmu dengan cara rutin membersihkan filter air conditioner yang digunakan.

(Baca Juga: Berbagai Istilah yang Digunakan Dalam Asuransi Kesehatan, Yuk Pahami!)
5. Carpal Tunnel Syndrom
Carpal Tunnel Syndrom - 6 Penyakit yang Disebabkan dari AC Apa Saja
source: sportsmedicineoregon.com

Ini adalah penyakit yang akan membuat kamu merasakan kesemutan disertai nyeri pada bagian tangan, khususnya di bagian ibu jari, telunjuk, dan jari manis. Gejala carpal tunnel syndrome biasanya akan semakin parah bila kamu langsung terkena hembusan udara dingin dari air conditioner saat malam hari.

Penyakit yang disebabkan dari AC ini timbul karena terlalu lama berada dalam ruangan bersuhu dingin. Untuk meminimalisirnya, penderita penyakit carpal tunnel syndrome harus mengurangi pemakaian AC dalam waktu lama.

6. Tortikolis
Tortikolis - 6 Penyakit yang Disebabkan dari AC Apa Saja
source: premierfamilywellness.com

Tortikolis atau leher tengeng merupakan kondisi dimana leher menjadi kaku dan tidak bisa menoleh. Penyakit ini dipicu karena hawa dingin dari air conditioner yang membuat syaraf terus-menerus membengkak.

Jika tidak segera ditangani, penyakit yang disebabkan dari AC ini bakal membuat penderitanya kesulitan menjalani aktivitas sehari-hari karena rasa sakit yang tidak tertahankan.

Gunakan obat anti radang atau suntikan khusus untuk leher yang mengalami gangguan saraf. Ingat, jangan terlalu sering berada di ruangan bersuhu dingin bila tidak ingin penyakit tortikolis yang diderita kambuh kembali.

Sudah tahukan, apa saja penyakit yang disebabkan dari AC? Nah, mulai dari sekarang cobalah untuk mengurangi pemakaiannya dan bila memungkinkan bersihkan secara rutin filter AC agar udara yang dihembuskan dari pendingin ruangan tersebut tetap segar tanpa terkontaminasi virus dan bakteri.

Agar perlindungannya kian menyeluruh, kamu juga bisa menggunakan produk asuransi kesehatan yang disediakan oleh CekAja.com. Yuk, apply sekarang dan dapatkan perlindungan terbaik hingga masa mendatang untukmu dan keluarga tercinta.

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau