Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

6 Pertanda Kalau Tubuh Kamu Benar-benar Kurang Cairan

by Rafly Aditia on 6 November, 2016

Dehidrasi adalah suatu kondisi dimana tubuhmu mengalami kekurangan cairan. Padahal cairan yang sebagian besar terdiri dari air merupakan salah satu komponen penting untuk menjaga organ tubuh manusia menjalankan fungsinya.

Bisa-bisa kalau kekurangan cairan, tubuhmu terserang penyakit serius bahkan dapat mematikan. Untuk itu, ketahui 6 tanda yang mengindikasikan tubuhmu benar-benar kekurangan cairan. Berikut ulasannya:

Tekanan darah meningkat

Kalau kamu cek kesehatan dan mendapatkan tekanan darahmu meningkat daripada sebelumnya, maka kamu harus memperhatikan bagaimana asupan cairan ke dalam tubuhmu. Tubuh manusia memiliki kadar air lebih dari 90% ketika terhidrasi dengan baik, ketika kamu mengalami kekurangan cairan maka jantung bakal bekerja lebih keras sehingga meningkatkan tekanan darah.

Oleh karena itu, cobalah untuk minum air putih setidaknya 8 gelas per hari.

(Baca juga: Hati-hati di Usia 40 Tahun, Kamu Bakal Pensiun Miskin Kalau Belum Sadar 5 Hal Ini)

Kolesterol tinggi

Biasanya permasalahan ini kerap diderita orang dewasa. Kalau kamu memiliki kadar kolesterol tinggi, kamu perlu mengecek bagaimana kebiasaanmu minum air putih setiap harinya. Mungkin selama ini kamu jarang minum air putih dan lebih memilih minuman lain. Pasalnya, ketika manusia mengalami dehidrasi maka secara otomatis tubuh bakal memproduksi kolesterol lebih banyak untuk menutup kekurangan cairan.

Kulit terlihat menua

Ketika kulitmu mengalami keriput dan terlihat lebih tua dibanding seharusnya, hal tersebut berarti pertanda buruk. Kekurangan cairan atau dehidrasi dalam kondisi sangat akut bisa menyebabkan penuaan pada kulit sehingga menyebabkan kulitmu terlihat keriput dan tidak lagi segar.

Kelelahan atau dehidrasi

Salah satu pertanda paling mudah dirasakan ketika kamu kekurangan cairan adalah saat mengalami kelelahan. Apabila kamu merasa tubuhmu mudah lelah dan selalu bangun dengan kondisi badan yang selalu letih, kemungkinan besar tubuhmu sedang dehidrasi. Segera banyak minum air putih demi menjaga kesehatanmu sebelum penyakit berbahaya menyerang.

Tubuh lebih berlemak

Kamu merasa gendutan dan berlemak dalam beberapa waktu belakangan? Bahkan kamu selalu merasa lapar? Hal tersebut merupakan indikasi dehidrasi alias kondisi di mana tubuhmu kekurangan cairan.

(Baca juga: Hemat Bujet Makan Saat Travelling dengan Cara Ini)

Ginjal mulai bermasalah

Tentu kamu sudah tahu bahwa kurang minum air putih dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan ginjal. Ginjal memiliki fungsi untuk mengekstrak cairan dari darah yang bersirkulasi dan mengeluarkan zat-zat dan mineral yang tidak diperlukan tubuh saat buang air kecil.

Oleh karena itu, ketika kamu kurang minum air putih maka ginjal bakal bekerja lebih keras sehingga bisa saja menyebabkan menurunnya kinerja dan performa ginjalmu. Bahkan kalau sudah parah sangat mungkin menyebabkan penyakit mengerikan seperti gagal ginjal.

Butuh asuransi kesehatan yang bisa diterima ratusan rumah sakit berkualitas? Daftar sekarang juga di CekAja!

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.