Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

6 Pilihan Mobil Terbaru yang Nyaman untuk Mudik Lebaran

by Tisyrin on 1 June, 2017

mobil untuk mudik_kredit kendaraan - CekAja.com

Perjalanan mudik akan terasa lebih nyaman jika menggunakan kendaraan pribadi, apalagi bagi mereka yang sudah berkeluarga.

Apabila jarak antara kota perantauan dan kampung halaman masih memungkinkan untuk ditempuh dengan kendaraan pribadi, kenapa tidak mencobanya?

Mudik dengan kendaraan pribadi lebih fleksibel dari segi waktu keberangkatan dan hemat dari segi biaya apabila membandingkannya dengan membeli tiket pesawat untuk seluruh anggota keluarga. Jika membawa mobil pribadi, kamu hanya perlu mengeluarkan modal bensin dan biaya tol saja.

Kalau belum memiliki mobil pribadi, masih ada kesempatan untuk membelinya sebelum lebaran. Ada banyak pertimbangan dalam membeli kendaraan yang nyaman untuk perjalanan jauh seperti mudik, salah satunya adalah kondisi kabin. Berikut ini rekomendasi beberapa mobil yang cocok untuk mudik.

Toyota Grand New Avanza

Avanza generasi baru ini sangat tepat sebagai pilihan kendaraan untuk mudik bersama keluarga. Keluarga akan merasa nyaman karena ruang kabinnya lebih luas, lengkap dengan jok yang sangat empuk.

Untuk membantu selama perjalanan mudik yang panjang, Toyota Grand New Avanza memiliki ECO lamp indicator, fuel indicator, hingga indicator lampu utama dan lampu sein. Dengan begitu, akan lebih mudah dalam mengoptimalkan efisiensi bahan bakar.

Kemacetan seringkali menghadang di tengah perjalanan. Agar tak mudah bosan, terdapat layar sentuh ukuran 6.1 inci yang siap menghadirkan hiburan. Kemudian kehadiran fitur side-impact beam, key immobilizer, dan SRS Airbag siap mengoptimalkan keselamatan mobil ini. Soal mesin, sudah ada mesin 1,329cc dengan teknologi Dual VVT-I yang terbukti irit bahan bakar.

Saat mudik, seringkali barang bawaan keluarga sangat banyak. Tenang, kursi di barisan ketiga fleksibel, sehingga akan lebih leluasa untuk mengaturnya, apakah untuk barang atau penumpang.

Suzuki New Ertiga

Suzuki New Ertiga terlihat lebih stylish dibandingkan dengan pendahulunya. Tak hanya itu, terdapat jok split 50 : 50 pada bagian kabin belakang, dengan begitu pengguna dapat melipatnya untuk tambahan bagasi. Jadi, tak perlu khawatir ketika membawa banyak barang.

Mobil keren ini terbilang tahan banting di berbagai medan dan efisien dari segi bahan bakar, dengan mesin K14B DOHC 4 silinder 1.400 cc. Dan untuk meminimalisir risiko kecelakaan, terdapat Double Airbags.

Generasi baru dari Suzuki Ertiga ini juga memiliki ruang bagasi yang lebih luas. Terdapat penambahan Accessories Socket pada bagian belakang Console Box baris ke-2 yang bisa digunakan penumpang untuk mengisi baterai perangkat gadget.

Honda Mobilio

Honda Mobilio juga memiliki kabin yang luas dan fitur keamanan lengkap, sehingga nyaman untuk mudik. Dengan bodi berukuran 4,386m x 1,683m x 1,603m, mobil ini tampil sporty dan terlihat elegan. Di bagian interior, ada tiga baris kursi yang siap menampung hingga 8 orang.

Untuk mesin, Honda Mobilio memiliki mesin bertipe 1.5 L SOHC 4 silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW. Honda Mobilio diklaim sebagai mobil paling hemat bahan bakar di kelasnya dengan konsumsi BBM hanya 26,7 km/liter. Sementara untuk fitur keselamatan, ada Dual SRS Airbag dan sistem pengereman ABS + EBD.

Daihatsu Great New Xenia

MPV yang satu ini akan menciptakan suasana rileks di tengah perjalanan mudik, dengan jok empuk berbalut kulit berkualitas tinggi. Terdapat pula fitur pengatur kursi yang bisa disesuaikan dengan keinginan penumpang.

Great New Xenia terdiri dari enam tipe dengan dimensi berbeda. Masing-masing tipe memiliki dimensi yang pas dan akan menciptakan kenyamanan ketika bepergian jauh maupun dekat dengan keluarga.

Daihatsu melengkapi kendaraan ini dengan sistem suspensi depan Mac Pherson Struts dengan tambahan per keong untuk tipe X dan R. Sedangkan untuk suspensi belakang, masing-masing tipe dilengkapi dengan suspensi per keong dengan tambahan 5-axle system.

Great New Xenia memiliki tangki BBM yang ukurannya cukup besar, mampu menampung maksimal 45 liter.

Mitsubishi Pajero Sport

Pilihan lain untuk mudik selain Multi-Purpose Vehicle (MPV) adalah Sport Utility Vehicle (SUV) yang dikenal handal seperti Mitsubishi Pajero Sport.

Mitsubishi Pajero Sport memiliki dimensi panjang hingga 4,695 mm, tinggi 1,840 mm, dan lebar 1,815mm. Dimensi tersebut memang tergolong besar untuk sebuah ukuran kendaraan di Indonesia. Namun, akan menciptakan rasa nyaman dan percaya diri ketika melakukan perjalanan jauh.

Dengan ground clearance hingga 218 mm, mobil ini akan melewati segala medan dalam perjalanan mudik. Saat melewati jalan berlubang, kenyamanan tetap terjaga karena penggunaan suspensi Double Independent Wishbone dengan Coil Spring yang telah dilengkapi dengan stabilizer. Pada bagian belakang, ada sistem suspensi tiga unit pegas terintegrasi dengan stabilizer bar dan penggunaan velg 17 inci dibalut ban berukuran 265/65.

Sementara untuk menghilangkan bosan, bersiaplah dengan Premium Entertainment System yang dilengkapi Navigasi.

All New Kijang Innova

All New Kijang Innova memiliki spesifikasi dimensi ideal sebagai mobil keluarga, yaitu panjang 4,585 mm, lebar 1,775 mm, dan tinggi 1,750 mm. Lalu, ada sistem suspensi kelas atas. Pada bagian depan memakai Double Wishbone dengan pegas koil dan stabilizer, sedangkan di bagian belakang ada suspensi 4 Link dengan pegas koil dan Lateral Rod.

Bagian dashboard Kijang Innova terbilang minimalis dengan panel instrumen yang mudah dijangkau. Untuk hiburan, pusatnya pada layar sentuh ukuran 8 inci yang terdapat pada bagian tengah dashboard. Ada pula lampu ambient light menggunakan LED pada bagian atap kabin.

Kalau berniat membeli mobil secara kredit sebelum lebaran, jangan lewatkan paket berkah lebaran BFI Finance. Promo bulan Ramadhan yang berlaku mulai 2 Mei – 30 Juni 2017 ini menyajikan beberapa keuntungan untuk konsumen yaitu biaya angsuran 2 bulan pertama lebih ringan dan biaya provisi lebih rendah.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami