Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

6 Situasi yang Mendorong Anda Wajib Punya Kartu Kredit

by JTO on 10 September, 2014

Walau kartu kredit telah menjadi kebutuhan dari gaya hidup sebagian besar orang, namun mungkin sebagian dari Anda belum memutuskan untuk memilikinya. Berikut ada situasi yang bisa mendorong Anda untuk wajib memiliki kartu kredit.

Kartu kredit ini sudah tidak lagi berperan sebagai alat pembayaran non-tunai saja. Makna kartu kredit sekarang sudah bergeser menjadi pernyataan gaya hidup. Sulit memang untuk berkeras tidak memiliki kartu kredit jika saudara-saudara dan teman-teman Anda hampir semuanya memiliki kartu kredit. Apalagi jika Anda sering mendapat cerita saat salah satu teman Anda mendapat diskon sekian persen karena menggunakan kartu kredit tertentu. Rasa iri kadang datang juga, kan?

Kadang Anda bertanya-tanya juga, kapan saat yang tepat bagi Anda untuk memiliki kartu kredit. Ada beberapa indikasi yang bisa menjadi tanda bahwa Anda membutuhkan kartu kredit:

Kesibukan yang Luar Biasa

Jika Anda sedang mengejar promosi di kantor atau memang karena sudah menjadi resiko pekerjaan Anda untuk memiliki mobilitas tinggi, mungkin Anda membutuhkan bantuan kartu kredit. Jika kesibukan Anda yang padat sering membuat Anda lupa melakukan pembayaran berbagai macam tagihan seperti listrik, air, atau sambungan telepon, kartu kredit bisa menolong Anda. Kartu kredit memiliki sistem pembayaran tagihan otomatis yang sangat berguna bagi Anda. Fitur ini membuat Anda hanya butuh untuk mengingat satu tanggal, yaitu tanggal tagihan kartu kredit Anda.

(Baca juga: Mau Tahu Cara Hitung Bunga Kartu Kredit Anda?)

Penghasilan yang Cukup

Apa gunanya memiliki kartu kredit jika pada akhirnya Anda tidak bisa membayar tagihan? Memiliki kartu kredit memang membutuhkan tanggung jawab. Selain itu, kartu kredit juga masih membutuhkan berbagai macam biaya administrasi meski dalam sebulan tidak dipakai. Jika Anda merasa keberatan pendapatan Anda dipotong oleh tagihan kartu kredit ini tiap bulannya, maka sebaiknya Anda tidak perlu memiliki kartu kredit.

Sering Melakukan Transaksi via Internet

Salah satu keuntungan menggunakan kartu kredit adalah kemudahan penggunaannya secara online. Jika Anda butuh berbelanja melalui internet, Anda bisa menggunakan kartu kredit. Pendaftaran untuk Paypal dan Google Wallet pun juga membutuhkan verifikasi dari nomor kartu kredit Anda. Seandainya Anda sering melakukan transaksi semacam ini, memang ada baiknya melakukan investasi dengan memiliki kartu kredit.

Keuangan Dikelola dengan Baik

Kartu kredit tidak akan banyak membantu Anda jika kondisi keuangan Anda amburadul. Ada hutang di sini, ada hutang di sana, tidak cukup untuk bayar tagihan bulanan, atau tidak cukup untuk makan sebulan adalah beberapa tanda tidak terkelolanya keuangan Anda secara baik. Jika Anda memaksakan diri untuk memiliki kartu kredit, bisa jadi hutang Anda malah bertumpuk dan mengalami kredit macet.

Sering Pergi ke Luar Negeri

Jika pekerjaan Anda menuntut untuk sering pergi ke luar negeri, misalnya, maka kartu kredit bisa jadi dewi penolong untuk Anda. Salah satu keuntungan utama kartu kredit adalah kartu kredit merupakan alat pembayaran yang diterima di seluruh dunia. Berbagai toko yang memiliki logo Visa atau Mastercard biasanya akan menerima kartu kredit Anda sebagai alat pembayaran. Dengan demikian, kartu kredit bisa jadi salah satu cara Anda untuk bertahan hidup di luar negeri. Bahkan, beberapa kartu kredit juga memiliki penawaran khusus frequent flyer atau miles, dimana manfaatnya bisa menempatkan Anda pada harga khusus sebuah tiket pesawat terbang atau bahkan bonus untuk terbang gratis.

Cari Manfaat Diskon

Siapa yang tidak suka berbelanja? Mulai dari berbelanja kebutuhan primer hingga lainnya, setiap waktu mengharuskan Anda untuk berbelanja. Saat ini, banyak kartu kredit yang menawarkan diskon dan promo khusus untuk kegiatan belanja yang Anda lakukan. (Baca juga: 5 Pertimbangan Sebelum Ajukan Kartu Kredit Tambahan)

Poin dan potongan harga sering dibarengi dengan kegiatan promo dan diskon tersebut. Anda pun dapat menerima manfaat tersendiri ketika memilki kartu kredit. Namun, jadilah pengguna kartu kredit yang baik atau bertanggung jawab. Alih-alih belanja kebutuhan pokok dengan mudah, malah menumpuk hutang hingga segudang.

Bandingkan ratusan kartu kredit yang menawarkan diskon dan promo khusus, di sini.

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami