Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

6 Situs Khusus Freelancer yang Wajib Diketahui Jika Ingin Kerja dari Rumah

by Ariesta on 10 Juli, 2017

situs untuk freelancer _ kartu kredit - CekAja.com

Bagi banyak orang, di tengah kebutuhan yang semakin mendesak, mahalnya harga-harga, dan inflasi, gaji bulanan tidak lagi bisa diandalkan.

Mau berharap pada kenaikan gaji pun sia-sia. Karena inflasi pasti terjadi dengan rata-rata 6%-7% per tahun. Sedangkan kenaikan gaji rata-rata per tahun 7%-10%, itu pun belum tentu naik.

Berbisnis atau usaha-usaha kecilan sudah awam dilakukan. Tapi tidak semua orang punya modal usaha dan bakat berbisnis. Mungkin kamu berbakat menulis, foto, membuat desain, atau mengedit video, meskipun pekerjaan sehari-hari tidak berhubungan dengan hal-hal tersebut.

Nah jika demikian, kamu bisa menjajal menjadi freelancer. Freelancer adalah seseorang yang bekerja sendiri dan tidak berkomitmen kepada bos atau perusahaan dalam jangka panjang. Umumnya freelancer ini bekerja dari luar alias tidak terikat waktu dan tempat.

Saat ini kebutuhan mencari freelancer maupun mencari pekerjaan freelance semakin meningkat. Dengan menjadi anggota di situs-situs berikut, kesempaan kamu mendapatkan pekerjaan untuk penghasilan tambahan jadi lebih besar.

Berikut 6 situs freelancer untuk bekerja dari rumah:

Sribulancer

Sribulancer bekerja untuk freelancer dengan cara mempertemukan freelancer dengan para klien yang membutuhkan kemampuan & skill tertentu. Dengan platform online Sribulancer, seluruh proses dari job posting, merekrut, work progress hingga selesai, telah tertata rapi melalui sistem online Sribulancer.

Situs ini mengklaim telah digunakan oleh 6.000 lebih klien dan menyediakan 138 jenis pekerjaan yang digolongkan dalam 8 kategori khusus. Selain itu sistem Safepay dirancang melindungi freelancer.

Sribulancer tidak mengenakan biaya pendaftaran, rekrutmen, administrasi, maupun biaya lain dalam bentuk apapun. Freelancer hanya akan dikenakan 10% biaya komisi dari total nilai gaji setelah menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Freelancer.co.id

Situs freelancer bisa dibilang situs besar dengan 24,6 juta pengguna terdaftar dan 12 juta proyek yang berhasil dirampungkan. Maklum saja, asal situs ini memang dari Australia dengan pengguna yang berasal dari seluruh dunia.

Harga yang dipatok pun berupa konversi dollar di mana ini cukup menguntungkan bagi freelancer. Untuk kamu yang menyukai tantangan besar dan bisa bekerja profesional mengerjakan proyek-proyek dari luar negeri sekalipun, situs ini sangat tepat kamu gunakan.

Projects.co.id

Projects.co.id menamakan dirinya sebagai “Project and Digital Product Marketplace” atau tempat transaksi (menawarkan project dan mencari project) secara online antara owner (pemberi kerja/ pengguna jasa) dan freelancer khususnya freelancer Indonesia. Tidak hanya itu, situs ini juga menyediakan tempat terjadinya transaksi penjualan product digital antara seller dan buyer.

Pemberi kerja dan pencari kerja diberi kesempatan untuk saling memberi skor ketika proyek telah selesai. Skor dari beberapa proyek akan menjadi rating yang menggambarkan reputasi orang tersebut di Projects.co.id. Rating yang tinggi akan mempermudah freelancer untuk mendapatkan proyek dan mempermudah pemberi kerja untuk mencari freelancer berkualitas.

Gobann

Goban adalah bahasa hokkian untuk menyebut uang Rp50.000. Di situs Gobann, kamu bisa menjual kemampuan pada orang-orang yang membutuhkan dengan tarif mulai dari  Rp50.000. Cocok untuk freelancer pemula yang baru mencoba-coba bekerja lepas.

Yang menarik adalah pengkategorian kerja di Gobann. Ada kategori seru dan unik, relasi, sampai supranatural. Tawaran yang diposting pun unik-unik seperti jasa add akun LINE, jasa unduh film Korea, stalking mantan, membangunkan sahur, sampai ramalan Fengshui. Pas banget nih untuk generasi milenial.

Serba50ribu

“Tawarkan apa yang akan Anda lakukan untuk 50 ribu” adalah tagline dari situs Serba50ribu. Kamu bisa menawarkan saran, rekomendasi, menemani jalan-jalan, mempromosikan akun, berbagi resep, sampai menjual barang-barang. Selama ada yang meminta dan tidak menyalahi aturan, kenapa tidak?

Upwork

Kalau merasa cukup berpengalaman dan punya kemampuan yang lebih spesifik, coba pasang portofoliomu di Upwork. Upwork memiliki kategori yang lebih detail dalam mengklasifikasi pekerjaan dan keahlian.

Misalnya untuk profesi writer saja dibedakan menjadi academic writer, creative writer, ghostwriter, screenwriter, saleswriter, dan lain-lain. Standar tarifnya pun lebih mahal karena merupakan situs internasional.

Tentang Penulis