Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

6 Strategi Bisa Nyaman Bekerja Freelance

by Rafly Aditia on 12 November, 2015

Meninggalkan rutinitas jam kerja dari pukul 9 pagi ke pukul 5 sore lalu beralih ke dunia freelancer memang merupakan salah satu keputusan yang besar. Untuk menjadi seorang pekerja lepas, kamu juga harus membutuhkan kemampuan serta mentalitas yang kuat. Sebab, banyak saingan lainnya yang juga memiliki keahlian.

Tidak hanya itu, menjadi seorang freelancer berarti kamu sudah harus bersiap menghadapi hal-hal yang tidak pasti. Jadi, bagi kamu yang ingin beralih profesi menjadi seorang freelancer dan meninggalkan status pekerja kantoran, ada baiknya kamu mengikuti beberapa tips sebagai berikut;

Persiapkan Gadgetmu

Ya, di zaman yang penuh dengan kecanggihan teknologi ini sangat membutuhkan gadget yang dapat menunjang pekerjaan sebagai freelancer. Sebab, untuk berhubungan dengan klien, smartphone harus selalu ‘on’ setiap waktu karena klien dapat datang kapan saja . Anggaplah gadget sebagai perangkat utama dalam melakukan pekerjaan freelance yang telah kamu idamkan sebelumnya.

(Baca Juga: 5 Bidang Pekerjaan yang Mesti Dipilih Kalau Mau Karier Menjanjikan di Masa Depan)

Bersiaplah Kesepian

Bekerja dengan status freelancer memang memiliki bermacam keuntungan, salah satunya dapat menyelesaikan pekerjaan dimana pun termasuk di rumah. Namun, hal ini bisa menjadi hal yang mengganggu karena kamu akan merasa sedikit kesepian dengan bekerja di rumah untuk beberapa waktu yang lama. Untuk itu, jadwalkan selama beberapa hari sekali untuk bekerja di luar rumah sekaligus membangun jaringan pertemanan dan karir yang lebih luas.

(Baca juga: 9 Pekerjaan yang berikan Banyak Uang)

Selalu Cek Keuangan

Menjadi seorang freelancer akan membuat dirimu mendapatkan pendapatan yang tidak tetap. Bisa saja kamu mendapatkan pendapatan yang lebih besar daripada saat kamu bekerja kantoran, namun bisa saja lebih kecil di beberapa bulan kemudian. Maka dari itu, sebaiknya kamu sudah memperkirakan dan melakukan perencanaan keuangan mengenai rata-rata pendapatan yang kamu miliki selama sebulan sebagai seorang freelancer.

Siapkan Pensiun

Tidak hanya pekerja kantoran yang akan memasuki masa pensiun. Sebagai seorang freelancer pun kamu bisa pensiun dan menikmati masa-masa tuamu dengan kebahagiaan. Tetapi untuk mendapatkan masa pensiun yang gemilang tidaklah mudah bagi seorang freelancer. Mulai sekarang persiapkanlah dana pensiun, sisihkan sebagian pendapatan yang kamu dapatkan setiap bulan atau proyek yang kamu kerjakan.

(Baca juga: 5 Strategi Bisa Keliling Dunia di Saat Pensiun)

Banyak Waktu Luang? Kamu Harus Olahraga!

Dengan status bekerja sebagai freelancer, pasti kamu akan memiliki waktu luang yang lebih dibandingkan kamu bekerja sebagai pekerja kantoran. So …, sudah saatnya bagi kamu untuk menjaga kesehatan demi masa depan nantinya.

Berolahragalah selama dua atau tiga hari sekali untuk menjaga kondisi kesehatan, dengan fisik yang sehat tentu akan membuat performa kerjamu akan semakin meningkat.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.