Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

6 Tempat Internetan Gratis di Jakarta

by Surtan Siahaan on 5 Maret, 2016

Kamu mungkin bisa uring-uringan jika akses internet mati mendadak. Semua rencana kerja dan aktivitas pun mungkin terancam berantakan. Kira-kira seperti itulah pentingnya internet di zaman digital seperti ini.

Internet memang semakin masuk dalam kehidupan masyarakat. Booming penggunaan smartphone dan kemunculan bermacam-macam gadget membuat penetrasi internet semakin tinggi di Indonesia.

Bahkan kualitas manusia bisa ditingkatkan dengan internet. Tidak heran, sejumlah kota di negara maju seperti London, Tokyo, Kyoto dan hampir di seluruh Korea Selatan menggratiskan akses internet. Lantas bagaimana dengan Jakarta?

Ibu kota rupanya juga mulai meniru upaya kota-kota besar di dunia. Meski jumlah titik internet gratisnya tidak sebanyak di luar negeri, namun letaknya cukup tersebar dan mudah diakses. Mau internetan gratis di Jakarta? ini 6 tempat yang bisa kamu datangi:

Gedung Kominfo

Tidak cuma gratis, di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informasi ini internetnya juga tergolong cepat. Bagi kamu yang tidak tahu tempatnya, gedung ini berada di Jalan Medan Merdeka Barat.

Letaknya persis di sebelah kantor pusat Indosat.  Buat kamu yang mau internetan di sini, catat ya, passwordnya tamu. Sayangnya, kamu bakal kesulitan download di sini karena setiap 10 menit sekali kamu harus re login.

(Baca juga: Orang Ini Memiliki Mobil Mewah Paling Banyak di Dunia)

Perpustakaan Nasional

Jika sedang melintas di kawasan Matraman-Salemba dan butuh sambungan internet, datang saja ke Gedung Perpustakaan Nasional di Jalan Salemba nomor 27. Di tempat ini, kamu bisa mengakses internet gratis dengan nyaman dan tenang. Kalau laptop kamu ketinggalan, jangan khawatir. Di tempat ini ada empat komputer yang bisa kamu gunakan mengakses internet secara gratis.

Taman Suropati

Sejumlah taman di ibu kota sekarang sudah dilengkapi dengan WiFi lho. Jadi, buat kamu yang pengin santai-santai menikmati udara terbuka sambil mengakses internet, lokasi yang satu ini cocok kamu datangi.

Stasiun Gambir

Internet gratis di tempat umum seperti stasiun dan bandara memang penting. Sebab, tidak jarang jaringan internet yang kita punya mendadak hilang atau lemot. Kalau kamu berada di Stasiun Gambir, masalah seperti itu tidak akan terjadi.

Soalnya, PT Kereta Api Indonesia menyediakan WiFi gratis untuk pengunjung stasiun. Sayangnya, layanan seperti ini belum dapat ditemukan di stasiun-stasiun lainnya di Jakarta.

Kota tua

Keberadaan internet gratis di tempat wisata memang menjadi salah satu program Kementerian Pariwisata. Di Jakarta, salah satunya berada di kawasan Kota Tua. Kalau kamu sedang jalan-jalan santai di sekitar Kota Tua, tepatnya di sekeliling Taman Fatahillah, coba cek jaringan WiFi di smart phone kamu.  Pasti muncul sejumlah pilihan WiFi gratis baik yang disediakan.

(Baca juga: Kekayaan Artis Terkaya Jika Dibandingkan Dengan Atlet Terkaya

Grand Indonesia

Di Mall yang terletak di Jakarta Pusat ini pengunjung bisa mengakses WiFi gratis selama dua jam. Namun, akses ini hanya terdapat di dalam gedung saja. Kualitas WiFinya juga cukup baik karena cepat dan bisa diakses di semua wilayah mall.

Tentang Penulis