Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

6 Tips Bergaul Agar Punya Banyak Teman di Tempat Kerja

by Miftahul Khoer on 8 November, 2018

Di dunia kerja, generasi milenial sering dicap sebagai kutu loncat atau sering pindah-pindah kerja. Bisa jadi, karena kesempatan karir saat ini begitu mudah didapat. Maka wajar jika tidak sampai setahun, orang sering pindah dari satu tempat kerja ke tempat kerja lain.

6 Tips Bergaul Agar Punya Banyak Teman di Tempat Kerja

Di sisi lain, banyak faktor mengapa seseorang sering pindah kerja, di antaranya karena lingkungan yang kurang nyaman hingga tidak punya teman di tempat kerja.

Nah, berikut dibahas bagaimana tips mencari teman sekantor sehingga mampu membuat lingkungan kerja lebih nyaman dan bersahabat satu sama lainnya. Yuk cek.

Percaya diri

Jika Anda baru saja bekerja sebagai karyawan baru di sebuah perusahaan, pasti Anda akan merasa canggung terhadap karyawan lain. Anda akan menganggap karyawan lain adalah senior yang harus dihormati. Kadang ada rasa canggung yang terus menghantui dalam beberapa hari selama di tempat pekerjaan.

Nah, sebaiknya Anda hilangkan semua rasa canggung atau segan terhadap karyawan-karyawan yang terlebih dahulu bekerja di perusahaan Anda saat ini. Tunjukan rasa percaya diri Anda sebagai karyawan seperti yang lain pada umumnya.

Justru, jika Anda memperlihatkan rasa malu, maka orang lain pun akan merasa canggung untuk menyapa Anda. Jadi, jangan pernah merasa tidak enak hati saat menjadi karyawan baru di perusahaan. Kalau bisa, buktikan bahwa Anda sebagai karyawan baru bisa langsung aktif bersosialisasi.

(Baca juga: Cara agar Tahun Depan Kamu Lebih Bahagia di Tempat Kerja)
Tunjukan kesamaan hobi

Sebagai karyawan baru, Anda tentu boleh sok akrab kepada teman sekantor. Misalnya, jika Anda melihat di meja teman sebelah Anda terdapat buku sastra, CD musik, komik atau miniatur bola maka Anda bisa memulai pembicaraan tentang kesamaan hobi tersebut.

Kepribadian seseorang seperti hobi dan kesenangan terhadap sesuatu biasanya ampuh menjadi gerbang masuk pertemanan Anda dengan orang-orang di kantor. Jika cara ini berhasil, maka Anda tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan teman di tempat pekerjaan.

(Baca juga: Lima Tanda Kalau Kamu Stres Berat di Tempat Kerja)
Jangan gengsi untuk meminta tolong

Anda pasti pernah mengalami hal kikuk atau canggung saat pertama kali bekerja. Anda sering bertanya dalam hati, “Apa yang harus saya lakukan. Pekerjaaan apa yang harus pertama kali saya sentuh?”

Nah, dari pada pusing memikirkan hal tersebut, lebih baik Anda tanya langsung ke atasan atau teman sebelah Anda. Tugas-tugas apa yang bisa dikerjakan. Jangan sampai Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan.

Dengan Anda bertanya langsung kepada orang di sekililing, mereka juga pasti akan membantu dan mengarahkan. Yang namanya teman sekantor, biasanya akan saling membantu agar pekerjaan yang dikerjakan bisa sama-sama kelar.

Banner Kartu Kredit Oktober 2018

Membawa sarapan

Cara lain untuk mengakrabkan diri dengan teman kantor adalah membawakan sarapan. Tidak perlu mahal-mahal, Anda bisa bawa sarapan sederhana seperti gorengan, roti atau kue untuk bisa dinikmati bersama.

Namun, bukan berarti Anda harus membawa sarapan untuk semua teman kantor. Paling tidak, Anda bisa membawakan sarapan untuk teman-teman satu desk atau satu tim dengan Anda.

Jika cara ini Anda lakukan, maka sebagai karyawan baru Anda pasti bakal dicap sebagai orang baik. Karena, biasanya orang akan menilai pada pandangan pertama. Jika pertama kali Anda sudah dicap jutek, maka ke depannya Anda akan kesulitan mendapat teman di kantor.

(Baca juga: 5 Trik Agar Kamu Terlihat Lebih Profesional di Tempat Kerja Baru)
Makan siang bareng

Saat waktunya makan siang, usahakan Anda untuk bergabung dengan teman lain makan bersama di pantry. Jangan pernah untuk makan di meja kantor sendiri jika Anda tidak ingin dicap sebagai karyawan sombong.

Berbaurlah dan berceritalah dengan teman-teman saat makan siang. Ada banyak cerita yang bisa saling mengakrabkan diri di sana. Kalau perlu, Anda berbagi menu dengan teman kantor.

Antar dan jemput teman

Memiliki teman menyenangkan di kantor bisa bikin betah dan lama-lama kerja. Untuk menjaga pertemanan dengan teman kantor, Anda bisa antar atau jemput teman yang membutuhkan tebengan.

Hal sepele ini akan berdampak positif jika suatu saat Anda berada di posisi yang sama. Jika kendaraan Anda mogok misalnya, Anda bisa minta tolong kepada teman untuk antar atau jemput Anda ke pekerjaan maupun ke rumah.

Selain bisa menekan biaya transportasi, antar dan jemput teman sekantor juga bisa menjadikan beban kerja Anda lebih ringan. Sebab, selama di perjalanan Anda bisa berbagi pengalaman dengan teman kantor Anda.

Nah, itulah beberapa cara agar Anda bisa mendapatkan teman kantor yang baik. Jika Anda mampu berteman dengan banyak orang di kantor, maka Anda akan banyak memiliki teman baik.

Niscaya, jika banyak teman baik, maka Anda selaku generasi milenial tidak akan lagi dicap sebagai tipe pekerja yang sering pindah-pindah kerja. Justru Anda akan menjadi karyawan terbaik di perusahaan dengan dukungan teman-teman baik di lingkungan perusahaan. Yuk dicoba tips di atas.

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami