Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

6 Tips dan Persiapan Sebelum Belanja Baju Lebaran

by lhmdi on 19 Juni, 2016

bisnis busana muslim_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Belanja baju lebaran merupakan tradisi atau rutinitas yang hanya terjadi satu kali dalam setahun. Momen ini biasanya terjadi menjelang Idul Fitri.

Hanya saja, berbagai gaya fashion terbaru membuat kita kalap belanja. Padahal baju lebaran bukan hanya untuk diri sendiri saja, masih ada baju lebaran anak, baju lebaran untuk remaja, hingga ragam busana gamis untuk orangtua kita.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menyiapkan strategi khusus pembelian baju lebaran di tahun 2017 ini. Agar lebih hemat dan belanja baju lebaran sesuai dengan kebutuhannya, yuk, ikuti beberapa tips berikut ini:

  1. Menyiapkan anggaran

Mulai dari sisa tabungan, dana darurat, hingga Tunjangan Hari Raya  atau yang dikenal juga dengan THR bisa dijadikan sumber dana untuk belanja baju lebaran. Hanya saja, jangan mengeluarkan uang semuanya dari pos tersebut. Pertimbangkan dari pos mana uang akan dibelanjakan.

Selain itu perhitungkan juga berbagai macam promo menarik yang biasanya akan menggoda kamu untuk berbelanja baju.

  1. Sisihkan baju yang tidak terpakai

Salah satu cara yang bisa kamu pilih berikutnya adalah menyisihkan baju yang tidak terpakai di sebuah tempat khusus. Baju bekas atau tidak terpakai lagi, bisa saja kamu jual kembali untuk mendapatkan uang tambahan membeli baju baru untuk lebaran.

Atau jika tidak dijual, kamu bisa menyumbangkannya ke beberapa tempat seperti panti asuhan hingga panti jompo. Baju yang tidak terpakai ini bahkan bisa juga ditukar baju teman yang kamu inginkan.

Bahkan kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk yang satu inikan?

  1. Rombak lagi pakaian lama

Cara berikutnya adalah dengan merombak pakaian lama kamu di tukang jahit. lakukan cara ini satu atau dua bulan sebelum lebaran datang. Karena biasanya penjahit pun akan memiliki banyak pekerjaan menjelang lebaran  yaitu menerima pesanan jahitan atau sekadar memperbaiki pakaian untuk lebaran.

Sebagai contoh, jika kamu memiliki pakaian favorit dan masih bagus, namun terdapat beberapa kerusakan di beberapa bagian, alangkah lebih bijak untuk datang ke tukang jahit dan memperbaikinya.

  1. Tidak mudah tergiur di awal Ramadan

Demi memuaskan hasrat dan takut kehabisan, tidak jarang masyarakat membeli baju lebaran di awal Ramadhan. Hal ini ternyata tidak tepat, karena beberapa toko baik offline atau pun online biasanya akan menawarkan banyak promo di minggu kedua dan ketiga untuk beberapa jenis pakaian, termasuk baju lebaran.

Nah! Jika ini sudah sering kamu temukan, yang perlu dilakukan adalah kebijaksanaan diri sendiri, apakah akan membelanjakan uang di awal Ramadan atau nanti saat menunggu promo baju lebaran mudah di pertengahan minggu.

  1. Berlangganan surat elektronik

Tidak salah rasanya jika kamu berlangganan dan memantau surat elektronik dari berbagai macam toko pakaian baik offline atau pun online. Bahkan beberapa toko memberikan banyak penawaran menarik jika kamu pertama kali mendaftarkan diri melalui surat elektronik atau email jika ingin mendapatkan potongan harga, khusus baju lebaran.

Jadi jika ingin belanja baju lebaran, jangan lupa siapkan email kamu untuk bergabung dengan informasi-informasi yang akan diberikan toko pakaian tentang info terbaru dan juga harga-harga diskon dari baju lebaran ya!

  1. Perhatikan diskon musiman

Diskon musiman atau Great Sale memang biasanya lebih ramai di penghujung tahun. namun, terdapat beberapa toko, bahkan memberikan diskon khusus bahkan besar-besaran kepada masyarakat yang ingin membeli baju lebaran.

Biasanya waktu yang akan diberikan adalah di minggu kedua dan ketiga, hingga H-1 menjelang lebaran. Diskon-diskon atau ptongan harga ini tentunya akan memberi keuntungan yang sangat berarti bagi kamu yang ingin membeli baju lebaran dengan harga yang lebih murah.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami