Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

6 Tips dari Bos KAI Biar Gak Kehabisan Tiket Kereta Lebaran

by Gentur Putro Jati on 13 Februari, 2020

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menjual tiket kereta api reguler untuk mudik dan arus balik Lebaran 1441 H mulai Kamis (14/2) pukul 00.00 WIB. Buat kamu yang berencana mudik tahun ini, perhatikan 6 tips dari Direktur Utama KAI Edi Sukmoro berikut ini, agar gak kehabisan.

Di laman resmi perusahaan, www.kai.id, Edi menjelaskan seperti tahun-tahun sebelumnya, masyarakat sudah bisa memesan tiket mudik mulai H-90 sebelum keberangkatan.

“Tiket KA Reguler masa Angkutan Lebaran 1441 H akan dijual 14 Februari 2020 pukul 00.00 WIB untuk keberangkatan H-10 Lebaran atau 14 Mei 2020 dan seterusnya,” ujar Edi.

Agar kamu tidak kehabisan, ada 6 hal yang menurut Edi harus diperhatikan para calon penumpang, yaitu:

1. Gunakan channel penjualan resmi

Para pemburu tiket diminta untuk memanfaatkan beberapa channel penjualan tiket resmi KAI, yaitu:

  • Laman penjualan tiket milik KAI: tiket.kereta-api.co.id
  • E-Kiosk
  • Loket Pemesanan di Stasiun
  • Mitra Pemesanan Tiket
  • KAI Access
  • Rail Agent, serta
  • Loket Go Show di Stasiun

“Pastikan pemesanan tiket Lebaran melalui channel resmi KAI atau mitra resmi yang telah bekerjasama dengan KAI. Tujuannya untuk menghindari penipuan, gangguan sistem, atau adanya biaya jasa yang tidak wajar,” ujar Edi.

Berikut adalah infografis lengkap channel penjualan tiket KAI:

2. Tetapkan tanggal keberangkatan

Calon penumpang diminta untuk sudah menetapkan tanggal keberangkatan sebelum mengakses channel-channel penjualan tiket KAI tersebut. Terlebih pada sistem pemesanan secara online, stok tiket yang tersedia setiap harinya diperebutkan oleh banyak calon penumpang lain.

Jadi kalau saat mengakses channel pemesanan online, kamu masih bingung mau berangkat mudik tanggal berapa. Maka siap-siap saja kehabisan tiket kereta.

3. Siapkan data diri sesuai kartu identitas calon penumpang

Edi mengingatkan, agar para calon penumpang untuk lebih teliti dalam meng-input tanggal, rute, atau data diri saat melakukan pemesanan.

Channel penjualan tiket online KAI, juga mensyaratkan kamu untuk mengisi sejumlah informasi calon penumpang. Mulai dari nama lengkap, tanggal lahir, alamat domisili, sampai nomor kartu identitas.

Ada baiknya semua data diri tersebut sudah kamu ketik di laptop atau ponsel, sehingga kamu tinggal meng-copy paste kan saja ke formulir pemesanan tiket online. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot mengetik ulang satu per satu dan bisa menghemat waktu.

4. Pastikan koneksi internet stabil

Sebelum memesan tiket secara online, kamu juga perlu memastikan koneksi internet stabil. Jangan sampai tiket yang sudah didepan mata melayang hanya karena koneksi internet kamu terganggu.

Edi menyebut biasanya terjadi lonjakan jumlah pengunjung ke channel-channel online penjualan tiket Lebaran setelah pemesanan dibuka. KAI sendiri menurutnya telah mengantisipasinya dengan menambah kapasitas server dan bandwidth sebanyak dua kali lipat dari hari biasa.

Router Internet First Media - CekAja

“Hal ini bertujuan agar proses pemesanan tiket di seluruh channel dapat berjalan dengan lancar. Jadi calon penumpang perlu memastikan koneksi internetnya stabil,” jelasnya.

5. Cek tiket secara berkala

Kamu juga bisa mengecek ketersediaan tiket secara berkala, apabila pada tanggal keberangkatan yang diinginkan tiket tersebut sudah terjual habis. Sehingga kamu bisa menggeser tanggal keberangkatan ke tanggal lain yang masih tersedia tiketnya.

6. Rencanakan perjalanan

Setelah berhasil mendapatkan tiket melalui channel penjualan resmi KAI, pastikan kamu sudah mempersiapkan dan merencanakan perjalanan mudik dengan baik. Termasuk dalam mengestimasikan lama waktu perjalanan dari rumah ke stasiun.

“Jangan sampai keliru dan akhirnya tidak bisa berangkat mudik Lebaran,” pungkas Edi.

Selain 6 tips di atas, masih ada satu lagi tips yang bisa mempermudah kamu dalam membeli tiket kereta untuk mudik Lebaran tahun ini. Apalagi kalau bukan memanfaatkan kartu kredit BRI Wonderful Indonesia untuk membayar tiketnya.

Dengan menggunakan kartu kredit dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk itu, kamu bisa menikmati promo menarik berupa:

  • Double Point untuk transaksi Hotel, Travel, Airlines
  • Cicilan 6 & 12 bulan dengan biaya tambahan hanya Rp25.000
  • Autoconvertion Point BRI ke Point Traveloka, serta
  • Promo di merchant travel dan hotel

Pilih, ajukan, dan miliki kartu kredit BRI Wonderful Indonesia melalui CekAja.com, sekarang juga!

Tentang Penulis

Gentur Putro Jati

Ego in debitum, ergo sum