Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

6 Tips Memasarkan Produk di Era Digital, Kuy Cobain!

by Ayunindya Annistri on 13 February, 2020

Membicarakan tips memasarkan produk di era digital tentu saja harus dibarengi dengan strategi pemasaran yang bakal dilakukan. Sebab, dua hal ini memiliki peranan penting dalam bisnis terutama untuk membuat produk yang ingin dijual menjadi lebih populer di kalangan masyarakat.

Tips Memasarkan Produk di Era Digital

Masalahnya, tidak semua pengusaha paham dan menerapkan tips memasarkan produk di era digital ini. Padahal dengan menerapkan tips dan strategi pemasaran yang tepat, bukan tak mungkin bila bisnis yang tengah dijalankan bakal berkembang pesat dalam waktu cepat.

Nah, apakah kamu termasuk seorang pebisnis yang sedang bersaing di era kejayaan teknologi ini? Tenang saja, CekAja bakal memberikan tips memasarkan produk di era digital beserta strateginya agar bisnis yang kamu jalankan dapat bersaing dengan bisnis lainnya yang serupa.

Tips Memasarkan Produk di Era Digital

Menerapkan tips memasarkan produk di era digital sebenarnya susah-susah gampang. Oleh karenanya, dibutuhkan kesabaran ekstra dan ketekunan agar dapat mencapai goal dalam bisnis yang dijalani. Dan berikut tips memasarkan produk di era digital yang bisa kamu tirukan.

1. Menentukan target pasar yang ingin dituju

Menentukan target pasar yang ingin dituju - 6 Tips Memasarkan Produk di Era Digital

Ini termasuk bagian paling mendasar dalam tips memasarkan produk di era digital. Bagaimana tidak? tanpa menerapkannya, kamu bakal kebingungan dalam menentukan siapa sebenarnya target pasar yang ingin dituju untuk menjual produk milikmu.

Untuk itu, kamu dapat menggunakan metode segmenting, targeting, dan positioning atau lebih dikenal STP. Metode ini enggak hanya bisa digunakan untuk menentukan target pasar saja, melainkan juga untuk membentuk brand image di masyarakat yang pastinya bisa menjadi pembeda dengan produk kompetitor.

(Baca Juga: Serba-Serbi Cara Menjadi Digital Marketer yang Sukses)
2. Membuat content marketing yang menarik

Membuat content marketing yang menarik - 6 Tips Memasarkan Produk di Era Digital

Perkembangan teknologi yang kian pesat, tentu saja harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk memasarkan produk yang dimiliki. Terlebih bila kamu menggunakan media sosial atau bahkan website. Pasalnya, kamu harus memiliki kemampuan menulis yang mumpuni untuk dapat menghasilkan sebuah content marketing menarik.

Konten ini nantinya bakal jadi penentu seperti apa penilaian masyarakat atas produk yang ingin kamu jual. Apalagi sekarang, banyak pebisnis yang menggunakan metode soft selling melalui konten yang dibuat dalam website atau media sosial.

Sebagai contoh, website CekAja yang menggunakan metode SEO friendly dalam membuat konten penjualan. Ini dimaksudkan untuk menarik minat konsumen, terlebih dengan memaparkan terlebih dulu keunggulan dan manfaat dari produk yang dimiliki.

Tips memasarkan produk di era digital ini patut kamu coba untuk membuat bisnis yang sedang digeluti berkembang pesat dan banyak dikenal oleh masyarakat.

3. Memaksimalkan penggunaan media sosial

Memaksimalkan penggunaan media sosial - 6 Tips Memasarkan Produk di Era Digital

Saat ini, media sosial menjadi salah satu tips  yang dianggap efektif. Sebagai orang yang berkecimpung di dunia bisnis, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membuat produk mu dikenal luas oleh masyarakat.

Salah satu media sosial yang bisa kamu gunakan adalah Instagram. Media sosial ini dianggap memiliki peranan besar bagi pebisnis dengan modal yang masih minim. Apalagi sekarang, Instagram tak hanya digunakan oleh generasi milenial saja, melainkan pula semua kalangan usia.

Agar produk yang kamu pasarkan memiliki nilai jual tinggi, buatlah feed Instagram mu terlihat menarik dengan caption yang tak biasa. Jangan lupa pula gunakan Instagram Ads yang saat ini banyak digunakan untuk promosi bisnis.

4. Manfaatkan jasa endorse artis atau selebgram

Manfaatkan jasa endorse artis atau selebgram - 6 Tips Memasarkan Produk di Era Digital

Tips berikutnya adalah dengan memanfaatkan jasa endorse dari para artis atau selebgram. Terlebih saat ini fenomena endorse produk bisnis juga sedang naik daun di kalangan pengguna Instagram.

Meskipun harga yang dipatok tiap artis ataupun selebgram cukup tinggi, tapi dampaknya akan langsung dirasakan. Apalagi bila kamu mampu membuat sederet nama artis dan selebgram ternama yang memiliki banyak followers meng-endorse produk milikmu.

5. Gunakan marketplace sebagai media promosi

Gunakan marketplace sebagai media promosi - 6 Tips Memasarkan Produk di Era Digital

Tidak hanya menggunakan jasa endorse ataupun media sosial saja, kamu juga bisa menggunakan jasa marketplace sebagai media promosi produk. Sebagai contoh, Shopee yang kini menjadi salah satu marketplace terbesar dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Dari marketplace ini, kamu enggak perlu banyak mengeluarkan modal. Sehingga peluang untuk mendapatkan keuntungan besar setiap tahunnya bisa saja muncul terlebih bila bisnismu mendapatkan respon positif dari para pembeli.

6. Selalu berikan tampilan visual yang menarik

Selalu berikan tampilan visual yang menarik - 6 Tips Memasarkan Produk di Era Digital

Tips memasarkan produk di era digital terakhir adalah dengan selalu menampilkan visual produk yang menarik. Ini juga termasuk inovasi berkelanjutan untuk membuat produk mu tampak berbeda dari para pesaing. Sebisa mungkin berikan tampilan visual yang benar-benar mencerminkan seperti apa bisnis yang kamu jalankan.

(Baca Juga: Biaya Pendidikan 4 Pekerjaan di Bidang Digital Paling Diminati di Indonesia)
Strategi Memasarkan Produk di Era Digital yang Efektif

Berbicara mengenai strategi pemasaran memang tampaknya sederhana. Karena kebanyakan dari para pebisnis bakal langsung menjawab strategi pemasaran yang efektif adalah dengan menggunakan media sosial.

Anggapan tersebut enggak salah, namun sebetulnya masih ada banyak lagi strategi yang bisa diterapkan terlebih pada era digital saat ini. Dan berikut CekAja rangkum strategi memasarkan produk yang paling efektif dari berbagai sumber. Yuk, simak!

  • Email Marketing

Saat ini telah banyak bisnis yang menggunakan strategi email marketing untuk memasarkan produk-produk unggulannya. Seperti namanya, strategi ini memanfaatkan email, dimana perusahaan bakal terus menerus mengirimkan pesan berupa penawaran produk kepada konsumen setianya atau calon konsumen melalui email resmi perusahaan.

  • Search Engine Marketing

Adalah bentuk pemasaran yang biasanya dilakukan perusahaan melalui internet. Tujuannya untuk meningkatkan visibilitas website perusahaan agar dapat muncul di halaman pertama pencarian Google, saat khalayak mengetik hal yang berhubungan dengan produk perusahaan.

  • Close Range Marketing

Close range marketing memanfaatkan Bluetooth dan Wi-Fi sebagai media promosi produk perusahaan. Promosi yang diberikan biasanya bakal secara otomatis masuk ke notifikasi smartphone konsumen saat ia mengklik tombol “Ya” atau “Setuju”.

Nah, itulah pembahasan mengenai tips memasarkan produk di era digital beserta tiga strategi jitunya. Perlu digaris bawahi, bila menekuni dunia bisnis berarti kamu harus siap dengan segala konsekuensinya.

Sebab terkadang ditengah perjalanan dalam membangun bisnis, kamu bakal menemui berbagai halangan dan rintangan yang tak jarang membuatmu merugi.

Mau dapatkan pinjaman modal usaha dengan cicilan ringan dan bunga rendah? Kunjungi saja laman CekAja.com!

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau