Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

6 Tips Membeli Tiket Konser K-Pop yang Aman, Biar Gak Tertipu Calo!

by Ayunindya Annistri on 12 Maret, 2020

Apakah kamu termasuk seorang KPopers? Jika iya, di tahun 2020 ini sejumlah musisi besar asal Korea Selatan bakal melangsungkan konser di Indonesia, mulai dari Super Junior, Black Pink, Heize, hingga Stray Kids. Nah, biar kamu enggak tertipu akan calo yang biasanya banyak berkeliaran menjelang perhelatan konser, berikut CekAja berikan tips membeli tiket konser K-Pop yang aman. Yuk, simak!

tips membeli tiket konser K-Pop yang aman

Berburu tiket konser K-Pop bisa jadi pengalaman yang menegangkan bagi sejumlah KPopers di tanah air. Bagaimana tidak? Jika membelinya dimenit-menit akhir atau seminggu sebelumnya, kemungkinan kamu enggak bakal kebagian tiket konser dari idola. Mengingat para fans K-Pop ini lebih fanatik ketimbang mereka yang mengidolakan musisi Indonesia maupun Hollywood.

Hindari Membeli Tiket Konser K-Pop di Calo

Saat kamu butuh tiket konser K-Pop dan mencoba langsung membelinya di tempat, para penjual tiket atau disebut calo adalah orang pertama yang bakal menghampirimu. Para calo ini umumnya menawarkan harga yang lebih mahal atau bahkan miring. 

Namun jangan langsung tergiur untuk membeli, karena tidak ada yang bisa menjamin kualitas tiket yang dijual oleh calo. Besar kemungkinan mereka menjual tiket palsu yang justru bakal membuat kamu merugi.

(Baca Juga: Tips Glass Skin Look ala Cewek Korea, Beauty Enthusiast Wajib Tirukan!)
6 Tips Membeli Tiket Konser K-Pop yang Aman

Bisa menonton secara langsung idola manggung tentu menjadi impian tersendiri bagi para KPopers. Namun tak jarang dari mereka harus menerima kesedihan, karena tiket konser yang ingin dibeli ludes terjual bahkan dalam hitungan menit saja. Sedangkan membeli tiket di calo sangat tidak dianjurkan karena ditakutkan merugi.

Nah, biar kamu enggak terjebak atau mengalami kondisi seperti itu, berikut CekAja berikan enam tips membeli tiket konser K-Pop yang aman tanpa menggunakan jasa calo.

1. Persiapkan tabungan untuk membeli tiket

Hal pertama dan termasuk dalam tips membeli tiket konser K-Pop yang aman adalah dengan mempersiapkan tabungan. Mengingat untuk satu tiket saja kadang pihak promotor mematok harga diatas Rp600 ribu.

Enggak mau kan saat ingin membeli tiket, ternyata kamu tidak memiliki uang sama sekali? Meskipun sebetulnya, kamu bisa menggunakan jasa kredit cepat. Namun tetap saja saat masa cicilan datang, kamu harus membayar sesuai dengan ketentuan pinjaman yang diberikan. Jadi, memang lebih baik kamu memiliki tabungan walau nantinya tetap menggunakan jasa pinjaman seperti Kredivo.

2. Catat waktu penjualan tiket dan pahami alur pembeliannya

Sebelum hunting tiket konser idola, setidaknya kamu harus tahu dulu jadwal konsernya beserta jadwal penjualan tiket yang biasanya diumumkan di website resmi milik promotor.

Jangan sampai, ketika ingin membeli, ternyata kamu salah melihat tanggal dan berujung pada kegagalan menonton konser. Catat pula alur pembelian tiket. Dan jika memungkinkan kamu bisa langsung menghubungi pihak promotor ataupun situs penjualan tiket resmi, bila masih belum paham cara pembeliannya.

3. Gunakan jasa titip tiket

Tips membeli tiket konser K-Pop yang aman berikutnya adalah dengan selalu menggunakan jasa titip terpercaya. Soalnya bila kamu menggunakan jastip abal-abal bukan tak mungkin kerugian yang justru datang menimpamu.

Untuk memilih jastip yang terpercaya, setidaknya kamu harus memperhatikan beberapa hal, seperti mencari testimoni dari orang-orang serta melihat media sosial yang digunakan, apakah unggahannya banyak memuat informasi mengenai idola hingga harga satuan tiket.

4. Periksa identitas si jasa titip

Masih seputar jasa titip, setelah kamu mengetahui testimoni serta media sosialnya, hal lain yang perlu kamu lakukan adalah mencari tahu identitas asli dari si penjual yang membuka jastip tersebut. Ini termasuk pula dalam tips membeli tiket konser K-Pop yang aman, mengingat sekarang marak terjadi penipuan berkedok jastip tiket konser.

Untuk mencari tahu identitas asli si penjual, kamu bisa menanyakan terlebih dulu namanya kemudian barulah telusuri riwayat hidup penjual tersebut di Google, Facebook, Twitter, ataupun media sosial yang lain. Tujuannya sendiri untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, bila ternyata si penjual tersebut pernah tersandung masalah hukum.

5. Beli di website terpercaya

Kalau enggak mau menggunakan jastip, kamu bisa mencoba membeli tiket konser K-Pop melalui website resmi yang kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Misalnya, dengan menggunakan layanan Stubhub dan Viagogo.

Kedua website tersebut menjual berbagai tiket konser yang tidak hanya diperuntukkan untuk para pecinta musik Korea saja loh.

Kalau kamu mencari tiket konser musisi Hollywood, seperti The Rolling Stone, Charlie Puth, Louis Tomlinson, dan sederet musisi besar lainnya bisa menggunakan layanan Stubhub dan Viagogo.

6. Beli di menit akhir dari mereka yang juga batal nonton konser

Tips membeli tiket konser K-Pop yang aman berikutnya adalah dengan cara membeli di last minute pada mereka yang juga batal nonton konser. Karena biasanya mereka bakal menjual dengan harga yang lebih murah.

Maka dari itu, pastikan kamu selalu memantau media sosial seperti Twitter, dimana media sosial ini banyak pula digunakan untuk menjual tiket konser K-Pop.

(Baca Juga: Cara Kredit Belanjaan dengan Kredivo, Mudah dan Banyak Untungnya!)
Beli Tiket Konser K-Pop Lewat Kredivo!

Jika dana atau tabungan yang kamu miliki belum mencukupi untuk membeli tiket konser K-Pop, jangan berkecil hati. Pasalnya, kamu bisa mendapatkan pinjaman instan sehingga bisa bayar nanti melalui Kredivo. Jadi, pinjaman dana dari Kredivo bisa kamu gunakan dengan cepat untuk membeli tiket konser K-pop idola kamu.

Fintech ini menawarkan ketentuan cicilan yang lebih fleksibel, dan bila kamu tertarik bisa memenuhi syarat dan dokumen yang ditetapkan oleh pihak Kredivo, antara lain adalah:

  • Berstatus Warga Negara Indonesia dengan bukti KTP dan swafoto
  • Usia minimal 18 tahun sampai dengan 60 tahun
  • Berpenghasilan minimal Rp3 juta per bulan dengan menyertakan bukti penghasilan berupa foto NPWP milik pribadi
  • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Medan, Palembang, Bali, Solo, Yogyakarta, Sukabumi, Cirebon, Malang, dan Makassar.
  • Domisili dibuktikan dengan akun e-commerce yang pernah digunakan untuk transaksi belanja

Setelah memenuhi syarat dan dokumen di atas, barulah kamu bisa melanjutkan cara mendaftar akun kredit di Kredivo. Yuk, langsung ajukan bersama Kredivo!

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau