Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

6 Tips Mengurangi Penggunaan Gadget Biar Hemat dan Pikiran Fresh

by Miftahul Khoer on 18 November, 2019

Di masa kini, gadget sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Hampir semua orang mulai dari anak-anak sampai dewasa menggunakan gadget baik itu untuk main game, belajar, berkomunikasi, sampai bekerja. Namun, gadget juga membawa dampak buruk tersendiri. Yuk simak tips mengurangi penggunaan gadget!

tips mengurangi penggunaan gadget

Memang, dengan manfaatnya yang beragam, gadget membantu kita dalam kehidupan sehari-hari. Komunikasi yang lebih efektif, penyebaran informasi yang lebih cepat, sumber ilmu pengetahuan yang bisa diakses gratis, bahkan sampai kemudahan dalam bekerja dan berbisnis.

Meski kita membutuhkan gadget untuk hal-hal bermanfaat, tetapi banyak juga di antara kita yang menghabiskan waktu sangat lama menatap layar smartphone hanya untuk melakukan hal-hal tidak berguna seperti scrolling timeline media sosial, stalking mantan, maupun menyimak drama online.

Coba renungkan dan hitung sendiri berapa jam dalam sehari yang kamu gunakan untuk menggunakan gadget? Dari sekian banyak waktu yang kamu habiskan, berapa banyak yang memang bermanfaat, dan berapa banyak yang hanya membuang waktu percuma tanpa sadar?

Kita tidak hanya kehilangan koneksi nyata dengan sesama manusia dan lingkungan sekitar. Banyak juga dampak buruk lain dari penggunaan gadget apalagi kalau sudah menciptakan kecanduan. Salah satu masalah yang muncul antara lain adalah pengeluaran untuk pulsa dan paket data yang lebih besar karena kita terus-menerus terkoneksi ke internet. Selain itu, dengan terlalu sering menggunakan gadget, kita juga jadi cepat lelah dan mudah stres.

Hal ini tentu tidak baik untuk kesehatan dan bisa berpengaruh dalam produktivitas kerja. Untuk itu, berikut ini adalah tips mengurangi penggunaan gadget agar lebih hemat dan pikiran fresh:

1. Matikan semua notifikasi

Sering kali, saat tengah fokus mengerjakan sesuatu, perhatian kita akan teralihkan dengan munculnya notifikasi dari aplikasi chat maupun media sosial. Biasanya kita tidak akan mampu menahan godaan untuk membuka notifikasi tersebut. Awalnya untuk melihat pemberitahuan apa yang muncul, kemudian tidak sadar malah keasyikan chat atau scrolling timeline. Ketika sadar, tahu-tahu sudah banyak waktu yang terbuang, dan pekerjaan belum selesai.

Untuk itu, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah menonaktifkan semua notifikasi baik itu bunyi maupun pop up layarnya. Dengan begitu, kamu tidak akan mudah teralihkan dan bisa fokus mengerjakan pekerjaanmu.

(Baca juga: 5 Cara Efektif Mengalihkan Anak dari Kecanduan Gadget)
2. Hapus aplikasi yang bikin candu

Banyak sekali aplikasi yang dibuat oleh para pengembang. Banyak di antaranya bisa kita gunakan secara gratis. Di antara banyak aplikasi ini, ada yang benar-benar penting seperti misalnya aplikasi chatting sehingga kita bisa berkomunikasi dengan orang-orang terdekat. Namun banyak juga aplikasi yang sebenarnya tidak benar-benar penting dan hanya membuang waktu.

Misalnya saja aplikasi-aplikasi media sosial. Berapa banyak aplikasi media sosial yang terinstal di hape kamu? Berapa banyak waktu yang kamu habiskan untuk menggunakannya? Kecuali kamu memang menggunakan media sosial untuk bisnis dan hal-hal bermanfaat lain, sebenarnya apa sih manfaat media sosial? Kamu tidak perlu menghabiskan waktu sebanyak itu untuk menggunakannya, bukan?

Aplikasi yang membuat kecanduan tentu berbeda pada tiap orang. Oleh karena itu, kamu bisa mengukur sendiri aplikasi tidak berguna apa yang paling banyak menyita waktumu sehingga kamu bisa menghapusnya.

3. Instal aplikasi pengukur penggunaan gadget

Meski banyak aplikasi tak bermanfaat, banyak juga aplikasi yang bermanfaat, bahkan untuk membantu kita mengurangi penggunaan gadget itu sendiri. Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu instal secara gratis. Misalnya Forest, yang menyerupai game tanam pohon. Makin jarang kamu menggunakan smartphone, makin lebat hutan yang kamu tanami pohon. Ada juga Smartphone Addiction Timer yang akan mengunci layar ponsel sehingga kamu tidak bisa menggunakannya selama jangka waktu tertentu. Ada juga Quality Time dan Break Free yang membantumu memonitor aktivitas penggunaan gadget sehingga kamu bisa melihat dan menganalisa mana yang perlu dikurangi.

4. Ubah tampilan layar menjadi hitam putih

Menurut penelitian, warna hitam putih lebih tidak menarik bagi mata. Oleh karena itu aplikasi-aplikasi smartphone, tema, dan lain-lain dibuat berwarna-warni untuk menarik perhatian kita. Tidak hanya itu, beberapa pengembang aplikasi juga sengaja memilih warna tertentu supaya kita merasa betah berlama-lama menggunakan aplikasi buatan mereka.

Kita bisa mengakali hal ini dengan cara mengubah tampilan layar handphone kita menjadi hitam putih. Banyak cara yang bisa dilakukan seperti dengan menggunakan aplikasi, ganti tema, maupun melalui menu rahasia di fitur Setting.

5. Miliki hobi

Tips lain yang bisa kamu terapkan untuk mengurangi penggunaan gadget adalah dengan memiliki hobi. Kalau memiliki waktu luang, gunakanlah untuk menjalankan hobi kamu. Luangkan waktu lebih banyak untuk hobimu. Siapa tahu dari hobi itu nantinya muncul karya-karya hebat dan menjadi peluang usaha.

6. Beri perhatian pada orang di sekitar

Kita semua pasti sudah sering melihat meme yang berisi sindiran kondisi orang-orang masa kini yang lebih suka sibuk sendiri-sendiri dengan gadgetnya dan tidak mempedulikan orang-orang di sekelilingnya. Pemandangan serupa juga bisa dengan mudah kita temukan di manapun baik itu kampus, jalan, halte bus, bahkan warung kopi, tempat orang-orang seharusnya saling mengobrol dengan hangat, nyatanya malah hanya jadi tempat duduk-duduk bareng sambil memainkan handphone masing-masing.

Oleh karena itu, mulai sekarang coba mulai beri perhatian lebih pada orang di sekitarmu. Kalau bertemu dengan orang di dunia nyata, simpan ponsel. Fokuslah pada orang yang kamu temui dan ngobrollah dengan sungguh-sungguh. Kamu nanti akan merasakan sendiri betapa koneksi nyata itu sangat berharga.

(Baca juga: Cegah Mata Minus Pada Anak-anak: Batasi Penggunaan Gadget Salah Satunya!)

Demikian tips mengurangi penggunaan gadget agar lebih hemat dan pikiran fresh. Semoga tips-tips di atas bisa membantumu mengatasi kecanduan gadget dan membuat pikiranmu lebih jernih serta fokus kembali, ya!

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.