Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

6 Tips Mudik Aman Menggunakan Sepeda Motor

by Rafly Aditia on 29 Juni, 2016

mudik pakai motor _ asuransi perjalanan - CekAja.com

Mudik menggunakan sepeda motor jadi pilihan banyak orang di Indonesia. Selain murah-meriah, mudik menggunakan motor relatif menghindarkan dirimu dari kemacetan yang biasanya membuat pengguna kendaraan roda empat frustasi.

Namun, apabila kamu ingin mudik menggunakan motor sebaiknya perhatikan segala aspek keamanan dan kenyamanan berkendara. Berikut ini 6 tips mudik lebaran yang aman menggunakan sepeda motor:

1. Pakai helm

Peraturan pertama kalau kamu ingin selamat saat mudik menggunakan sepeda motor adalah menggunakan pelindung kepala alias helm. Perlu kamu sadari, fungsi utama helm bukanlah menghindarkan kamu ditindak oleh polisi lalu lintas. Tetapi, helm berfungsi sebagai pelindung kepala.

Jangan sampai kamu pergi mudik dengan motor tanpa menggunakan helm. Tidak main-main, berkendara tanpa menggunakan helm sama saja meningkatkan risiko kematian.

(Baca juga: 5 Tipe orang yang Bakal Kaya Mendadak Saat Lebaran)

2. Sedia ban cadangan

Setiap perjalanan jauh harus dipersiapkan dengan matang. Jika dalam perjalanan tiba-tiba ban motor pecah sementara tukang tambal ban lokasinya tidak kamu ketahui, bisa bikin kamu pusing sendiri. Maka dari itu, sebaiknya sediakan ban cadangan terlebih dahulu sebelum mudik.

Tidak perlu muluk-muluk, cukup membawa satu buah ban dalam kamu sama saja sudah menyediakan payung sebelum hujan.

3. Pakai baju anti angin dan sedia jas hujan

Berhubung perjalanan cukup jauh, badan kamu bakal diterpa angin. Kondisi seperti itu tentunya sangat tidak baik untuk kesehatan. Jadi, sebaiknya kamu menggunakan baju tebal yang dapat menghadang angin langsung menerpa tubuh. Bukan cuma itu, kamu juga perlu menyediakan jas hujan. Jangan sampai karena hujan jadwal mudikmu jadi kacau balau.

4. Persiapkan kotak P3K

Untuk berjaga-jaga, kamu perlu mempersiapkan kotak P3K. Kotak P3K sifatnya hanya untuk berjaga-jaga apabila hal-hal tidak diinginkan terjadi. Misalnya kamu mengalami kecelakaan ringan di jalan atau sekadar masuk angin dan mual-mual dalam perjalanan.

5. Asuransi kecelakaan diri itu harus

Selain itu semua, kamu perlu tahu betapa pentingnya asuransi kecelakaan diri. Terutama ketika kamu mudik menggunakan sepeda motor. Risiko mengalami kecelakaan tentu meningkat. Hal ini bahkan dibuktikan dengan jumlah kecelakaan pemotor yang selalu meningkat setiap tahun.

Kamu tidak mau kan kalau harus keluar uang banyak karena mengalami kecelakaan dalam perjalanan mudik? Maka dari itu, daftar segera dalam layanan asuransi kecelakaan diri.

(Baca juga: Resign Kerja Setelah Lebaran Dianggap Jadi Waktu yang Tepat, Ini Alasannya)

6. Jangan kelebihan muatan

Poin yang satu ini biasanya sering dilupakan oleh pemudik yang menggunakan sepeda motor. Padahal, kelebihan muatan sering menjadi penyebab kecelakaan sepeda motor karena mengganggu keseimbangan dan motor jadi semakin sulit dikendalikan.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.