Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

6 Tips Terbaik Yang Bisa Kamu Lakukan Saat Tertimpa Bencana di Luar Negeri

by Rafly Aditia on 21 November, 2015

Menghadapi situasi mencekam seperti bencana alam mulai dari banjir, gempa bumi, badai, dan yang lainnya pada saat di negeri orang memang dapat membuat hati kamu tidak tenang.

Bukan tidak mungkin ketika kamu pergi ke luar negeri misalnya Australia, lalu kamu dihadapkan dengan situasi bencana alam yang memporak-porandakan wilayah dimana kamu berada saat itu.

Belum lagi, apabila keluarga tidak mendapatkan kabar darimu setelah mereka mengetahui bahwa terjadi bencana di wilayah tempat kamu berada. Bisa-bisa mereka semua ikut panik dan pastinya tidak ada hal positif yang ada saat kepanikan muncul.

Untuk itu, apabila kamu pergi dan terjebak dalam sebuah bencana di luar negeri kamu dapat melakukan 6 langkah simpel sebagai berikut;

Tetap tenang dan segera pergi ke posko keselamatan terdekat

Saat kamu berada di negeri orang dan tiba-tiba bencana alam datang menghantam maka kamu harus berusaha untuk tidak panik dan tetap tenang lalu segeralah pergi ke posko keselamatan atau penanggulangan bencana yang terdekat dari tempat kamu berada.

Apabila kamu terluka

Jika kamu mengalami luka-luka apalagi yang cukup serius, sesegera mungkin temukan para personil medis atau setidaknya anggota penyelamat untuk meminta bantuan dalam mengobati lukamu.

(Baca juga: Kondisi Tidak Menyenangkan yang Butuh Perlindungan Ketika Liburan)

Gunakan fitur ‘Safety Check’ di Facebook

Hampir seluruh orang di dunia saat ini memiliki facebook, maka dari itu manfaatkanlah fitur ‘Safety Check’ yang ada di media sosial facebook untuk memberitahukan keberadaan dan kondisimu kepada keluarga, teman, serta orang yang kamu cintai.

Cukup dengan mengclick tombol “I’m Safe” kamu dapat menyebarkan dan memberitahukan kondisi saat itu baik-baik saja sehingga keluarga dan temanmu tidak lagi diguncang oleh kepanikan.

Widget TRV Insurance

Lakukan kontak dengan KBRI

Jangan pernah lepas kontak dari Kedutaan Besar Republik Indonesia atau KBRI ketika kamu terkena bencana alam di luar negeri. Lalu, jangan pernah lupa untuk mencatat alamat dan informasi kontak orang dekat yang bisa kamu hubungi.

(Baca juga: Liburan Kamu Bisa Lebih Irit Jika Memakai 4 Cara Ini)

Kontak maskapai penerbanganmu secepatnya

Kamu harus mengontak maskapai penerbanganmu untuk mengkonfirmasikan terkait jadwal penerbangan, kamu bisa meminta perubahan jadwal penerbangan apabila memang memungkinkan.

(Baca juga: Travelling, Gunakan 3 Kartu Kredit Rekomendasi CekAja Ini)

Jangan lupa untuk mengkontak penyedia asuransi perjalananmu

Dalam kejadian seperti ini, layanan jasa asuransi akan sangat berguna. Kamu bisa mengkontak penyedia jasa asuransi perjalananmu untuk meminta bantuan yang kamu butuhkan.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.