Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

6 Tips Wisata Liburan di Awal Tahun Agar Semakin Menyenangkan

by Nadhillah Kusindriani on 6 Januari, 2020

Tips wisata liburan di awal tahun masih banyak dibutuhkan oleh sebagian orang. Hal tersebut karena nuansa libur akhir tahun yang masih terasa sangat kental. Tidak hanya itu, libur awal tahun juga merupakan momen berharga khususnya bagi keluarga.

Seperti yang diketahui, jika libur telah tiba, biasanya beberapa orang ataupun keluarga akan memanfaatkan momen tersebut dengan mengunjungi tempat wisata, untuk mengisi waktu liburan dengan berjalan-jalan atau hanya sekadar staycation.

Hal tersebut dilakukan karena, liburan awal tahun biasanya mempunyai jangka waktu yang cukup lama. Sehingga, banyak dari keluarga melakukan perjalanan wisata ke beberapa destinasi impian.

Namun, kamu harus membuat rencana perjalanan terlebih dahulu dan mengetahui beberapa tips wisata liburan di awal tahun. Hal tersebut perlu kamu lakukan, agar kamu memiliki persiapan yang matang sebelum melakukan perjalanan wisata.

Tips Wisata Liburan di Awal Tahun

Jika kamu berencana untuk menghabiskan waktu liburan awal tahun dengan keluarga, ada baiknya kamu memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu ketika akan membuat rencana perjalanan wisata. Di bawah ini enam tips wisata liburan di awal tahun yang telah CekAja.com rangkum untuk kamu.

1. Menentukan Hari Cuti

Tips wisata liburan di awal tahun yang pertama adalah menentukan hari cuti. Poin pertama ini sangat penting untuk kamu perhatikan, karena kamu perlu memeriksa jatah cuti yang tersisa.

Caranya, kamu bisa hitung terlebih dahulu berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk liburan. Setelah kamu memperhitungkan waktu liburan, selanjutnya kamu bisa tentukan apakah akan mengambil jatah cuti atau tidak.

Apabila perlu mengambil jatah cuti, kamu bisa segera menentukan berapa lama cuti yang akan kamu gunakan lalu mengajukannya ke atasan dan HRD. Jika sudah selesai dan mendapatkan izin untuk cuti, kamu bisa melakukan persiapan lainnya.

2. Memilih Destinasi Wisata

Poin selanjutnya dari tips wisata liburan di awal tahun adalah memilih destinasi wisata. Dimana, destinasi wisata ini harus ditentukan dari jauh hari. Namun, jika kamu belum mempunyai daftar destinasi wisata mana saja yang akan dikunjungi, kamu bisa mencari referensi-referensi tempat wisata menarik di berbagai situs internet.

Apabila destinasi wisata sudah ditentukan, selanjutnya kamu bisa mulai menyusun kegiatan apa saja yang akan dilakukan selama kamu berlibur. Hal tersebut dapat memudahkan dan mempercepat kamu untuk memesan tiket kereta atau pesawat dan hotel. Sehingga kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

3. Mempersiapkan Budget

Tips wisata liburan di awal tahun yang berikutnya adalah mempersiapkan budget. Hal ini merupakan bagian yang sangat krusial dan perlu kamu perhatikan. Karena, kamu perlu mempersiapkan berapa estimasi biaya liburan yang akan dikeluarkan.

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memperhitungkan berapa budget yang dibutuhkan untuk setiap destinasi wisata. Tidak hanya itu, kamu juga perlu memperhitungkan biaya untuk transportasi, penginapan hingga biaya konsumsi. Hal tersebut bisa kamu lakukan bedasarkan pengalaman atau dengan melihat referensi di internet.

Setelah itu, jika budget dari setiap destinasi wisata yang akan kamu kunjungi sudah dihitung, langkah selanjutnya adalah mengakumulasikan semua estimasi biaya yang akan dikeluarkan, sehingga kamu bisa mulai menabung untuk memenuhi biaya yang akan dibutuhkan saat berlibur.

4. Membuat Itinerary

Apabila transportasi, destinasi wisata, dan budget sudah kamu persiapkan dengan baik. Kini saatnya kamu menyusun itinerary selama berada di tempat liburan. Karena, dengan adanya itinerary membuatmu dapat memanfaatkan waktu yang kamu miliki dengan semaksimal mungkin.

Selain itu, manfaat dari adanya itinerary juga bisa menghemat budget yang kamu miliki. Karena kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu estimasi biaya yang akan kamu keluarkan dari destinasi wisata yang akan kamu kunjungi tersebut.

Dari pemaparan di atas dapat dilihat bahwa dengan membuat itinerary kamu bisa mengatur waktu dan budget lebih efisien. Karena, jika tidak membuat itinerary, waktu kamu yang terbatas akan terbuang sia-sia hanya untuk menentukan tempat wisata mana saja yang akan kamu kunjungi. Maka dari itu, jangan sampai lupa untuk membuat itinerary, ya!

5. Persiapan Kondisi Fisik

Poin kelima dari tips wisata liburan di awal tahun yang perlu kamu perhatikan adalah mempersiapkan kondisi fisik. Dimana kondisi kesehatanmu lebih penting dari segalanya. Karena, liburanmu akan terganggu dan tidak akan berjalan lancar jika tubuh kamu tidak sehat.

Hal yang perlu kamu lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, seperti buah dan sayur, minum air putih yang cukup serta olahraga yang teratur.

Tidak hanya itu, ada baiknya jika kamu juga membawa obat-obatan yang sering kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan. Karena, obat pribadi yang kamu konsumsi biasanya tidak dijual disembarang apotek dan memerlukan resep dokter.

6. Persiapan Alat

Poin terakhir yang perlu kamu perhatikan dari tips wisata liburan di awal tahun adalah mempersiapkan alat atau barang apa saja yang akan kamu bawa ke tempat liburan.

Dimana, persiapan ini sebaiknya kamu lakukan jauh dari tanggal keberangkatan. Hal tersebut bertujuan agar kamu dapat menyusunnya secara perlahan dan memastikan tidak ada barang yang tertinggal.

Kamu bisa mulai menyusunnya dengan menaruh barang yang tidak terlalu dibutuhkan di susunan paling bawah, kemudian menaruh barang penting yang sangat dibutuhkan di susunan paling atas.

Jangan lupa perhatikan secara detail barang apa saja yang akan kamu bawa, mulai dari hal paling kecil seperti obat-obatan hingga keperluan dokumentasi seperti kamera, charger dan alat traveling lainnya.

(Baca Juga: Ini Empat Alasan Mengapa Kamu Butuh Liburan!)
Tips Mempersiapkan Keuangan

Jika sebelumnya kamu sudah mengetahui apa saja tips wisata liburan di awal tahun yang perlu kamu persiapkan, mulai dari destinasi hingga persiapan alat. Kini saatnya kamu mengetahui bagaimana cara mempersiapkan keuangan untuk liburan. Di bawah ini tips mempersiapkan keuangan yang sudah CekAja.com rangkum untuk kamu, simak yuk!

  • Menetapkan Anggaran

Hal pertama yang perlu kamu lakukan ketika mempersiapkan keuangan adalah menetapkan anggaran. Dimana, ketika menentukan anggaran untuk liburan, kamu dituntut untuk bijak.

Sebelum menetapkan anggaran, ada baiknya jika kamu membuat itinerary terlebih dahulu. Karena hal tersebut akan membantumu dalam menetapkan anggaran yang harus kamu miliki selama perjalanan wisata.

Tidak hanya itu, kamu juga perlu mempersiapkan dana darurat. Yang dimana, dana darurat biasanya digunakan untuk biaya-biaya yang tidak terduga. Selain itu, dana darurat tersebut juga dapat membuat kondisi keuanganmu lebih terkendali selama perjalanan wisata nanti.

  • Mengurangi Pengeluaran Tidak Penting

Mengurangi pengeluaran untuk hal-hal yang kurang penting sangat membantumu berhemat dalam mengumpulkan dana untuk liburan. Kamu bisa meninjau kembali history dari mutasi rekeningmu, apa saja keperluan yang sering dan lebih banyak terkuras.

Pastikan jika pengeluaranmu hanya untuk hal-hal yang menjadi prioritas saja. Karena, sekecil apapun dana yang kamu keluarkan untuk hal-hal yang kurang penting, lebih baik disisihkan untuk anggaran liburan.

  • Membuat Daftar Kebutuhan

Ada baiknya jika kamu membuat daftar kebutuhan, lalu urutkan tingkat kebutuhannya, mulai dari yang sangat penting hingga kurang penting. Kemudian kamu bisa memprioritaskan kebutuhan yang sangat penting tersebut dengan mengalokasikan anggarannya terlebih dahulu.

Misalnya kamu akan piknik, maka kamu bisa memprioritaskan terlebih dahulu kebutuhan untuk piknik, seperti tas keranjang, anggaran untuk membeli sayur dan buah-buahan serta keperluan lainnya.

  • Mencatat Pengeluaran Selama Liburan

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan dalam persiapan keuangan adalah mencatat semua pengeluaran selama liburan. Dimana, pengeluaran yang perlu kamu catat diantaranya pengeluaran kecil hingga pengeluaran yang besar.

Kamu bisa menggunakan catatan biasa, Google Spreadsheet ataupun Microsoft excel untuk menuliskan dan merekap semua biaya yang kamu keluarkan selama liburan. Karena, catatan pengeluaran ini sangat berguna sebagai referensi untuk kebutuhkan liburan selanjutnya.

Tidak hanya itu, dengan adanya catatan pengeluaran, kamu juga bisa mengetahui berapa total biaya yang dikeluarkan selama liburan beserta anggaran yang tersisa dari budget yang sudah kamu tentukan sebelumnya.

Nah, beberapa tips wisata liburan di awal tahun dan cara mempersiapkan keuangan sudah dipaparkan di atas. Bagaimana, apakah dana yang kamu kumpulkan sudah cukup, untuk memenuhi kebutuhan liburan awal tahunmu?

Jika dana yang kamu kumpulkan masih jauh dari rencana keuangan yang sudah ditentukan, sementara liburan sudah di depan mata, kamu tidak perlu khawatir. Karena kamu bisa mendapatkan dana tambahan dengan mengajukan dana tunai atau KTA secara cepat dan mudah hanya di CekAja.com. Yuk, ajukan sekarang!

Tentang Penulis