Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

60 Hari Merancang Persiapan Pernikahan dengan Cerdas

by Riri Anggraheni Eka Rimandasari on 2 Februari, 2017

tips menikah - CekAja.com

Pernikahan memang tidak terus-terusan dikaitkan dengan pesta yang elegan serta meriah lantara sebenarnya menikah bisa dikerjakan walaupun dalam situasi finansial yang pas-pasan.

Pernikahan adalah suatu peristiwa besar dalam kehidupan tiap insan di mana momen besar ini menyangkut hidup dua insan yang dikumpulkan dalam ikatan tali suci pernikahan. Baik berbentuk pernikahan simple ataupun elegan, tiap-tiap yang merasakannya pasti inginkan prosesi pernikahan yang lancar serta tanpa ada rintangan.

Berangkat dari alasan pernikahan hanya dijalankan satu kali dan momen terindah bagi pasangan, maka tidak heran jika banyak pasangan yang menghabiskan banyak waktu untuk merancang persiapan rencana menikah demi mencapai sempurna nan indah.

Konon, persiapan pernikahan itu bisa membuat pasangan stress. Setahun mempersiapkan pun tak bisa kelar semuanya. Wah, padahal tidak selamanya pesiapan pernikahan harus menghabiskan banyak waktu Kamu. Berikut ini tips 60 hari merancang persiapan pernikahan dengan cerdas! Yuk, simak!

Hari 1 – 10

Di sepuluh hari menjelang pernikahan, mulai dengan tetapkan biaya yang kamu miliki dari jauh-jauh hari buat konsep biaya pengeluaran mulai dari yang paling besar seperti menyewa tenda pernikahan, layanan rias pengantin, catering sampai ke yang paling kecil seperti souvenir atau melakukan perbaikan style rambut ke salon.

(Baca juga: Pengeluaran Sepele yang Harus Dikurangi Agar Biaya Nikah Cepat Terkumpul)

Buat se-detail mungkin serta sisakan biaya minimum 10% di tabungan untuk beragam kepentingan yang tidak terduga. Jika memungkinkan untuk menggunakan kartu kredit untuk beberapa pembayaran, maka hitung saldo dan bujet yang ada.

Cobalah mematangkan rencana dan menentukan tanggal. Di ikuti dengan membicarakan konsep serta mulai mencari vendor. Mulailah dengan mematangkan rencana pernikahan kamu dan pasangan. Jika kamu berdua sudah sama-sama yakin, tak salah jika melanjutkannya dengan menentukan tanggal pernikahan yang terbaik bagi kalian. Untuk yang satu ini, boleh lho Kamu melibatkan keluarga untuk ikut urun pendapat.

Hari 10 – 15

Kemudian, di hari ke- 10 hingga hari ke- 15, kamu bisa melanjutkan dengan mengurus urusan surat menyurat dan mencari cincin. Mengurus surat menyurat untuk proses pernikahan harus segera kalian lakukan.

Mengurus surat menyurat untuk pernikahan menjadi hal yang harus langsung dilakukan setelah mendapatkan tanggal bahagia bersama pasangan. Lantaran banyak prosedur yang harus disiapkan, maka dari itu jangan sampai telat dan menganggap mudah untuk mengurus surat menyurat itu ya.

Setelah itu, mulailah mencari-cari cincin pernikahan sebagai tanda cinta di antara kalian. Pilihlah sesuai budget dan selera berdua. Nyatanya, mencari cincin pernikahan bukan hal yang mudah, lho. Jadi, siapkanlah di target hari tersebut. Pilihlah cincin yang sesuai dengan keinginan kalian berdua.

Hari 15 – 30

Ketika sudah mendapatkan lokasi pernikahan yang sesuai dengan keinginan kalian berdua, mulailah untuk mendesain dan mencetak undangan.

Di ikuti dengan memilih-milih catering apa yang nantinya akan Kamu berdua sajikan di meja makan untuk para tamu undangan. Kedua hal ini pun perlu banget disesuaikan dengan budget yang kalian punya agar pengeluaran kamu nantinya tidak membengkak dan menjadi cara memangkas biaya pernikahan.

Hari 31 – 40

Sebaiknya Kamu telah menentukan segala vendor yang akan terlibat, dari katering, dekorasi, wedding organizer, fotografi, penata rias sampai busana pengantin. Selain itu, buat kesepakatan dengan dokter untuk medical check up pra nikah.

Jika ada biaya lebih, kerjakan perawatan pra nikah di salon berlangganan Kamu. Saat ini telah banyak salon baik yang konvensional ataupun salon muslimah yang sediakan layanan perawatan pra nikah.

Hari 41 – 50

Jangan lupa juga untuk membuat undangan. Sebaiknya waktu untuk mencetak undangan tidak terlalu mepet. Proses revisi hingga naik cetak bisa sampai berkali-kali. Sebaiknya dilakukan secepat mungkin sebelum acara.

Hari 51 – 60

Buat pertemuan dengan semua vendor. Jika dibutuhkan, buat gladiresik pernikahan Kamu. Tulislah saat yang dibutuhkan untuk tiap-tiap mata acara, supaya terlepas dari beberapa hal yang kurang utama.

Sepuluh hari menjelang pernikahan Kamu harus sudah jelas mengungkapkan keinginan dari konsep dan tema pernikahan yang diinginkan. Menjelang hari pernikahan, mulailah memanjakan diri dan jangan terlalu sibuk sehingga aura cantik Kamu bisa terpancar di hari besar Kamu.

Nah, setelah menyimak tips 60 hari merancang persiapan pernikahan dengan cerdas Kamu sudah pasti lebih percaya diri dan matang mempersiapkan pernikahan, bukan? Membuat perancangan persiapan pernikahan dengan dibuat periode hari tersebut tentu lebih rinci dan akan membuat Kamu lebih terjadwal lebih mempersiapkannya. Selamat menyiapkan hari bahagia Kamu dan semoga sukses ya!

 

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami