7 Aktivitas Bareng Anak Biar Gak Boring di Rumah

Selain karyawan kantoran yang terpaksa harus bekerja dari rumah, anak-anak juga bersekolah dari rumah akibat merebaknya Covid-19 alias virus Corona. Karena itu, ada banyak sekali kegiatan yang bisa diisi bareng anak agar kamu tidak boring selama bekerja di rumah. Apa saja tuh?

quality time dengan anak7 Aktivitas Bareng Anak Biar Gak Boring di Rumah

1. Olah Raga Bersama

7 Aktivitas Bareng Anak Biar Gak Boring di Rumah

Salah satu kegiatan yang dianjurkan pemerintah, dalam rangka menangkal virus corona adalah dengan berjemur.

Nah, selama masa berjemur ini juga bisa dilakukan sambil berolah raga bersama. Anak-anak memang suka berlari-larian, namun hal itu berbeda dengan berolah raga.

Banyak olah raga yang bisa dilakukan dan biasanya sudah ada alatnya di rumah, seperti bermain basket, bulu tangkis, atau juga bisa mengikuti gerakan senam atau yoga dari Youtube.

Apalagi saat ini juga banyak kegiatan olah raga bersama yang dilakukan secara online.

2. Memasak dan Membersihkan Rumah

7 Aktivitas Bareng Anak Biar Gak Boring di Rumah

Tentu saja di rumah aja, banyak sekalia rutinitas yang berubah. Meski begitu, usahakan untuk tetap memiliki rutinitas agar saat kembali bersekolah si kecil jadi lebih mudah kembali beradaptasi.

Selain itu, ajak pula si kecil untuk melakukan kegiatan domestik di rumah. Mulailah dengan ajak si kecil merapikan sendiri mainanannya.

Si kecil juga sangat mungkin membantu menjemur pakaiannya atau memasak di dapur. Bahan masakan, seperti bawang putih sangat mungkin dikupas tanpa pisau, si kecil tentu akan sangat senang bisa dilibatkan membantu memasak, seperti mengupas bawang dan mencuci beras.

Kalau mau semakin menarik, ajak si kecil menoba resep baru yang mudah dan bisa dilakukan bersama.

Misalnya membuat bola cokelat dari biskuit dan meses, yang mudah dan juga enak serta tentu disukai anak-anak.

3. Membaca Buku

7 Aktivitas Bareng Anak Biar Gak Boring di Rumah

Memupuk hobi membaca sangat baik bila dilakukan sedari kecil, sayangnya zaman sekarang hal ini cukup sulit dilakukan.

Oleh karena itu, di waktu di rumah aja cocok sekali untuk membuat rutinitas baru seperti membaca buku bersama.

Ajak si kecil setidaknya melihat orang tuanya membaca pada awalnya. Lalu dia juga akan mulai terbiasa dengan buku dan tentu akan makin tertarik untuk mempunyai hobi membaca.

Apalagi zaman sekarang sangat mudah menemukan buku sesuai umur anak dan dengan tampilan yang menarik.

(Baca Juga: 10 Cara Edukasi Kebersihan Kepada Anak yang Penting Dilakukan)

Selain itu, usahakan untuk tidak terlalu memberi banyak waktu untuk si kecil di depan layer televisi atau ponsel. Batasi screen time si kecil walaupun dia di rumah saja.

Kalau biasanya si kecil hanya mendapat screen time di akhir pekan, maka usahakan untuk konsisten pada jadwal tersebut.

4. Bikin Konten Youtube

7 Aktivitas Bareng Anak Biar Gak Boring di Rumah

Di usia balita, si kecil tentu sangat senang kalau diajak bermain peran dan pertunjukan. Pertunjukan ini bisa saja dari dongeng favoritnya, seperti kisah para putri atau juga cerita rakyat. Atau bisa pula menggelar konser bersama orang tua, seperti bermain musik bersama.

Anak tentu akan senang bila bernyanyi sambil diiringi alat musik oleh ayah atau ibunya. Waktu-waktu seperti ini tentu akan sangat menyenangkan bagi si kecil dan menjadi waktu berkualitas bagi keluarga.

Nah, aktivitas seperti ini bisa kamu rekam dan bagikan ke Youtube dengan menggunakan aplikasi edit video sederhana saja.

Konten video yang menunjukkan keceriaan anak-anak saat beraktivitas, biasanya banyak ditonton oleh orang tua dan anak-anak lainnya.

5. Menonton Film

7 Aktivitas Bareng Anak Biar Gak Boring di Rumah

Banyak orang yang sangat gemar menonton film sudah merindukan bioskop, namun tidak usah sedih dulu, sangat mungkin membuat ala-ala bioskop di rumah.

Apalagi website dan aplikasi untuk menonton film sudah sangat banyak. Jangan lupa buat popcorn dan mematikan semua lampu, agar atmosfer seolah di bioskop makin terasa nyata. Pastikan pula film yang ditonton sesuai usia anak.

Untuk berlangganan NetFlix atau layanan pemutar film online lainnya, manfaatkan kartu kredit Bank Mayapada yang akan memberikan kamu beragam keuntungan, berkat promo dan program diskon yang tersedia.

Pilih, ajukan, dan miliki kartu kredit Mayapada lewat CekAja.com sekarang juga!

6. Membuat Kerajinan Tangan

7 Aktivitas Bareng Anak Biar Gak Boring di Rumah

Boleh jadi si anak sudah mendapatkan tugas kerajinan tangan dari sekolah. Namun, tidak ada salahnya mencoba berbagai kerajinan tangan baru yang bisa menjadi pajangan di rumah atau sekadar mengasah kreativitas si kecil.

(Baca Juga: Pentingnya Memiliki Asuransi untuk Anak Sejak Dini)

Kalau kehabisan ide, di Youtube sangat banyak ide baru yang berhubungan dengan kerajinan tangan atau pun seperti Do It Your Self yang selain lucu namun juga berguna.

7. Membuat Video TikTok

7 Aktivitas Bareng Anak Biar Gak Boring di Rumah

Aplikasi ini tengah gandrung kembali, bahkan dilakukan oleh banyak artis, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Membuat video TikTok bersama, juga bisa dilakukan bersama dan tentu saja makin seru. Membuat video TikTok selain bisa menjadi olah raga bersama, juga membuat keluarga memperlihatkan kekompakan.

Kira-kira aktivitas mana yang paling cocok dilakukan bersama anak-anak dan anggota keluarga lainnya di rumah? Yuk dicoba!