Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

7 menit waktu bacaan

7 Aplikasi Android yang Sering Dipakai Pebisnis Sukses

by Arfan Wiraguna on 28 Agustus, 2015

Ketika memakai teknologi berbasis Android, segudang aplikasi pendukung bisa diunduh dan digunakan. Namun, bagi seorang pebisnis sukses dan kaya, ada beberapa aplikasi yang selayaknya dipilih untuk menjadi asisten yang bisa membantu menjalankan usahanya, Apa saja?

Alangkah enaknya menjadi pebisnis kaya, bisa beli apa saja dan ke mana saja sesuka hati. Angan-angan untuk punya uang banyak dalam sekejap inilah yang sering menghampiri pikiran kita di kala melamun.

Walaupun angan-angan ini sebenarnya lebih cocok untuk dianggap sebagai olok-olok diri, saat ini kita dipermudah untuk menjadi pebisnis kaya secara cepat dengan hadirnya teknologi digital. Tak lagi butuh dompet tebal untuk memulai dan mengembangkan bisnis kita, cukup manfaatkan teknologi secara optimal dan kita bisa berhemat banyak dari hadirnya kemudahan tersebut. Walhasil, tak perlu khawatir tidak bisa belanja dan pergi jalan-jalan akibat dompet tipis, karena uang penghematan tersebut bisa digunakan untuk mewujudkan impian Anda menjadi pebisnis kaya.

Selain itu, dengan hadirnya teknologi, urusan mengatur keuangan kini bisa lebih simpel. Jika dulu aturan dan perencanaan keuangan konvensional identik dengan buku bergaris besar dan tebal, kini perkembangan zaman yang melahirkan era digital telah mengubah semuanya.

(Baca juga : Mendapatkan Uang dari Aplikasi Android )

Untuk mulai memakainya, kita hanya perlu mengunduh aplikasi Andorid dari toko aplikasi di ponsel atau tablet. Hari ini sudah banyak aplikasi Android untuk bantu jadikan kita seorang pebisnis kaya, bahkan beberapa di antara aplikasi tersebut adalah buatan anak bangsa. Yuk, kita simak daftar sederet aplikasinya berikut ini!

Expense Manager

Hal terpenting dalam perencanaan keuangan untuk sebuah bisnis adalah proses pencatatan. Gampangnya, kita perlu mencatat pemasukan dan pengeluaran dalam jangka waktu tertentu. Tentu saja, catatan yang komprehensif dapat dijadikan evaluasi untuk memprediksi pengeluaran dan tabungan yang dapat disisihkan untuk keperluan bisnis di masa depan. Dalam aplikasi Android, proses pencatatannya sama. Kita hanya perlu mengisi daftar pengeluaran dan pemasukan rutin ke dalam buku catatan digital tersebut untuk menghitung jumlah rupiahnya.

(Baca juga: Mau Sukses Finansial dan Kaya? Wajib Baca 5 Buku Ini)

Perbedaannya dengan sistem konvensional, kita tak perlu repot mencatatnya pada buku, menyediakan bolpoin atau pensil, bahkan hingga menaruhnya pada laci rahasia. Tinggal gunakan jari kita. Bahkan, kita bisa melakukannya sambil makan atau menghabiskan waktu di lobi hotel sambil menunggu klien datang.

Salah satu aplikasi yang cocok untuk pencatatan ini adalah Expense Manager. Aplikasi ini cocok bagi kita yang bidang usahanya memang menghabiskan waktu di lapangan, namun tetap membutuhkan pencatatan beban pengeluaran secara mudah dan cepat.

Selain desain dan penggunaannya yang simpel, kelebihan lain aplikasi ini adalah adanya fitur untuk pengambilan foto kuitansi penerimaan dan pengeluaran yang dapat diklasifikasikan berdasarkan tanggal atau kategori. Disamping itu, catatan tersebut dapat diakses oleh anggota tim lainnya, sehingga memudahkan kita dalam mengkoordinasikan pekerjaan.

Google Analytics

Kedatangan layanan Google Analytics yang dapat diakses dari perangkat komputer, memang memudahkan para pebisnis, namun kini dengan hadirnya versi aplikasi Android, kita dimudahkan untuk memantau jumlah pengunjung situs online bisnis kita dari mana saja.

Google menjanjikan, aplikasi ini dapat memberikan statistik secara real-time tentang situs online kita. Bahkan, kita juga ditunjukkan tentang data jumlah pengunjung unik dan tingkat konversi goal setiap harinya.

Aplikasi Google Analytics ini mampu mengirim peringatan ketika kunjungan di situs kita berada di bawah target, yang telah diatur sebelumnya. Jika terjadi sesuatu yang tidak biasa pada situs kita, misalnya server mengalami down, aplikasi ini juga bisa mengirim peringatan.

Dropbox

Dropbox merupakan sebuah layanan penyimpanan dokumen secara online (file storage). Dengan aplikasi ini, kita bisa mengatur dan menyimpan segala bentuk dokumen, foto, dan video milik bisnis kita dengan mudah melalui sistem cloud yang dapat diakses oleh kita beserta anggota tim lainnya.

(Baca juga: Penggunaan Fasilitas Cloud Merupakan 1 dari 7 Cara Mudah Merawat Ponsel Lho!)

Kelebihan aplikasi ini, yaitu ketika kita membutuhkan sebuah file yang sudah dihapus, Dropbox memiliki cadangannya. Aplikasi ini dapat kita nikmati secara gratis, selama kita tidak melebihi kapasitas penyimpanan maksimalnya sebesar 2 GB.

Evernote

Bagi kita yang berprofesi sebagai seorang pebisnis, aplikasi untuk mengedit dokumen wajib harus tersedia di smartphone. Evernote merupakan aplikasi untuk mengedit dokumen yang paling populer saat ini.

Meskipun aplikasi ini telah mendapat tekanan dari berbagai kompetitornya, misalnya Google Keep, namun dengan tersedianya teknologi cloud yang canggih pada aplikasi ini–seperti bisa berbagi rekaman ataupun catatan data perusahaan dengan mudah kepada rekan sekantor, Evernote tetap dapat dijadikan salah satu aplikasi pilihan untuk berbisnis.

Skype

Sebagi pengguna ponsel pintar, sebagian kita tentu telah akrab dengan aplikasi ini. Skype memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan para kolega dan mitra bisnis yang berada di berbagai belahan dunia.

Aplikasi ini menyediakan berbagai layanan secara gratis, diantaranya adalah voice call, video call dan chatting room. Dengan perantara jalur internet, kita dapat berkomunikasi dengan mudah dari mana saja dan ke mana saja, tanpa harus khawatir dengan biaya telepon yang mahal.

Go-Jek

Siapa yang belum pernah melihat armada berjaket hijau yang lengkap dengan helm warna serupa bertuliskan “Go-Jek”? Bagi sebagian kita yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, pasti pernah melihat mereka berseliweran di jalanan.

(Baca juga: Jika Nyambi Gojek, Anak Kuliahan Bisa Dapat Gaji Setara Manajer. Lihat Hitungannya Yuk!)

Aplikasi Android yang satu ini dapat memudahkan kita untuk mencari ojek–sebagai alat transportasi yang lincah untuk menembus kemacetan–ketika perlu untuk bertemu klien di luar kantor dengan segera. Selain itu, bagi kita yang memiliki bisnis makanan, kita dapat bermitra dengan Go-Jek yang memiliki fitur unik, Go-Food, untuk melayani kebutuhan pesan-antar para konsumen kita.

Aplikasi Android Kredit dari CekAja

Aplikasi Android untuk Kredit dari CekAja.com yang satu ini dapat membantu kita dalam menghemat waktu dan uang. Sebagai portal financial ecommerce terbaik di Indonesia untuk layanan informasi dan perbandingan yang netral dan transparan berbagai produk finansial di Indonesia, aplikasi CekAja dapat membantu kita membuat segala keputusan finansial dilakukan dengan cerdas.

(Baca juga: Teknologi yang Mudahkan Kamu Aplikasi Kartu Kredit)

Untuk memudahkan kita dalam menyusun anggaran usaha, aplikasi Android dari CekAja ini juga menyediakan berbagai informasi dan artikel dari para pakar finansial serta kalkulator yang bisa membantu kita mengalkulasi pemasukan dan pengeluaran perusahaan agar bisnis kita semakin untung. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur untuk melakukan pembelian berbagai produk finansial yang dapat meningkatkan pendapatan dan menghemat pengeluaran perusahaan.

Informasi yang bisa didapatkan dari aplikasi ini diantaranya adalah produk finansial terbaru dan trik menyiasati berbagai kondisi keuangan saat ini dari para Certified Financial Planner. Di sisi lain, aplikasi ini juga dapat melakukan simulasi berbagai produk keuangan, mulai dari kredit usaha hingga asuransi.

Kita juga dapat mengajukan langsung berbagai produk seperti KPR, Kartu Kredit, KTA, Asuransi Kesehatan, Asuransi Kendaraan, dan masih banyak lagi. Ada juga nomor call center CekAja untuk Anda melakukan konsultasi finansial gratis!

Dengan memiliki berbagai aplikasi di atas pada ponsel atau tablet, maka kita dimudahkan untuk mengelola bisnis secara mandiri, tanpa harus menyediakan dana tambahan dalam jumlah besar. Selain itu, dengan adanya fitur-fitur yang berfungsi sebagai pengingat, pencatat dan pengelola keuangan bisnis kita tersebut, kita bisa menjadi lebih jeli dalam menganalisis dan melihat peluang usaha yang muncul di depan mata. Dengan begitu, kita dapat bekerja secara lebih produktif, efektif dan efisien.

Tentang Penulis

Writer & Coffe Lover - Finansial dan ekonomi adalah makanan sehari-hari.