Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

7 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris beserta Kelebihan dan Kelemahannya

by Nadhillah Kusindriani on 10 Februari, 2020

Bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional kini wajib dikuasai oleh semua orang. Terlebih di dunia pekerjaan, kemampuan bahasa Inggris sangat dibutuhkan. Mengingat teknologi sudah semakin canggih, kamu bisa belajar melalui aplikasi belajar bahasa Inggris di gadget kesayangan mu.

aplikasi belajar bahasa inggris

Keberadaan aplikasi belajar online dinilai sangat membantu, karena dapat digunakan kapan saja dan dimana saja. Mengingat, kehidupan manusia saat ini tidak bisa terlepas dari ponsel.

Untuk kamu yang ingin belajar bahasa Inggris lebih mudah dan dikemas secara menarik, kamu bisa melihat tujuh aplikasi belajar bahasa Inggris yang sudah CekAja.com rangkum untuk kamu. Yuk simak bersama-sama!

1. Busuu

Busuu - 7 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris beserta Kelebihan dan Kelemahannya

Aplikasi belajar bahasa Inggris yang pertama adalah Busuu. Berbentuk sebuah komunitas yang berbasis media sosial, Busuu akan mengarahkan kamu ke native speaker yang akan membantumu belajar bahasa Inggris.

Di sana, kamu bisa membahas dan bertanya apa saja, mulai dari materi umum seperti grammar hingga TOEFL. Menariknya, di aplikasi ini kamu juga bisa berkomunikasi dengan pengguna lainnya. Hal tersebut bertujuan untuk melatih kosakata dalam cakupan yang lebih luas.

Aplikasi ini sudah dilengkapi dengan fitur audio visual beserta foto dari native speaker yang bisa kamu gunakan. Jika kemampuan bahasa Inggris mu sudah mahir, kamu bisa mengikuti tes dari berbagai level, mulai dari basic hingga advanced yang disediakan Busuu.

Hanya saja untuk mendapatkan fitur-fitur yang lengkap seperti di atas, kamu harus berlangganan terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan Busuu versi premium. Namun kamu juga bisa menggunakan versi gratisnya hanya untuk praktik bahasa Inggris.

Busuu menjadi salah satu aplikasi belajar bahasa Inggris yang paling diminati, terlihat dari pengguna aplikasi ini sudah lebih dari 80 juta orang di Play Store. Aplikasi ini sudah support untuk Android dan iOS.

2. Hello English

Hello English - 7 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris beserta Kelebihan dan Kelemahannya

Aplikasi kedua ada Hello English. Menjadi aplikasi belajar bahasa Inggris yang interaktif, Hello English memiliki 475 pelajaran interaktif, game interaksi hingga berdiskusi dengan para guru di Hello English secara langsung.

Aplikasi buatan Culture Alley ini memiliki 10 ribu kata yang dapat menambah dan memperkaya kosa kata mu. Tidak hanya itu, fitur-fitur yang diberikan pun cukup lengkap, diantaranya terdapat speaking, reading, writing dan listening yang bisa digunakan.

Dikemas secara menarik, Hello English ini sudah menggaet lebih 24 juta pengguna di seluruh dunia. Terlebih aplikasi ini bisa digunakan seluruh pengguna Android dan iOS secara gratis.

(Baca Juga: Aplikasi Fitness Terbaik 2020, Bisa Olahraga Kapan Saja, di Mana Saja!)
3. Duolingo

Duolingo - 7 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris beserta Kelebihan dan Kelemahannya

Selanjutnya ada Duolingo. Aplikasi ini sangat populer di kalangan orang-orang yang belajar bahasa Inggris secara online. Maka dari itu, aplikasi ini juga disebut sebagai aplikasi mainstream.

Di aplikasi ini, kamu bisa memiliki fokus materi mana yang akan dipelajari. Selain itu, metode belajar yang digunakan Duolingo sangat unik, yaitu dengan menggunakan sebuah game interaktif.

Pada game tersebut ada sebuah test yang harus kamu kerjakan, dan apabila gagal, aplikasi ini akan otomatis merubah jenis test yang akan disesuaikan dengan kemampuan mu. Tetapi jika berhasil, kamu akan mendapatkan poin.

Duolingo juga memiliki fitur andalan yang super canggih, yaitu fitur alarm yang akan mengingatkan jadwal belajar yang sudah kamu tentukan. Tidak hanya itu, fitur belajar yang disajikan pun sangat menarik, kamu dijamin betah berlama-lama belajar di aplikasi yang satu ini.

Meski terkenal sebagai aplikasi belajar bahasa Inggris, namun Duolingo juga menyediakan materi pelajaran bahasa lainnya, seperti Mandarin, Spanyol, Jerman, Polandia, Rusia, Perancis dan bahasa-bahasa lainnya.

4. Rosetta Stone

Rosetta Stone - 7 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris beserta Kelebihan dan Kelemahannya

Rosetta Stone menjadi aplikasi belajar bahasa Inggris keempat. Sedikit berbeda dari aplikasi-aplikasi sebelumnya, Rosetta Stone sangat cocok untuk kamu yang gemar traveling namun tidak mahir berbahasa Inggris.

Hal tersebut karena aplikasi ini menyajikan berbagai jenis referensi percakapan yang biasa digunakan ketika bertemu dengan native speaker baru.

Rosetta Stone juga menawarkan berbagai aktivitas menarik, di antaranya yaitu membuat satu kata atau kalimat dari kata yang lain. Game tersebut membuat belajar bahasa Inggris terasa lebih mudah dan menyenangkan.

Aplikasi ini juga memiliki fitur unggulan berupa suara, memakai teknologi TruAccent. Melalui fitur ini, kamu bisa mendengar sebuah kata dan kalimat dengan jelas dan jernih.

Menjadi aplikasi yang sangat digemari, membuat Rosetta Stone mendapatkan penghargaan 2018 Platinum Award for Best Educational App dari Best Mobile App Awards.

5. Memrise

Memrise - 7 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris beserta Kelebihan dan Kelemahannya

Kelima ada Memrise. Aplikasi yang hanya support pada gadget Android ini memiliki metode belajar interaksi dengan pengguna Memrise lainnya.

Kamu bisa belajar bahasa Inggris dengan bermain game atau menonton tayangan video clip yang tersedia hingga 30.000 video. Memrise lebih terfokus pada memperkaya kosa kata dengan cara yang unik dan menyenangkan.

Hal tersebut dilakukan dengan agar para pelajar dapat dengan mudah memahami dan mengingat kosa kata baru yang di dapat. Aplikasi ini juga memiliki 30 tingkat materi pembelajaran yang bisa kamu pelajari.

6. Lingbe

Lingbe - 7 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris beserta Kelebihan dan Kelemahannya

Lingbe sebagai aplikasi belajar bahasa Inggris paling favorit menyediakan fitur belajar online dengan native speaker langsung dari luar negeri. Hal tersebut menjadi daya tarik khusus bagi para pelajar.

Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis, lho! Jadi, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk bisa belajar langsung dengan para native speaker tersebut.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan feedback langsung seputar pronunciation, grammar hingga kelancaran saat berbicara setelah berlatih. Hal tersebut sangat berguna untuk mengetahui perkembangan bahasa Inggris mu sudah sejauh mana.

Yang menarik dari aplikasi ini adalah kamu tidak hanya diajari bahasa Inggris oleh native speaker, melainkan kamu juga bisa menjadi guru bahasa Inggris di aplikasi ini. Tentunya, tidak cuma-cuma, karena kamu akan mendapatkan koin Lingbe dari setiap pengguna yang menggunakan jasa mu.

7. Mindsnacks

Mindsnacks - 7 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris beserta Kelebihan dan Kelemahannya

Di posisi ketujuh ada Mindsnack. Aplikasi belajar bahasa Inggris ini lebih direkomendasikan untuk kamu yang memiliki kemampuan bahasa Inggris level intermediate atau advanced. Karena, aplikasi ini akan mengajarkan mu kosakata baru yang jarang digunakan di Amerika atau pun Inggris.

Fitur belajar yang disajikan Mindsnacks adalah game. Di mana, kamu bisa belajar bahasa Inggris dengan menyenangkan. Terlebih, aplikasi ini menyediakan lebih dari sembilan jenis game yang bisa kamu pilih sesuai keinginan mu.

Hanya saja, fitur ini baru bisa digunakan untuk kamu yang menggunakan iOS saja. Bagi pengguna Android, kamu bisa mencari aplikasi yang serupa dengan Mindsnacks ini.

Keunggulan Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Sebelumnya kamu sudah mengetahui sembilan aplikasi belajar bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan. Kehadiran aplikasi belajar online sangat membantu dan memudahkan manusia, terlebih memiliki beberapa keunggulan yang bisa kamu nikmati, di antaranya akan diulas di bawah ini.

  • Waktu Belajar Fleksibel

Sudah pasti waktu untuk belajar bahasa Inggris lebih fleksibel. Karena kamu bisa mengatur sendiri jadwal belajar mu. Terlebih kamu bisa belajar di mana saja dan kapan saja tanpa terikat dengan waktu dan lokasi belajar.

  • Hemat Biaya Transportasi

Jika kamu belajar bahasa Inggris melalui kursus, kamu pasti harus mengeluarkan budget lebih untuk transportasi dan sebagainya. Namun dengan aplikasi belajar online, kamu bisa lebih berhemat karena tidak harus mengeluarkan biaya untuk datang ke tempat kursus.

  • Terhindar dari Macet

Ini menjadi salah satu faktor penghambat jika kamu belajar bahasa Inggris di tempat kursus. Seperti yang diketahui, jalanan di kota-kota besar padat dan sudah dipastikan kamu akan terkena macet di perjalanan.

Namun hal tersebut tidak akan terjadi jika kamu mengambil kursus bahasa Inggris online di aplikasi belajar bahasa Inggris. Bagaimana, lebih efektif dan efisien bukan?

(Baca Juga: Aplikasi Masak Terbaik Untuk iPhone dan Android Gratis!)
Kelemahan Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Namun, aplikasi belajar bahasa Inggris tidak hanya memiliki keunggulan, tetapi juga terdapat beberapa kelemahan, diantaranya yaitu:

  • Bergantung pada Koneksi Internet

Hal ini menjadi penghambat apabila koneksi internet sedang lambat atau tidak ada sinyal. Sebab, beberapa fitur pada aplikasi yang kamu miliki tidak bisa diakses apabila tidak ada koneksi internet.

  • Tidak Semua Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Berkualitas Baik

Meski saat ini banyak sekali aplikasi belajar bahasa Inggris, namun kenyataannya hanya segelintir aplikasi belajar tersebut yang memiliki kualitas baik. Hal tersebut dilihat dari kualitas serta kelengkapan fitur-fitur yang diberikan.

Maka dari itu, ada baiknya sebelum mengunduh aplikasi belajar bahasa Inggris, lihat dahulu ulasan dan rating yang didapat aplikasi tersebut. Atau kamu juga bisa menggunakan aplikasi belajar bahasa Inggris versi CekAja.com yang sudah dipaparkan di atas.

Namun, ada beberapa aplikasi yang mengharuskan kamu untuk berlangganan menjadi premium terlebih dahulu, dan membayar biaya bulanan menggunakan kartu kredit untuk bisa mengakses fitur lengkapnya.

Kamu tidak perlu khawatir jika belum memiliki kartu kredit, langsung saja ajukan dengan mudah dan cepat di CekAja.com. Perusahaan financial technology yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tentang Penulis