7 Aplikasi Edit Video Online Terbaik untuk Pemula

Di era teknologi yang sudah serba canggih seperti saat ini, pengetahuan tentang edit video online sepertinya memang sudah perlu diketahui. Ditambah lagi bahwa seiring berjalannya waktu, Youtube sudah bukan lagi sekedar menjadi kanal untuk berbagi video saja, melainkan juga sebagai sumber mata pencaharian masa kini yang dinilai cukup menjanjikan.

Pariwara
Edit Video Online Terbaik untuk Pemula

Bagaimana tidak? setiap harinya, dinilai bahwa lebih dari 100 miliar jam video telah ditonton melalui Youtube. Sehingga, besarnya jumlah video yang ditonton membuat para creator atau pembuat video berkemungkinan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari setiap video yang mereka unggah. Bagaimana caranya? Yaitu dengan menayangkan iklan di dalam video mereka.

Hanya saja, tentu tidak semua video bisa menayangkan iklan. Karena, hanya video-video yang telah memenuhi kriteria saja yang bisa melakukannya. Nah, salah satu kriteria yang harus dipenuhi adalah kualitas video yang mumpuni, sehingga mampu menarik minat para penonton lainnya yang turut menggunakan Youtube. Selain konten yang menarik, editan video juga dinilai bisa menarik minat penonton. Maka dari itu, cara edit video online perlu diketahui, khususnya untuk para pemula yang belum memiliki pengetahuan yang cukup terkait tools edit video.

(Baca Juga: Film Netflix yang Tayang Gratis di Youtube)

Maka dari itu, di dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang aplikasi sekaligus cara edit video online yang sekiranya bisa dilakukan dengan mudah oleh para pemula. Yuk disimak bersama-sama.

Aplikasi Edit Video Online Terbaik

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa rekomendasi aplikasi dan situs edit video online yang dinilai cukup mudah untuk pemula, yaitu adalah:

1. Magisto

Magisto - 7 Aplikasi Edit Video Online Terbaik untuk Pemula

Aplikasi edit video online yang pertama adalah Magisto yang bisa kamu akses melalui App Store maupun Google Play. Magical Video Editor atau yang disingkat dengan Magisto ini merupakan tools edit yang bahkan memiliki kemampuan dalam mengkonversi video biasa menjadi garapan yang begitu otentik, layaknya sulap.

Dalam mengedit video, yang perlu kamu lakukan hanyalah memilih video-video yang diinginkan, kemudian pilih juga background music atau soundtrack yang ingin kamu masukan ke dalam video. Lalu, konfirmasikan pilihanmu. Tunggulah beberapa menit hingga proses selesai. Untuk prosesnya itu sendiri, biasanya memakan waktu yang berbeda-beda, tergantung dari banyaknya klip atau potongan video yang kamu pilih.

Setelah selesai, maka selanjutnya kamu hanya perlu memeriksa dan melihat kembali bagaimana hasil dari video yang telah diedit. Cukup mudah, bukan? Selain melalui smartphone, aplikasi ini juga bisa kamu gunakan di tablet maupun web.

2. Movie Maker Online

Movie Maker Online - 7 Aplikasi Edit Video Online Terbaik untuk Pemula

Edit video online selanjutnya adalah Movie Maker Online. Hanya saja, perlu diperhatikan bahwa ketika menggunakan aplikasi ini, maka pastikan bahwa kamu mematikan atau menonaktifkan ad block. Sebab, Movie Maker Online merupakan aplikasi yang didukung oleh iklan. Akan tetapi, edit video online yang dihasilkan tak kalah bagusnya dengan aplikasi berkualitas lainnya.

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk bisa menggabungkan video, gambar, hingga musik, ke dalam satu projek dengan hanya menggunakan fitur drag and drop ke timeline video yang tersedia. Cukup mudah, bukan? Selain itu, terdapat pula filter-filter terbaik yang akan membuat video menjadi jauh lebih menarik. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur fade untuk audio dan video, serta overlay text, transisi, dan masih banyak lagi yang tentunya akan mendukung kualitas video yang dihasilkan.

3. ClipChamp

ClipChamp - 7 Aplikasi Edit Video Online Terbaik untuk Pemula

Aplikasi edit video online yang bisa dijadikan pilihan adalah ClipChamp. Meskipun bersifat gratis, kualitas video yang dihasilkan juga tak kalah bagusnya dengan aplikasi berbayar. Platform kerjanya yang intuitif memungkinkan para pemula untuk menyelesaikan editan video dalam waktu yang relatif singkat. Hanya dengan menggunakan fitur drag and drop yang sederhana, pengguna bisa merapikan, memotong, merotasi, hingga membalikan video sesuai dengan keinginan.

Selain itu, aplikasi edit video online satu ini juga memiliki fitur konvertor, kompresor, dan pekeram webcam yang semakin mempermudah dalam menghasilkan video yang berkualitas. Kamu bahkan juga bisa menyesuaikan kecerahan, saturasi, dan kontras dengan mudah pada video lho. Tak hanya itu, kamu juga bisa menambahkan transisi, overlay text, serta layar sesuai selera.

4. Hippo Video

Hippo Video - 7 Aplikasi Edit Video Online Terbaik untuk Pemula

Hippo Video merupakan aplikasi edit video online yang memungkin mu untuk menghasilkan video dengan kualitas terbaik namun tanpa harus menyertakan watermark. Kamu hanya perlu menambahkan musik dan video dari PC maupun Google Drive untuk hasil yang lebih baik. Yang menjadi keunggulan dari aplikasi ini adalah, bahwa kamu bahkan bisa langsung merekam video langsung dari webcam laptop lho. Tak hanya itu, kamu juga bisa memiliki resolusi video yang diinginkan sebelum benar-benar mulai mengedit video.

5. WeVideo

WeVideo - 7 Aplikasi Edit Video Online Terbaik untuk Pemula

WeVideo merupakan situs edit video online berbasis cloud yang sangat mudah digunakan. Situs ini memungkinkan setiap penggunanya untuk mengontrol pengeditan video secara penuh, termasuk dalam memilih efek gerakan, transisi, hingga green screen. Tak hanya itu, kamu juga bisa turut menambahkan animasi foto, transformasi klip, hingga voiceover kedalam video lho.

Untuk melakukan pengeditan, maka yang perlu dilakukan hanyalah memasukan seluruh video, foto, hingga audio yang ingin kamu masukan ke dalam video melalui cloud, sehingga semuanya sudah saling terintegrasi satu sama lain untuk mempermudah dalam mengedit video.

Bahkan, ketika video telah selesai di edit, kamu juga bisa langsung menyimpannya di cloud agar bisa diakses kapanpun dan dimanapun, selama terdapat akses internet. Melalui cloud pun, kamu bisa segera memposting hasil editan video ke platform media sosial yang diinginkan. Dengan fitur yang sangat mumpuni, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp100 ribu saja per bulan. Opsi untuk penggunaan gratis pun juga tersedia, yang memungkin untuk menyimpan hingga 1GB video dengan resolusi 480p.

6. BeeCut

BeeCut - 7 Aplikasi Edit Video Online Terbaik untuk Pemula

Aplikasi edit video online selanjutnya adalah BeeCut yang bahkan memungkinkan untuk mengkonversi video menjadi GIF, mengekstrak audio dari video, menggabungkan, merotasi, memotong video, dan masih banyak lagi yang sekiranya dibutuhkan oleh pengguna. Seluruh fitur-fitur tersebut bisa digunakan dengan mudahnya oleh pemula sekalipun hanya dalam hitungan menit.

BeeCut merupakan aplikasi berbasis web yang bisa berfungsi dengan baik jika kamu mengaksesnya melalui PC. Namun, tentu kamu juga bisa mengaksesnya dengan mudah melalui smartphone berbasis Android maupun iOS. Setelah proses pengeditan video selesai, maka kamu bisa merubahnya menjadi format yang diinginkan, seperti MP4, MOV, AVI, WEBM, dan lain-lain.

7. Kizoa

Kizoa - 7 Aplikasi Edit Video Online Terbaik untuk Pemula

Kizoa merupakan aplikasi edit video online yang dirancang untuk membuat video bergaya slideshow yang menarik untuk dibagikan ke media sosial dibandingkan dalam bentuk video sinematik. Meski begitu, bukan berarti aplikasi ini tidak mampu untuk membuat video sinematik lho.

Sebab, Kizoa juga turut dilengkapi dengan berbagai tools mumpuni yang bisa membuat hasil video menjadi lebih bagus. Kamu bisa menggunakan aplikasi edit video online ini untuk memutar dan memotong video serta merubah foto-foto menjadi satu slideshow yang menarik.

Setelah pengeditan video selesai, maka kamu juga bisa segera membagikannya ke berbagai media sosial. Kizoa bisa kamu gunakan secara gratis jika kamu melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Hanya saja, berhubung ini merupakan edit video online gratis, maka akan terdapat watermark di setiap video yang selesai di edit.

(Baca Juga: Cara Monetasi Akun Youtube)

Jika ingin bisa menggunakan aplikasi edit video online dengan kualitas terbaik, memang beberapa diantara mengharuskanmu untuk membayar sejumlah uang. Hanya saja, saat ini sudah banyak lho aplikasi pengeditan video yang menawarkan harga yang begitu terjangkau, khususnya untuk kamu yang ingin mulai menggeluti dunia Youtube. Nah, agar transaksi pembayaran menjadi lebih mudah, biasanya aplikasi-aplikasi ini menawarkan metode pembayaran melalui kartu kredit.

Sehingga, kepemilikan kartu kredit itu sendiri menjadi satu hal yang wajib untuk saat ini. Lalu, bagaimana jika belum memiliki kartu kredit? Janganlah khawatir! Sebab, kamu bisa melakukan perbandingan dan pengajuan dengan begitu mudahnya di CekAja.com. Fitur perbandingan akan sangat dibutuhkan bagi kamu yang tengah tengah kebingungan dalam memilih kartu kredit terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup.

Sedangkan untuk proses pengajuan, sepenuhnya dilakukan melalui online, sehingga kamu tak perlu repot lagi untuk meluangkan waktu ke luar rumah. Bahkan, apabila permohonan pengajuan telah disetujui, kartu kredit bisa dikirim langsung ke alamat yang kamu berikan lho. Mudah banget, kan! Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera ajukan kartu kredit pilihanmu hanya di CekAja.com.

Pariwara