7 Aplikasi Pemblokir Iklan Terbaik yang Bisa Kamu Unduh Secara Gratis

5 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Sering merasa terganggu dengan iklan yang tiba-tiba muncul di layar ponsel? Aplikasi pemblokir iklan terbaik yang akan kita bahas kali ini mungkin perlu untuk kamu ketahui.

Bagi sebagian orang, iklan memang seringkali dinilai merusak pengalaman menyenangkan kamu ketika sedang menggunakan fitur-fitur yang berada di ponsel, seperti bermain game, browsing di internet dan masih banyak lagi.

Ditambah lagi, iklan-iklan tersebut biasanya juga muncul di waktu yang tidak tepat, memiliki durasi yang panjang, hingga tidak dapat di-skip, alias kamu diharuskan untuk menontonnya.

Nah, dikarenakan hal itulah, aplikasi pemblokir iklan terbaik diciptakan, untuk memberikan rasa nyaman dan menyenangkan bagi orang-orang yang gemar berselancar di internet.

(Baca Juga: 10 Manfaat Main Game Online)

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memang memiliki tujuan untuk dapat menghilangkan iklan di aplikasi-aplikasi tertentu, untuk dapat memberikan kenyamanan kepada setiap penggunanya.

Akan tetapi, saat ini sudah semakin banyak aplikasi pemblokir iklan yang bisa kamu temukan, yang mana terkadang justru membuatmu bingung dalam memilih.

Maka dari itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa aplikasi pemblokir iklan terbaik yang bisa kamu coba. Apa sajakah itu? Yuk kita simak saja pembahasan berikut ini.

Aplikasi Pemblokir Iklan Terbaik

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa aplikasi pemblokir iklan terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan, yaitu adalah:

1. AdAway

Aplikasi pemblokir iklan terbaik yang pertama adalah AdAway, yang merupakan aplikasi pemblokir iklan sederhana yang menggunakan file host yang telah dimodifikasi untuk dapar mengirim permintaan iklan ke 12.0.01.

Dengan kata lain, aplikasi pemblokir iklan terbaik satu ini bekerja dengan cara ‘membelokkan’ iklan ke tempat lain dan menghilangkannya dari aplikasi pengguna.

Selain itu, aplikasi ini juga mendukung file host custom dan membutuhkan akses root untuk dapat beroperasi.

AdAway juga membutuhkan F-Droid yang hanya bisa diunduh di luar Play Store. Namun untuk aplikasi AdAway-nya itu sendiri, kamu bisa mengunduhnya secara gratis.

Akan tetapi ketika kamu membuka aplikasi, maka kamu bisa menemukan opsi ‘donasi’ jika ada pengguna yang bersedia untuk menyumbang.

2. Adblock Plus

Aplikasi pemblokir iklan terbaik selanjutnya adalah Adblock Plus, yang merupakan salah satu aplikasi populer yang mungkin sudah diketahui pula oleh banyak orang.

Adblock Plus dapat bekerja, baik itu pada perangkat yang telah di-root maupun yang belum di-root.

Meski begitu, untuk pengguna yang belum melakukan proses rooting, maka akan berhadapan dengan langkah-langkah yang lebih banyak untuk dilakukan.

Aplikasi pemblokir iklan terbaik satu ini bekerja dengan cara menyaring web traffic, sama seperti ekstensi web browser-nya.

Sedangkan untuk penggunaannya itu sendiri, kamu hanya perlu mengunduhnya melalui Play Store maupun App Store.

Kemudian, buka aplikasinya tersebut dan atur sistem pengaturan sesuai kebutuhan dan keperluan. Jika sudah disesuaikan, maka secara otomatis Adblock Plus akan mulai bekerja.

3. AdClear

Aplikasi pemblokir iklan terbaik selanjutnya adalah AdClear. Dikembangkan oleh XDA Developer, aplikasi ini bahkan dapat bekerja di dalam perangkat non-root lho.

AdClear dapat menciptakan VPN untuk menyaring iklan yang masuk, yang membuat iklan-iklan tersebut tidak akan pernah sampai ke web atau aplikasi yang sedang kamu gunakan.

Tak hanya itu, aplikasi pemblokir iklan terbaik satu ini juga dapat menyaring iklan yang terenkripsi.

AdClear mampu bekerja dengan baik melalui koneksi Wifi ataupun data seluler, sehingga kamu tak perlu khawatir lagi dengan iklan yang mengganggu, karena berbagai jenis iklan akan secara otomatis terblokir di aplikasi.

4. AdGuard

AdGuard juga merupakan salah satu aplikasi pemblokir iklan terbaik yang patut kamu coba. Memiliki cara kerja yang sama dengan Adblock Plus, aplikasi ini akan berjalan sebagai layanan di latar belakang dan mampu menyaring lalu lintas situs web dengan cukup baik.

Aplikasi ini juga bisa digunakan di perangkat non-root, akan tetapi dengan beberapa pengaturan ekstra yang harus dilakukan.

Sama halnya seperti aplikasi penghemat kuota, AdGuard juga akan menampilkan tab web traffic, yang bernama GlassWire.

Tak hanya itu, UI yang dibawa oleh AdGuard juga terbilang cukup sederhana namun tetap enak untuk dipandang.

Walaupun dapat digunakan secara gratis, namun terdapat pula versi premiumnya, untuk kamu yang ingin menikmati fitur yang ada dengan lebih lengkap.

5. Unicorn Blocker

Aplikasi pemblokir iklan terbaik selanjutnya adalah Unicorn Blocker, yang tidak hanya mampu menghilangkan iklan-iklan yang kerap mengganggu, akan tetapi juga mencegah munculnya iklan pop-up yang terkadang membuat kesal

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bahkan bisa menghemat kuota hingga mencapai 50 persen lho, serta mampu berselancar di internet tiga kali lebih cepat dari biasanya.

Ketika iklan sudah tak lagi muncul, maka baterai pun menjadi lebih hemat hingga 21 persen, yang sekaligus membuat aplikasi ini membantu kamu untuk lebih menghemat baterai ponsel.

Perlu diketahui bahwa aplikasi pemblokir iklan terbaik satu ini dapat memblokir hingga lebih dari 1.000 situs iklan lho, mulai dari komunitas, media, hingga blog.

Meski begitu, patut diketahui pula bahwa aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk browser, seperti Samsung Internet dan Yandex Browser.

6. Block This

Block This mungkin merupakan salah satu aplikasi pemblokir iklan terbaik yang belum sepopuler aplikasi-aplikasi yang telah kita sebutkan sebelumnya.

Akan tetapi, fungsinya tak kalah bagusnya lho. Aplikasi ini memiliki cara kerja yang serupa dengan VPN, yang juga telah digunakan oleh Adblock Plus dan AdGuard.

Namun, Block This menggunakan DNS Blocking yang diklaim justru dapat menguras lebih banyak baterai dibandingkan biasanya, karena sebagian aktivitas dilakukan sebelum iklan dapat mencapai perangkat pengguna.

Untuk saat ini, Block This hanya bisa digunakan melalui smartphone berbasis Android saja. Jika kamu merupakan pengguna Android, kamu bisa mengunduhnya melalui Play Store secara gratis.

7. AdBlocker Ultimate Browser

Nah, aplikasi pemblokir iklan terbaik yang terakhir akan kita bahas adalah AdBlocker Ultimate Browser, yang sesuai dengan namanya, aplikasi ini memang lebih terfokus pada browser.

Sehingga, bagi kamu yang lebih senang berselancar menggunakan browser seperti Google Chrome, aplikasi pemblokir iklan terbaik satu ini patut untuk dipertimbangkan.

Selain dapat menghalangi berbagai jenis iklan untuk masuk, AdBlocker Ultimate Browser juga bisa memblokir tracker, malware, dan situs-situs yang berpotensi phising lainnya lho.

Bersifat gratis, AdBlocker Ultimate Browser setidaknya dapat menjalankan tugasnya dengan baik secara keseluruhan.

Untuk menggunakannya, kamu bisa mengunduhnya melalui extensions, bagi yang menggunakan komputer, ataupun melalui Play Store bagi yang menggunakan smartphone Android.

Jadi, itulah beberapa aplikasi pemblokir iklan terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan. Walaupun sebagian besar aplikasi ini dapat digunakan secara gratis, namun ada pula beberapa aplikasi yang mengharuskan untuk membayar sejumlah uang, agar kamu bisa menikmati fitur yang ada secara lengkap.

(Baca Juga: 7 VPN Gratis Terbaik)

Nah, jika kamu merupakan salah satu yang sering kesal dengan iklan dan tidak ragu untuk mengeluarkan sedikit uang untuk berlangganan, kartu kredit merupakan barang yang wajib untuk dimiliki.

Sebab, menggunakan kartu kredit, seluruh transaksi yang dilakukan melalui smartphone menjadi jauh lebih cepat dan mudah, termasuk berlangganan aplikasi.

Ditambah lagi, tak jarang pula banyak aplikasi pemblokir iklan terbaik yang menawarkan potongan harga bagi para pengguna kartu kredit lho, sehingga membuat transaksi kamu menjadi lebih hemat.

Lantas, bagaimana jika belum memiliki kartu kredit? Segera ajukan saja di CekAja.com! Di sini, kamu bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis kartu kredit manakah yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup.

Tak hanya itu, seluruh proses pengajuan juga dapat dilakukan secara online lho, dimanapun dan kapanpun, yang membuat kamu tak perlu repot lagi untuk meluangkan waktu ke luar rumah.

Ingin menikmati fitur aplikasi pemblokir iklan terbaik secara lengkap? Ajukan dulu kartu kredit pilihanmu hanya di CekAja.com!

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha