7 Arti Mimpi Bertemu Orang yang Sudah Meninggal, Benarkah Hanya Rindu?

6 min. membaca Oleh Ayunindya Annistri on

Arti mimpi bertemu orang yang sudah meninggal, bisa diartikan sebagai bentuk perasaan rindu terhadap orang tersebut.  Tidak cuma itu saja, dari berbagai sumber yang telah dirangkum oleh CekAja, berikut ini arti mimpi jika kamu bertemu orang yang sudah meninggal.

7 Arti Mimpi Bertemu Orang yang Sudah Meninggal, Benarkah Hanya Rindu?

Benarkah Mimpi Hanya Bunga Tidur?

Sebelum membahas arti mimpi bertemu orang yang sudah meninggal, mari simak dulu sekilas informasi tetang mimpi itu sendiri. Pasalnya, masih banyak yang beranggapan, bahwa mimpi hanya bunga tidur saja.

Namun, beberapa teori mengatakan kalau mimpi hanyalah sekumpulan kejadian tak masuk akal ketika tubuh sedang beristirahat. Namun sebagian teori lainnya mengatakan, jika mimpi berkaitan erat dengan pikiran dan emosi yang tengah dirasakan oleh si pemimpi.

Dua teori itu sebetulnya memang ada benarnya juga, terlebih jika kita pikirkan kembali secara logika. Karena terkadang, kamu pasti pernah mengalami mimpi yang sangat tidak nyata, seperti bisa terbang, mimpi bertemu artis, hingga mimpi yang terasa amat nyata salah satunya, yaitu mimpi bertemu orang yang sudah meninggal.

Mimpi bertemu kembali orang yang sudah meninggal memang sering kali dialami oleh banyak orang dan tak jarang menimbulkan tanda tanya besar mengenai arti mimpi tersebut.

Biasanya mimpi ini menghampiri mereka yang punya koneksi atau ikatan batin dengan orang yang sudah meninggal tersebut, entah sebagai anak, pasangan hidup, teman, atau cucu.

(Baca Juga: Ini 11 Arti Mimpi Menikah)

Arti Mimpi Bertemu Orang yang Sudah Meninggal

Apakah kamu juga pernah mengalami mimpi serupa? Kalau iya, pasti kamu bertanya-tanya bukan mengenai arti mimpi bertemu orang yang sudah meninggal tersebut? Nah, untuk menjawabnya kamu bisa langsung simak artikel CekAja berikut ini.

1. Rindu terhadap sosok tersebut

Jarak terjauh dari menahan rindu tentu saja kematian. Karena hal ini kamu tidak akan lagi bisa melihat sosoknya yang mungkin selalu menemani 24 jam penuh setiap harinya.

Nah ketika kematian terjadi, kamu hanya bisa berharap untuk melihatnya kembali lewat mimpi. Itulah kenapa banyak yang beranggapan jika arti mimpi bertemu orang yang sudah meninggal adalah karena kamu merindukan dirinya.

Mimpi seperti ini bisa saja terjadi jika pikiran selalu dipenuhi dengan kenangan tentang orang yang sudah meninggal tersebut. Alhasil, otak menyimpan ingatan ini terus-menerus dan membawanya ke dalam mimpi.

2. Ada pesan yang belum tersampaikan

Tidak hanya dianggap sebagai bentuk rasa kerinduan saja, ada pula yang beranggapan jika arti mimpi bertemu orang yang sudah meninggal adalah karena orang tersebut masih ingin menyampaikan pesan kepada kerabat yang ditinggalkannya.

Karena seperti yang kita tahu, kematian itu datang secara tiba-tiba tanpa ada satu manusiapun yang sadar kapan ajalnya menjemput.

Apabila kematian yang dialami terasa sangat mendadak, bisa jadi dia masih membawa rasa penyesalan akibat tidak sempat mengucapkan pesan terakhirnya.

Jadi, kalau kamu bermimpi seperti ini, cobalah untuk lebih peka dan memperhatikan sekiranya ada pesan yang ingin disampaikan oleh orang tersebut di dalam mimpimu.

3. Ada rasa penyesalan

Ada pepatah yang mengatakan jika manusia hanya bisa benar-benar bersedih ketika kehilangan sosok yang begitu dekat dengannya. Hal ini memang ada benarnya, apalagi jika kamu mengalaminya sendiri.

Ketika orang terdekat meninggalkan kita, tak jarang timbul rasa penyesalan pada diri sendiri karena semasa hidupnya mungkin kita jarang sekali menyempatkan waktu kepada almarhum. Atau mungkin kamu pernah berbuat salah hingga membuat hubungan kalian renggang.

Kalau kejadiannya seperti ini, berarti enggak perlu lagi kamu bertanya akan arti mimpi bertemu orang yang sudah meninggal tersebut. Sebaliknya berikanlah dia doa terbaik agar tenang di alam kubur dan kamu pun pelan-pelan akan ikhlas, serta terbebas dari rasa bersalah yang menghantui.

4. Meminta kiriman doa

Arti mimpi bertemu orang yang sudah meninggal berikutnya adalah karena almarhum ingin dikirimi doa oleh orang terdekatnya. Dalam Islam, salah satu perkara yang membuat seseorang dapat menikmati alam akhirat setelah dia tak lagi berada di dunia adalah doa, terutama doa anak shaleh kepada orang tuanya.

Hal ini menjadi bukti bahwa sang anak telah berbakti kepada orang tuanya meski kini telah dipisahkan oleh alam yang berbeda.

Perkara ini pula juga dijelaskan dalam Hadits riawayat Imam Muslim dari Abu Hurairah, yang mana Rasulullah SAW bersabda, “Jika seorang anak Adam meninggal dunia, maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga perkara, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shaleh yang mendoakannya”.

Oleh karena itu, teruslah mendoakan orang tua atau mungkin kerabat terdekatmu meskipun ia telah meninggal dunia, sehingga segala urusannya menuju ke alam akhirat akan menjadi lebih mudah.

5. Pertanda bakal mendapat pertolongan

Kelima, arti mimpi bertemu orang yang sudah meninggal adalah sebagai pertanda jika orang yang memimpikannya bakal segera mendapat pertolongan.

Soalnya orang-orang yang biasa bermimpi seperti ini, dianggap memiliki banyak permasalahan hidup yang tak kunjung usai. Tidak seperti jiwa-jiwa yang telah meninggal dan terbebas dari beban duniawi.

Meskipun masih dianggap sebagai mitos, namun enggak sedikit orang-orang yang percaya akan arti mimpi bertemu orang yang sudah meninggal ini.

Jika kamu mengalami hal serupa, ada baiknya memang untuk tidak langsung mempercayainya, dan tetaplah berserah diri kepada Tuhan, sembari meminta pertolongan agar dimudahkan selalu untuk menghadapi berbagai tantangan dalam hidup.

Soalnya tidak ada usaha yang akan sia-sia selama kamu berjuang hingga titik akhir dan yakin akan kuasa dari Tuhan.

6. Sebagai pertanda buruk

Tidak hanya berdampak positif, arti mimpi bertemu orang yang sudah meninggal juga bisa dianggap mendatangkan hal-hal buruk kepada orang yang memimpikannya.

Menurut primbon Jawa, arti mimpi ini berarti apapun usaha yang dicoba oleh orang yang memimpikannya tersebut tidak akan pernah berhasil alias sia-sia saja.

Akan tetapi hal ini sebetulnya kembali lagi pada pribadi masing-masing, seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya. Jika kamu percaya diri dan punya sifat optimis yang tinggi, maka enggak ada salahnya untuk gagal kemudian bangkit kembali mencoba lho.

Ingatlah, dari seluruh kegagalan tersebut kamu pasti bakal meraih impianmu karena sudah memahami celah dari kesalahan-kesalahan yang terjadi itu.

Sehingga saat kamu mencoba kembali, peluang untuk lebih sukses bakal lebih besar dan risiko kegagalan bakal cepat diminamilisir oleh dirimu sendiri.

Sebaliknya, arti mimpi bertemu orang yang sudah meninggal tersebut bisa jadi benar jika kepribadian yang dimiliki jauh dari kata baik. Maksudnya, mungkin kamu senang berbohong, mencuri, atau bahkan mematikan usaha orang lain dengan cara menyebarkan fitnah.

(Baca Juga: 15 Arti Mimpi Paling Sering Dialami)

7. Berumur panjang

Terakhir, arti mimpi bertemu orang yang sudah meninggal adalah kamu akan berumur panjang. Hal ini mungkin menjadi salah satu dambaan banyak orang.

Karena dengan berumur panjang kita bisa meraih apapun keinginan yang belum tercapai dan besar kemungkinannya untuk tetap hidup bahagia.

Namun bukan berarti kamu bisa langsung menafsirkannya begitu saja ya. Karena arti mimpi bertemu orang yang sudah meninggal ini bisa jadi hanya mitos belaka.

Justru sebaliknya tetaplah bekerja keras dan perjuangkan apapun hal yang bisa membuat kamu bahagia. Karena kebahagiaan adalah kunci untuk membuat hidup menjadi lebih terasa menyenangkan dan terbebas dari rasa sedih yang berlarut-larut.

Ingat, jangan pernah membandingkan hidupmu dengan orang lain karena hal ini justru akan membuat kamu makin tertekan dalam menjalani kehidupan.

Selain itu, jangan pernah juga menggantungkan kebahagiaanmu pada orang lain sebab yang tahu takaran kebahagiaan sendiri adalah dirimu.

Selain Memiliki Arti, Mimpi juga Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatan

Itu tadi pembahasan mengenai arti mimpi bertemu orang yang sudah meninggal. Tahu enggak sih, ternyata apapun mimpi yang kamu alami bisa jadi pertanda kesehatanmu lho.

Mengalami mimpi aneh atau mimpi buruk faktanya berkaitan erat dengan kesehatan. Nah, seperti yang dihimpun dari banyak sumber, ini dia beberapa masalah kesehatan yang timbul saat bermimpi buruk:

  • Mimpi buruk menandakan gangguan jantung.
  • Mimpi buruk atau mengalami banyak mimpi tak biasa dalam kondisi haid bisa jadi karena mengalami kram atau kembung pada bagian perut.
  • Mimpi diserang orang lain bisa jadi penanda terkena penyakit parkinson.
  • Mimpi berteriak atau menangis menandakan penyakit neurodegeneratif.
  • Mimpi terbangun bisa jadi tanda obesitas dan depresi.

Nah kalau kamu mengalami beberapa mimpi di atas secara terus-menerus, segeralah konsultasi ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Apabila ternyata ditemukan adanya risiko penyakit berbahaya, maka selain mendapat penanganan dari ahlinya, kamu juga bisa melengkapi diri sendiri dengan proteksi tambahan dari asuransi kesehatan CekAja.com.

Lewat asuransi kesehatan, kamu bisa mendapatkan perlindungan untuk rawat jalan maupun rawat inap di berbagai jaringan rumah sakit yang telah bekerja sama dengan produk asuransi ini.

Beberapa produk asuransi kesehatan yang dimiliki oleh CekAja.com, yaitu Asuransi Cigna, PFI Mega Life, dan Asuransi Ciputra Life. Ketiganya sudah dilengkapi dengan perlindungan menyeluruh serta bantuan klaim cepat.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa langsung akses laman utama CekAja.com dan dapatkan penawaran premi setahun hemat 2 bulan.

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri