7 Bidang Kerja Sama Indonesia dan China, Apa Saja?

3 min. membaca Oleh CekAja on

Indonesia punya kekayaan alam yang melimpah. Tak heran bila negeri ini dulu pernah menjadi diperebutkan kekuasaannya dari bangsa asing. Di masa kini, potensi yang melimpah tersebut  bisa dimanfaatkan secara maksimal dalam bentuk investasi, lewat kerja sama dengan negara luar, salah satunya China. Apa saja bentuk kerja sama Indonesia dan China?

kerja sama indonesia dan china

Hingga kini, sudah ada beberapa perjanjian kerjasama yang dilakukan oleh Indonesia dan China.  Penandatanganan nota kesepahaman bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) tersebut dilaksanakan di Great Hall of The People, disaksikan pula oleh Presiden Joko Widodo Jokowi dan Presiden Xi Jinping, Kamis (26/3/2015) lalu.

Terdapat 8 MoU kerja sama Indonesia dan China yang telah ditandatangani. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Kerja sama ekonomi 

Pertama tentunya kerja sama di bidang ekonomi antara Kemenko Perekonomian RI dan Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional RRT. Dengan adanya MoU ini,  Indonesia dan China berkomitmen untuk saling memajukan perkonomian antar dua negara. Salah satunya adalah pengusaha asal China  bisa berinvestasi di sektor infrastruktur yang ada di Indonesia. Semisal  bandara, pelabuhan, dan pembangkit listrik. Nantinya, hal tersebut bisa memberikan manfaat bagi perdamaian, stabilitas, dan kesejahteraan dunia yang didasarkan kepada hukum dan norma-norma internasional.

Selai itu, Indonesia juga bisa meningkatkan produksi ekspor ke China. Contohnya adalah ekspor minyak kelapa sawit dengan jumlah minimal 500.000 ton ke China, dari volume sebelumnya yang hanya 2 juta ton minyak kelapa sawit.

2. Pembangunan Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung 

Seperti yang diketahui, Negeri Tirai Bambu tersebut punya keunggulan di bidang transportasi. Hal ini dibuktikan dengan dibangunnya kereta cepat terbanyak dan terpanjang di dunia. Oleh karena itu, impian adanya kereta cepat Jakarta-Bandung atau sebaliknya, bisa direalisasikan lewat  kerja sama yang digawangi oleh Kementerian BUMN dan Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional RRT.

3. Kerjasama maritim dan SAR 

Mengingat sebagian besar wilayah Indonesia merupakan lautan, maka dengan kerja sama di bidang maritim ini, besar harapan bisa membantu Indonesia dalam menangani permasalahan di perairan. Pemerintah China melalui Kementerian Transportasi RRT juga bisa bersama-sama untuk membantu tugas SAR dan Basarnas Indonesia dalam penanggulangan bencana.

(Baca Juga: Fakta-Fakta di Balik Evakuasi WNI dari Wuhan)

4.  Pencegahan Pengenaan Pajak Ganda

Double taxation atau pajak ganda sering terjadi dalam bidang ekspor impor, karena adanya perbedaan asas pengenaan pajak antara dua negara tertentu. Perusahaan ataupun individu pun mempunyai resiko dikenai pajak dua kali lipat atau ganda akibat perbedaan asas perpajakan tersebut. Sehingga, MoU ini mengatur protokol yang terjadi ketika barang tersebut terkena pajak.

5.  Kerja Sama Antariksa 2015-2020

Lalu, ada juga kerja sama antariksa yang telah disepakati selama periode 2015-2020. Dengan adanya nota kesepakatan untuk hal ini, maka Indonesia nantinya bisa menerbangkan roket menuju antariksa. Namun, rencana tersebut kerap berbenturan dengan aturan, apakah penerbangan roket itu untuk kepentingan militer, penelitian, atau kepentingan lain. Karena itu, MoU inilah yang akan mengaturnya bersama Lapan dan Lembaga Antariksa RRT.

6. Kerja sama BUMN dan Bank Pembangunan China

Lewat MoU ini,  kedua negara juga sepakat untuk melakukan hubungan bilateral dalam meningkatkan kinerja yang sifatnya BUMN ke BUMN. Dengan demikian,  Indonesia bisa dijadikan basis produksi perusahaan-perusahaan China. Sehingga melalui kerja sama itu pula, keduanya dapat memasok kebutuhan industri di Asia Tenggara.

7.  Kerja sama industri dan infrastruktur 

Terakhir, melakukan pembangunan infrastruktur antara Kementerian BUMN,  Komisi Reformasi, dan Pembangunan Nasional RRT. Salah satunya adalah Pemerintah Indonesia memastikan adanya kerja sama dengan China dalam program Belt Road Initiative (BRI) yang akan saling menguntungkan. 

Eits, jangan langsung berpikiran negatif mendengar kerja sama Indonesia dan China ini. Tujuannya baik, kok antara lain agar kedua negara saling bergantungan baik dari segi ekonomi, politik, sosial, budaya, transportasi, telekomunikasi, dan lain-lain.

Punya urusan bisnis ke luar negeri yang cukup sering seperti kesibukan pemerintah Indonesia? Pastikan dirimu selalu terlindungi oleh asuransi perjalanan. Apply sekarang juga hanya di CekAja.com.

(Baca Juga: Mengintip Matahari KW Buatan China)

Tentang kami

CekAja

CekAja