Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

7 Buah Ini Bermanfaat untuk Menurunkan Tingkat Kolesterol

by Rafly Aditia on 12 September, 2016

Di momen idul adha seperti ini, sering kali orang jatuh sakit akibat kolesterol yang naik. Apalagi penyebabnya kalau bukan berlebihan mengonsumsi daging kambing. Namun, kamu sebenarnya tidak perlu takut menyantap menu daging selama Idul Adha.

Asalkan kamu mengimbangi asupan daging dengan mengonsumsi buah yang memerangi kolesterol. Berikut 7 buah yang bermanfaat untuk  menurunkan kolesterol:

Delima

Buah delima terkenal memiliki kandungan yang dapat meningkatkan produksi oksida nitrat. Karena itulah buah delima dapat mengurangi jumlah plak yang ada dalam pembuluh darah sehingga dapat menurunkan tingkat kolesterol dalam darah. (Baca juga: Hati-hati di Usia 40 Tahun, Kamu Bakal Pensiun Miskin Kalau Belum Sadar 5 Hal Ini)

Mangga

Dengan kandungan vitamin C yang tinggi, mangga bisa menurunkan kolesterol lho. Mengapa demikian? Karena vitamin c dapat mencegah  terjadinya penimbunan kolesterol di dalam darah.

Anggur

Buah yang satu ini sering dijadikan menu pencuci mulut. Rasa asam-manis serta tekstur yang renyah membuat anggur jadi buah favorit banyak orang. Selain itu anggur juga banyak memiliki manfaat kesehatan.

Senyawa flavonoid dalam anggur, misalnya,  berguna mencegah penggumpalan darah dan masuknya radikal bebas sehingga menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh.

Alpukat

Buat kamu yang sedang diet alpukat adalah buah yang paling tepat untuk dikonsumsi. Alasannya,  alpukat memiliki zat anti oksidan yang meningkatkan  kadar lemak tidak jenuh sehingga dapat menekan pertumbuhan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Jambu merah

Kandungan likopen dalam jambu merah memiliki berbagai macam manfaat. Salah satunya mengendalikan produksi kolesterol. Dengan mengonsumsi banyak jambu merah, kadar kolesterol dalam tubuh akan lebih terkontrol.

Apel

Buah apel adalah salah satu buah yang paling banyak manfaatnya. Bahkan, buah apel juga bermanfaatkan untuk memerangi kolesterol jahat. Dengan kandungan beta-glucan,  buah apel bisa membantu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. (Baca juga: Mau Anak Kamu Jadi Atlet Sukses? Ajarkan Olahraga Ini Sejak Dini)

Stroberi

Kandungan antioksidan pada buah stroberi dapat mencegah lemak jahat untuk menumpuk di dalam darah. Mumpung sedang banyak menu berbahan daging,  jus stroberi bisa jadi pilihan minuman yang pas untuk menemani santap bersama keluarga.

Lindungi diri kamu dan keluarga dengan asuransi kesehatan. Dapatkan produk asuransi kesehatan terbaik di sini

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami