7 Camilan Favorit Orang Indonesia Sebagai Peneman Waktu Senggang

6 min membaca Oleh Kyla Damasha on

Jika berbicara tentang camilan favorit orang Indonesia, sepertinya memang tak ada habisnya. Sebab, camilan di Indonesia itu sendiri sangatlah banyak yang beraneka ragam, mulai dari makanan ringan yang dijual di supermarket, jajanan pasar, hingga pedagang kaki lima.

Jika kita membahas semuanya, mungkin artikel ini akan menjadi sangat panjang. Oleh karena itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa camilan favorit orang Indonesia yang sering kali menjadi peneman di waktu senggang. Penasaran apa sajakah itu? Yuk disimak bersama-sama!

Camilan Favorit Orang Indonesia

Begitu banyaknya jenis-jenis camilan yang ada saat ini, maka kali ini kita akan merangkum beberapa camilan favorit orang Indonesia yang dilansir dari berbagai sumber, yaitu adalah:

1. Pisang, Ubi, dan Singkong

Camilan favorit orang Indonesia yang pertama adalah sebangsa gorengan seperti pisang, ubi, dan singkong.

Indonesia sebagai negara tropis memang diberkahi dengan keragaman hayati yang melimpah.

Nah, hal inilah juga yang membuat masyarakat Indonesia diberi kemudahan untuk mencari buah dan sayuran yang bisa dijadikan sebagai makanan, baik itu untuk menu pokok maupun sebagai camilan.

(Baca Juga: 10 Jenis Kue Basah Tradisional Indonesia)

Dilansir dari CNN Indonesia, sekitar 11 persen masyarakat Indonesia memilih hasil kebun sebagai camilan favoritnya, seperti pisang, ubi, dan singkong.

Ketiga bahan ini bahkan bukan hanya dijadikan sebagai camilan rumahan saja, melainkan juga sebagai peluang usaha yang menjanjikan.

Oleh karena itu, kamu bisa menemukan ketiga jenis camilan favorit orang Indonesia ini ketika sedang berada di daerah manapun, baik itu di pedagang kaki lima hingga di restoran besar sekalipun.

2. Lemper

Masih membahas seputar camilan favorit orang Indonesia untuk jajanan tradisional, selanjutnya adalah lemper, yang menjadikan beras ketan sebagai bahan utama pembuatannya.

Berisi daging ayam cincang atau abon, saat ini lemper bahkan sudah banyak dijual oleh pedagang kue keliling hingga ke toko roti besar, sehingga bisa dengan mudahnya kita temukan sebagai peneman di waktu senggang.

Tak hanya itu, hingga kini pun lemper masih menjadi salah satu camilan favorit orang Indonesia yang seringkali disajikan ketika sedang mengadakan acara keluarga, pesta pernikahan, atau acara formal lainnya.

3. Onde-onde

Camilan favorit orang Indonesia selanjutnya adalah onde-onde dengan ciri khas bentuknya yang bulat dan dibalur oleh biji wijen di bagian luarnya.

Menggunakan tepung ketan sebagai bahan utamanya, umumnya onde-onde berisikan kacang hijau yang membuat cita rasanya menjadi semakin lezat dan gurih.

Setelah adonan dibentuk menjadi bulat dan telah diisi dengan adonan kacang hijau, maka selanjutnya onde-onde sudah siap digoreng dengan menggunakan minyak yang begitu panas.

Dengan tekstur yang begitu renyah dan cita rasa yang gurih dan nikmat, onde-onde seringkali menjadi peneman minum teh maupun sebagai mengisi perut ketika sedang berada di perjalanan.

Sama halnya dengan lemper, camilan favorit orang Indonesia satu ini juga seringkali disajikan untuk berbagai acara.

4. Klepon

Camilan favorit orang Indonesia selanjutnya adalah klepon, yang identik dengan jajanan tradisional yang bisa kamu jumpai di pasar dengan begitu mudahnya.

Klepon terbuat dari tepung ketan yang dibentuk menjadi bulat dan diisi dengan gula merah. Kemudian, adonan yang sudah jadi akan direbus hingga matang secara sempurna dan siap santap.

Disaat penyajian, klepon yang sudah matang akan ditaburi dengan parutan kelapa, yang membuat cita rasanya menjadi lebih nikmat dan lezat.

Meskipun jarang acara-acara formal yang menyajikan klepon sebagai salah satu menu nya, akan tetapi camilan favorit orang Indonesia satu ini seringkali disajikan di acara-acara kecil dan di pasar swalayan maupun pasar tradisional.

Klepon sangat cocok dijadikan sebagai peneman minum teh atau kopi yang turut disertai dengan kue-kue kecil lainnya ketika menonton TV.

Begitu populernya makanan berwarna hijau ini di kalangan masyarakat Indonesia, membuat banyak pelaku usaha turut memanfaatkannya sebagai peluang usaha yang cukup menjanjikan.

5. Biskuit Manis

Setelah membahas tentang camilan favorit orang Indonesia dalam hal jajanan tradisionalnya, sekarang kita beralih ke camilan modern, yang seringkali kamu temui di pusat perbelanjaan, baik itu di minimarket maupun supermarket besar.

Pertama ada biskuit manis yang biasa dijadikan pilihan orang Indonesia sebagai camilan peneman waktu senggang.

Camilan yang memiliki rasa manis umumnya digemari oleh orang dari beragam usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sekalipun.

Beberapa merk biskuit manis yang paling sering menjadi camilan favorit orang Indonesia di antara seperti:

  • Biskuit Gery Saluut Malkist

Hadir dengan berbagai varian rasa, Biskuit Gery Saluut Malkist berhasil menggabungkan kerenyahan crackers, taburan gula, dan balutan perasa yang nikmat.

Nah, di antara berbagai varian rasa yang ada, salah satunya yang paling populer adalah rasa keju, yang turut digemari oleh semua kalangan.

Tak hanya rasanya yang lezat, biskuit Gery Saluut Malkist bahkan turut menghadirkan kemasan dalam bentuk kecil lho, sehingga sangat cocok dibawa ketika traveling atau ketika tengah berada di perjalanan.

  • Biskuit Nissin Wafers

Biskuit manis lainnya yang menjadi camilan favorit orang Indonesia adalah Biskuit Nissin Wafers.

Dengan crackers yang begitu renyah, Nissin Wafers hadir dengan berbagai varian rasa yang bisa disesuaikan dengan selera kamu, seperti coklat, tiramisu, hingga stroberi.

Sama halnya seperti Biskuit Gery Saluut Malkist, Nissin Wafers juga hadir dalam kemasan kecil dan ekonomis.

Hanya saja, jenis kemasan satu ini umumnya hanya bisa kamu jumpai di warung, pedagang kaki lima, atau di supermarket yang jual barang-barang grosir.

  • Biskuit Oreo

Siapa sih yang tak kenal Oreo? Biskuit satu ini bahkan sudah begitu terkenal hingga ke mancanegara lho, tak terkecuali di kalangan masyarakat Indonesia.

Tidak hanya dimakan begitu saja, Oreo juga sangat cocok dijadikan sebagai pendamping berbagai jenis makanan manis, mulai dari es krim, coklat, pancake, tart, hingga minuman.

Di Indonesia itu sendiri, Oreo hadir dengan berbagai varian rasa, mulai dari rasa vanilla yang merupakan versi originalnya, coklat, stroberi, dan masih banyak lagi.

6. Biskuit Gurih

Camilan favorit orang Indonesia selanjutnya adalah biskuit gurih, yang seringkali dijadikan pilihan bagi orang-orang yang tidak terlalu gemar dengan makanan manis.

Dilansir dari CNN Indonesia, sekitar 8 persen masyarakat Indonesia memilih biskuit gurih sebagai salah satu camilan favoritnya.

Beberapa merk biskuit gurih yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia di antaranya adalah:

  • Biskuit Khong Guan

Pertama ada biskuit Khong Guan yang biasanya hadir dalam bentuk satu toples besar yang berisikan berbagai jenis biskuit dan rasa yang berbeda-beda, mulai dari yang manis hingga gurih semuanya bisa kamu temukan.

Di dalam satu kemasan kamu bisa menikmati biskuit dengan jenis krim sandwich, kepingan biskuit tanpa krim, wafer, hingga cracker.

Dengan ini, kamu bisa memilih biskuit yang ingin dimakan sesuai dengan selera dan kegemaran. Umumnya, biskuit ini seringkali disajikan ketika acara-acara kecil yang lebih bersifat kekeluargaan, seperti perayaan lebaran atau natal.

Sebab, kemasannya yang hadir dalam bentuk kaleng begitu cocok jika disantai secara beramai-ramai.

  • Biskuit Ritz

Selanjutnya ada Biskuit Ritz yang juga menjadi salah satu camilan favorit orang Indonesia. Dengan rasa cracker yang gurih dan asin yang disertai dengan lapisan keju yang tebal membuatnya sangat cocok sebagai pendamping minum teh dan kopi di sore hari.

Ritz menyediakan kemasan ukuran yang berbeda-beda, sehingga bisa disesuaikan pula dengan kebutuhan.

Sebagai contoh, terdapat ukuran besar yang bisa disajikan ketika sedang ada acara keluarga, ukuran sedang untuk dikonsumsi pribadi, dan ukuran kecil yang bisa dibawa ketika tengah bepergian atau traveling.

7. Es Krim

Camilan favorit orang Indonesia yang terakhir dan tak boleh dilewatkan adalah, es krim, yang tentunya juga menjadi kegemaran hampir seluruh kalangan masyarakat.

Khususnya di negara Indonesia yang cenderung memiliki cuaca panas, mengkonsumsi camilan menyegarkan seperti es krim seringkali menjadi pilihan banyak orang.

Dilansir dari CNN Indonesia, terdapat sekitar 5 persen masyarakat Indonesia yang menyebutkan es krim sebagai salah satu camilan favoritnya.

Jenis es krim yang digemari pun juga beragam, mulai dari es krim modern yang banyak kita jumpai di pasar swalayan hingga es krim tradisional, seperti es puter, es campur, dan es teler.

(Baca Juga: 7 Resep Camilan Mudah)

Jadi, itulah beberapa camilan favorit orang Indonesia. Adakah yang menjadi favoritmu? Ketika diharuskan berdiam diri di rumah selama pandemi, terkadang hal tersebut membuat kita menjadi ‘mati gaya’, alias tidak tahu harus melakukan apa.

Nah, dari pada bingung, mending manfaatkan saja kartu kredit untuk berbelanja camilan favorit di e-commerce terbaik.

Mengapa harus kartu kredit? Sebab, hadirnya kartu kredit justru bisa membuatmu lebih hemat dalam berbelanja. Jadi, kamu bisa dengan puas membeli seluruh camilan favorit untuk di rumah sembari tetap berhemat. Lumayan banget kan!

Belum punya kartu kredit? Jangan khawatir, segera ajukan saja di CekAja.com. Dengan seluruh proses pengajuan yang dapat dilakukan secara online, di CekAja.com kamu bahkan bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis-jenis kartu kredit yang paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup lho.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan kartu kredit terbaik hanya di CekAja.com dan nikmatilah segudang manfaatnya!

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha