Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

7 Cara Agar Kamu Bisa Jadi Pengusaha Tahun Depan

by Tisyrin N. T on 5 Desember, 2016

Apakah kamu sudah merancang resolusi finansial tahun depan? Bila resolusimu tahun depan adalah menjadi seorang pengusaha, sejauh mana persiapan yang sudah kamu lakukan?

Menjadi pengusaha sukses tak semudah membalikan telapak tangan. Banyak sekali pengorbanan yang harus dilakukan oleh calon pengusaha sukses. Berikut beberapa tips yang bisa kamu praktekan untuk memudahkan jalan menjadi pengusaha tahun depan.

Tentukan jenis usaha yang kamu inginkan secara spesifik

Sudahkah kamu tahu usaha apa yang akan kamu jalankan tahun depan? Jika belum, sebaiknya kamu segera mulai mencari tahu usaha apa yang paling cocok untukmu. Apabila telah punya gambaran secara spesifik, langkahmu selanjutnya akan terasa lebih mudah, sehingga bukan tidak mungkin tahun depan kamu sudah menjalankan usahamu.

(Baca juga:  Inspirasi Bisnis Kuliner Kekinian dengan Untung Besar)

Tentukan estimasi modal yang kamu butuhkan

Setelah tahu jenis usaha secara spesifik, tentukan berapa estimasi modal yang kamu butuhkan. Tengok tabunganmu dan lihat apakah kamu punya cukup uang? Jika tidak, segera pikirkan cara dari mana kamu harus menambah modal.

Tentukan target kapan kamu mulai membuka usahamu

Agar lebih bersemangat, kamu bisa membuat target kapan tepatnya kamu sudah harus menjadi seorang pengusaha. Jika persiapanmu sudah matang, awal tahun depan kamu sudah siap menjalani perjuangan sebagai pengusaha.

Cari sumber tambahan modal

Jika ternyata tabunganmu tak cukup, cari informasi sebanyak-banyaknya tentang akses ke sumber modal lainnya. Bank misalnya, menawarkan Kredit Tanpa Agunan yang bisa kamu manfaatkan sebagai tambahan modal. Apalagi saat ini kamu bisa mengajukan KTA secara online.

Cari partner yang tepat

Partner dalam menjalani usaha akan sangat mempengaruhi kesuksesanmu. Jangan sembarang pilih orang apalagi hanya karena hubungan kekerabatan atau pertemanan.

Siapkan mental

Siapkan mental jika kamu ingin jadi pengusaha. Pengusaha pemula harus siap dengan pemasukan yang tidak jelas, kerugian, hingga kesulitan dalam menggaet pelanggan. Kalau mentalmu tidak kuat, kamu bisa-bisa berhenti di tengah jalan sebelum cita-cita jadi pengusaha sukses tercapai.

(Baca juga: Tips Manajemen Keuangan UKM Agar Terus Berkembang)

Siapkan dana darurat

Dana darurat berguna untuk menghadapui hal-hal tak terduga. Seorang pengusaha juga harus punya dana darurat, misalnya untuk mengantisipasi jika usaha mengalami rugi. Kumpulkan dahulu dana darurat sebelum memulai usaha agar keuanganmu tetap sehat nantinya.

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami