Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

7 Cara Menggapai Puncak Karier Tertinggi

by JTO on 3 September, 2015

wanita karier_ kartu kredit - CekAja.com

Perempuan pun kini bisa menjadi bos yang sukses. Kini, semakin banyak perempuan yang mengejar impian mereka di dunia professional. Ada yang ingin menjadi seperti Sheryl Sandberg, Chief Operating Officer Facebook atau Mary Barra, Chief Executive Officer General Motors. Seperti dilansir payscale.com, berikut ini beberapa hal yang harus kamu miliki untuk menjadi pemimpin sejati.

Ketahui Kemampuan Diri Sendiri

Jangan biarkan orang lain yang lebih dahulu mengetahui kekuatan dan kelemahanmu. Kamu sendiri harus mengerti kemampuan dirimu sebagai seorang individu maupun sebagai seorang profesional.

Dengan begitu, kamu dapat memiliki pijakan yang kuat saat ingin membuat keputusan saat bekerja Jangan sampai kamu justru kerap membuat keputusan tanpa dasar yang jelas yang bisa menyesatkan. Seperti yang dikatakan founder serta pembuat serial buku Chicken Soup for the Soul Mark Victor, “When your self-worth goes up, your net worth goes up with it.”

Tetapkan Standar Tinggi dan Berbanggalah

Salah satu senjata terkuat yang perlu dimiliki wanita karier adalah kepercayaan diri. Kadang kepercayaan diri ini sering disalahartikan sebagai kesombongan. Yang pasti, kepercayaan diri akan mengantarkan standar tinggi pada seseorang, baik untuk dirinya maupun untuk orang lain. Banyak wanita pekerja yang tak berani tegas karena takut menjadi bumerang, takut mendapat label “bossy.” Jika mendapat tanggapan semacam ini, bersikaplah seperti Beyonce, “I’m not bossy. I’m the boss.”

Temukan Passion-mu dan Cintai Pekerjaanmu

Karier yang baik datang dari pekerjaan yang kamu cintai. “Kamu akan selalu haus untuk belajar dan kamu akan lebih bersemangat untuk bekerja. Saat melakukan pekerjaan yang kamu cintai, kamu pun akan semakin dekat dengan nilai-nilai yang tertanam pada dirimu,” kata Blanca Juti, CMO of Rovio Entertainment. Meski sudah jatuh cinta pada pekerjaanmu, jangan juga terlalu memaksakan diri. Buatlah kesalahan agar bisa belajar untuk menjadi lebih bijaksana dan bersiap menghadapi masa depan yang lebih baik.

Percayai Instingmu

Perempuan seringkali dipercaya lebih mampu memiliki intuisi atau insting yang tepat, termasuk dalam urusan pekerjaan. “Perempuan memang lebih unggul lewat kesensitifan mereka dibanding laki-laki yang terbiasa hanya mengandalkan logika semata, bukan perasaan,” kata Judith Orloff, MD, asisten professor klinis psikiatri UCLA.

Jangan Enggan Membantu Rekanmu

Hal terbaik yang dapat dilakukan dalam pengembangan karier adalah mencari mentor hebat untuk membimbing dan mewariskan nasihat terbaik. Akan lebih baik lagi ketika hal itu bisa dilanjutkan pada orang lain. Dengan begitu kamu belajar menjadi mentor bagi orang lain. Dengan membantu orang lain, kamu sebenarnya sedang melatih dirimu sendiri untuk menjadi pemimpin yang baik.

Asah terus kemampuan Negosiasi

Ada persepsi yang menyatakan perempuan kerap membenci bahasan soal uang atau pun bernegosiasi. Dengan menguasai cara negosiasi yang tepat, sebenarnya kamu semakin mengasah kepercayaan dirimu sendiri. Sama halnya seperti para ibu-ibu yang jago menawar harga di pasar, mereka akan lebih percaya diri dalam membuat keputusan.

Rangkullah Tantangan dan Perubahan di Hadapanmu

Ada dua hal yang pasti hadir di setiap langkah menuju kesuksesan, tantangan yang tak terelakkan dan perubahan. Penting sekali untuk tidak melihat keduanya sebagai hal negatif. Karena, justru dari kedua hal ini merupakan investasi yang terbaik. Kamu akan selalu berusaha mencari cara untuk mengatasi tantangan serta beradaptasi dengan perubahan. Ini akan membuatmu semakin berpengalaman.

Temukan kartu kredit terbaik banyak diskon dan cicilan menarik di sini

 

Sumber artikel

 

 

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.