Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

7 Cara Sederhana Menghemat Energi di Kehidupan Sehari-hari

by Estrin Vanadianti Lestari on 18 November, 2019

Teknologi yang setiap hari kita temukan dan gunakan, merupakan teknologi yang digerakan oleh berbagai macam energi, untuk membantu memudahkan pekerjaan manusia. Sebut saja teknologi seperti kendaraan, peralatan elektronik rumah tangga dan sebagainya. Namun, di balik mudahnya teknologi tersebut, kita sebagai pengguna juga harus memikirkan bagaimana cara menghemat energi, demi kesehatan lingkungan dan juga tagihan bulanan.

Pasalnya, energi akan dibutuhkan sesuai dengan jumlah populasi manusia di dunia, sehingga energi seperti listrik, bahan bakar, air, hingga sumber daya alam lainnya tentu akan selalu digunakan, terutama untuk kehidupan sehari-hari, dan mungkin saja akan mengalami kondisi krisis. Namun, terkadang manusia tidak sadar dengan penggunaan energi yang berlebihan, sehingga membuat energi menjadi terbuang sia-sia bahkan bisa merusak lingkungan.

Oleh karena itu, sebagai pengguna energi di bumi, manusia harus sadar akan pentingnya menghemat energi. Ada berbagai macam cara menghemat energi yang bisa dilakukan, bahkan dengan cara yang amat sederhana. Tidak hanya itu, beragam cara menghemat energi juga bisa menghemat biaya tagihan listrik, hingga mengurangi dampak negatif dari emisi yang dihasilkan dari penggunaan energi yang berlebihan.

Tidak hanya itu, tindakan kecil dari setiap individu juga akan memperngaruhi masalah menipisnya sumber energi di bumi. Nah, untuk bisa berkontribusi mengurangi emisi, ada beberapa cara menghemat energi paling sederhana dan bijaksana, yang bisa kamu terapkan di kehidupan sehari-hari.

7 Cara Menghemat Energi Paling Sederhana dan Bijaksana

Meskipun sumber energi tidak bisa diperbaharui, jika dibandingkan dengan jumlah penggunaannya, namun kamu bisa melakukan tindakan-tindakan kecil seperti 7 cara menghemat energi paling sederhana dan bijaksana, di kehidupan sehari-hari sebagai berikut:

1. Menggunakan Lampu Hemat Energi

Cara menghemat energi yang pertama adalah kamu bisa menggunakan atau beralih ke lampu hemat energi, atau lampu LED. Pasalnya, lampu LED disebut akan lebih memberikan penerangan lebih tinggi ketimbang lampu bohlam, dan juga bisa berhemat hingga 90 persen listrik di rumah kamu.

Namun, harga lampu LED memang cenderung lebih mahal ketimbang bohlam, yakni sekitar Rp 13.500 hingga jutaan rupiah. Akan tetapi, untuk usia lampu sendiri, LED jauh lebih lama dan awet.

2. Matikan Semua Peralatan Elektronik Jika Tidak Digunakan

Cara menghemat energi selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mematikan semua peralatan elektronik, jika sudah tidak digunakan lagi. Pasalnya, peralatan eletronik yang kabelnya masih menancap meski sedang tidak digunakan, akan membuat aliran listrik tetap mengalir. Sehingga, tak hayal jika tagihan listrik kamu akan selalu melonjak setiap bulannya.

(Baca Juga: Cara Membuat KTP Anak atau Kartu Identitas Anak yang Penting Dimiliki)
3. Mendesain Rumah Dengan Ventilasi dan Penerangan Alami yang Cukup

Cara menghemat energi berikutnya adalah dengan mendesain rumah kamu, dengan ventilasi, hingga penerangan alami yang cukup. Ventilasi yang cukup, akan membuat aliran udara dari luar bisa masuk ke dalam rumah, dan akan membuat sirkulasi udara di dalam rumah menjadi baik dan bisa mengurangi penggunaan AC.

Penerangan alami yang cukup juga bisa membuat kamu, tidak memerlukan lampu pada siang hari. Kamu bisa mendesain jendela yang agak besar, di sekitar ruang tamu, kamar dan kamar mandi. Lumayan bukan, jika kamu tidak perlu lagi menyalakan lampu di siang hari, hanya karena kekurangan penerangan alami dari sinar matahari.

4. Gunakan Air Secukupnya

Cara menghemat energi ternyata juga tidak hanya soal listrik lho. Karena, air juga termasuk sumber energi yang sangat dibutuhkan bagi mahkluk hidup. Disaranakan, untuk menggunakan air secukupnya, dan jangan menggunakannya secara boros atau berlebihan.

Ingat, di daerah lain mungkin akan sulit untuk mendapatkan pasokan air bersih, sehingga kamu harus tetap menjaga sumber daya tersebut agar bisa digunakan sebagai sumber daya berkelanjutan.

5. Menggunakan Fasilitas Transportasi Umum

Cara menghemat energi berikutnya ini juga mungkin harus kamu terapkan, yakni dengan menggunakan fasilitas transportasi umum, agar kamu bisa menghemat bahan bakar, mengurangi kemacetan, dan juga mengurangi polusi. Atau, kamu juga bisa berpergian menggunakan sepeda, karena sepeda tidak menghasilkan polusi, bahkan akan membuat kamu tambah bugar dan sehat.

6. Mensosialisasikan Kegiatan-kegiatan yang Bersifat Menghemat Energi

Cara menghemat energi yang sederhana selanjutnya, kamu bisa mengajak orang lain untuk ikut berpartisipasi menghemat energi. Kamu bisa melakukan sosialisasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan hemat energi.

Pasalnya, tidak sedikit masyarakat awam yang belum mengetahui betapa pentingnya menghemat energi dan dampak yang akan terjadi, jika kamu boros dalam menggunakan energi.

Kamu bisa mensosialisasikan kegiatan hemat energi, mulai dari langkah-langkah kecil terlebih dahulu. Seperti, memberitahui perbedaan lampu LED dan bohlam, menjelaskan apa dampak yang terjadi jika kamu boros energi dan lain-lain.

7. Melakukan Penelitian Demi Mengembangkan Penemuan Energi Alternatif

Cara menghemat energi berikutnya yang mungkin bisa kamu lakukan adalah dengan mengembangkan penemuan-penemuan energi, sebagai sumber daya alternatif. Sebut saja seperti bio diesel, bio gas, penyaring air bersih siap minum dan lain-lain.

Jika kamu peduli terhadap lingkungan dan bumi, mungkin kamu yang sering atau hobi melakukan eksperimen, bisa membantu menemukan penemuan hebat untuk mengatasi masalah terkait energi.

Hemat energi, berarti kamu juga menghemat pengeluaran bulanan bukan? Untuk kamu yang malas bayar tagihan listrik ke loket-loket pembayaran listrik, kamu bisa loh membayar tagihan bulanan dengan kartu kredit. Selain mudah dan praktis, kamu juga akan mendapatkan banyak keuntungan lainnya. Yuk ajukan kartu kredit sekarang juga, hanya di CekAja!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk