Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

10 menit waktu bacaan

7 Cara Mengobati Diabetes Secara Alami, Mudah Banget!

by Kyla Damasha on 10 Juli, 2020

Cara mengobati diabetes secara alami nyatanya sangat mudah dilakukan lho. Penyakit yang menyerang siapapun tanpa pandang bulu ini memang dikenal memakan cukup banyak korban. Walaupun cenderung orang usia lanjut yang berpotensi besar mengalaminya, namun bukannya tidak mungkin anak muda turut mengalaminya.

Cara mengobati diabetes secara alami

Bahkan di Indonesia, penderita penyakit diabetes justru cenderung mengalami peningkatan dari tahun ke tahun dengan rentang usia yang cukup luas, yaitu mulai dari usia 20 hingga 79 tahun. Meskipun diabetes merupakan salah satu penyakit yang tidak bisa disembuhkan, akan tetapi kamu tetap bisa melakukan berbagai aktivitas dengan cara mengendalikan kadar gula dalam tubuh.

Nah, salah satu yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan beberapa cara mengobati diabetes secara alami. Maka dari itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara mengobati diabetes secara alami yang bahkan bisa kamu lakukan sendiri tanpa bantuan dokter. Apa sajakah itu?

Jenis-jenis Diabetes

Sebelum kita membahas tentang cara mengobati diabetes secara alami, ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu tentang jenis-jenis dari diabetes itu sendiri. Dilansir dari situs alodokter dan telah ditinjau oleh dr. Marianti, secara umum diabetes dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 1 atau yang juga dikenal sebagai diabetes autoimun biasanya terjadi karena sistem kekebalan tubuh penderita menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang bertugas dalam memproduksi insulin. Sehingga hal satu ini mengakibatkan adanya peningkatan kadar glukosa darah dan menimbulkan terjadinya kerusakan pada organ-organ tubuh.

(Baca Juga: Makanan untuk Penderita Diabetes)

Pemicu utama dari jenis diabetes ini belum diketahui secara pasti. Akan tetapi, diduga diabetes tipe 1 dipicu dari faktor genetik penderita yang juga turut dipengaruhi oleh faktor lingkungan.

Sementara itu untuk diabetes tipe 2 ini yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang. Disebabkan oleh sel-sel tubuh yang menjadi kurang sensitif terhadap insulin membuat insulin yang dihasilkan menjadi tidak dapat dipergunakan secara maksimal. Sekitar 90 – 95 persen penderita diabetes yang ada di dunia mengalami diabetes tipe ini.

Diagnosis Diabetes

Hal lainnya yang perlu kamu ketahui sebelum kita membahas tentang cara mengobati diabetes secara alami, yaitu adalah diagnosis diabetes. Pada umumnya, penyakit diabetes berkembang secara bertahap, kecuali untuk diabetes tipe 1 yang seringkali muncul secara tiba-tiba. Karena banyaknya kasus diabetes yang tidak terdiagnosa sejak dini, maka orang-orang yang dianggap berisiko terkena penyakit satu ini dianjurkan untuk menjalani pemeriksaan secara rutin.

Lalu, siapa saja yang sekiranya wajib menjalani pemeriksaan?

  • Orang yang berusia di atas 45 tahun
  • Wanita yang pernah mengalami diabetes gestasional saat hamil
  • Orang yang memiliki indeks massa tubuh (BMI) di atas 25
  • Orang yang sudah pernah didiagnosa menderita prediabetes

Sebelum kamu mulai melakukan beberapa cara mengobati diabetes secara alami, kamu diharuskan untuk melakukan tes gula darah terlebih dahulu, guna mengetahui diabetes jenis apakah yang sedang menyerang tubuhmu, apakah tipe 1 atau tipe 2.

Pada nantinya, hasil pengukuran gula darah akan menunjukan apakah kamu menderita diabetes ataukah tidak. Barulah setelah itu, dokter akan mulai merekomendasikan pasien untuk menjalani tes gula darah pada waktu dengan metode tertentu. Tes gula darah yang akan dijalani oleh pasien tersebut diantaranya adalah:

Tes Gula Darah Sewaktu

Merupakan tes yang bertujuan untuk mengukur kadar glukosa darah pada jam tertentu secara acak. Apabila hasil tes menunjukan bahwa kadar gula mencapai 200 mg/dL atau bahkan lebih, maka dapat dipastikan pasien didiagnosa menderita diabetes.

Tes Gula Darah Puasa

Sementara itu, tes gula darah puasa bertujuan untuk mengukur kadar glukosa darah pada saat pasien berpuasa. Sebelum menjalani tes, pasien akan diminta untuk berpuasa selama 8 jam terlebih dahulu. Kemudian, barulah sampel darah diambil. Apabila kadar gula menunjukan 100 – 125 mg/dL, maka pasien menderita prediabetes Sedangkan jika hasil tes menunjukan 126 mg/dL atau bahkan lebih, maka pasien dipastikan menderita diabetes.

Tes Toleransi Glukosa

Pasien diharuskan untuk melakukan puasa semalam sebelum melakukan tes satu ini. Setelah itu, pasien akan diminta untuk meminum larutan gula khusus, dan kemudian sampel akan diambil 2 jam kemudian. Jika hasil tes menunjukan 140 – 199 mg/dL, maka itu merupakan kondisi prediabetes. Sedangkan untuk kadar gula 200 mg/dL atau lebih, maka pasien menderita diabetes.

Cara Mengobati Diabetes Secara Alami

Nah, kali ini, kita akan membahas tentang beberapa cara mengobati diabetes secara alami yang bisa kamu lakukan. Mungkin pada awalnya, akan terasa sulit ketika mendengar bahwa kamu terkena diabetes. Belum lagi mengenai berbagai pengobatan dan perawatan yang harus dilakukan agar gula darah bisa tetap normal.

Akan tetapi, dengan bantuan positif dari orang-orang sekitar dan disertai pula dengan merubah gaya hidup menjadi lebih sehat, bukan tidak mungkin diabetes itu sendiri dapat dikontrol. Tak ada salahnya juga untuk membawa satu atau dua orang anggota keluarga untuk menemanimu berkonsultasi dan pemeriksaan secara berkala sehingga mereka dapat memahami berbagai hal yang perlu diketahui dalam mengatasi diabetes.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa cara mengobati diabetes secara alami yang bisa kamu lakukan dengan mudahnya di rumah, yaitu:

1. Olahraga dengan Teratur

Olahraga dengan Teratur - 7 Cara Mengobati Diabetes Secara Alami Mudah Banget

Cara mengobati diabetes secara alami yang pertama bisa kamu lakukan yaitu dengan berolahraga secara teratur. Mungkin kamu bosan karena seringkali mendengar bahwa aktivitas olahraga itu sendiri baik bagi kesehatan. Namun nyatanya, hal tersebut memang tak boleh diremehkan.

Karena cara mengobati diabetes secara alami dengan olahraga pasalnya bisa membantu dalam mengontrol berat badan agar tetap ideal, insulin bisa lebih mudah menurunkan gula darah, membantu jantung dan paru-paru bekerja lebih baik serta mampu memberikan lebih banyak energi.

Kamu tidak perlu melakukan olahraga yang berat. Cukup berjalan kaki keliling komplek, berenang, bersepeda di daerah rumah, yoga, bahkan membersihkan rumahpun juga bisa dikatakan sebagai olahraga lho. Setidaknya, lawan rasa malas dan buatlah dirimu bergerak secara aktif.

Apabila setelah melakukan tes gula darah justru menunjukan kurang dari 100 – 120, maka kamu bisa mulai mengkonsumsi apel atau segelas susu sebelum berolahraga.

2. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Mengkonsumsi Makanan Sehat - 7 Cara Mengobati Diabetes Secara Alami Mudah Banget

Cara mengobati diabetes secara alami selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat. Sebenarnya, makanan yang kamu konsumsi dapat dikatakan tidak jauh berbeda dengan orang yang tidak memiliki diabetes. Hanya saja, pola makan kamu harus lebih diatur dengan ketat.

jenis makanan yang harus dikonsumsi adalah makanan yang kaya akan vitamin, bergizi, rendah lemak, serta kalori, sehingga hal tersebut bisa membantu dalam mengontrol kadar gula darah. Lalu, makanan apa saja sih yang disarankan untuk penderita diabetes?

  • Makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh atau karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, oatmeal, roti, kentang panggang, ataupun sereal yang terbuat dari biji-bijian utuh.
  • Daging tanpa lemak yang dimasak dengan cara dikukus, direbus, dipanggang, dan dibakar.
  • Buah-buahan segar. Jika ingin dijadikan jus, jangan pernah menambahkan gula ke dalamnya.
  • Gantilah gula dengan pemanis rendah kalori serta mengandung kromium untuk meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh, sehingga dapat membantu dalam mengontrol kadar gula darah.
  • Kacang-kacangan, termasuk kacang kedelai yang diolah sebagai tahu yang dikukus, dimasak untuk sup, ataupun ditumis.
  • Sayur-sayuran yang dimasak dengan cara direbus, dikukus, dipanggang, atau dikonsumsi secara mentah. Sayuran yang baik untuk penderita diabetes diantaranya seperti brokoli dan bayam.
  • Aneka ikan, seperti tuna, salmon, sarden, dan makarel
  • Produk olahan susu rendah lemak dan telur

Cara mengobati diabetes secara alami dengan mengkonsumsi makanan bergizi sebenarnya tidak hanya membuat tubuh menjadi lebih sehat, melainkan juga dapat mengontrol berat badan.

3. Melakukan Diet

Melakukan Diet - 7 Cara Mengobati Diabetes Secara Alami Mudah Banget

Dapat dikatakan pula sebagai diet ketogenik atau diet tinggi lemak, tinggi protein, dan rendah karbohidrat. Cara mengobati diabetes secara alami dengan ini diharapkan akan membuat tubuh membakar lemak dan menggunakan hasilnya, yakni badan keton, sebagai sumber energi.

Proses peralihan sumber energi dari glukosa menjadi badan keton pada umumnya membutuhkan waktu kurang lebih 2 – 4 hari setelah mengkonsumsi diet rendah karbohidrat. Pada tahap ini, kamu diharapkan hanya mengkonsumsi karbohidrat sebanyak 30 gram per hari.

Selain itu, kamu juga jangan pernah mengkonsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi, soda manis, aneka makanan gorengan, serta alkohol.

4. Diet Puasa

Diet Puasa - 7 Cara Mengobati Diabetes Secara Alami Mudah Banget

Biasanya, puasa seringkali dilakukan oleh umat muslim untuk beribadah, terutama ketika masuknya bulan Ramadhan. Namun ternyata, puasa itu sendiri bisa dijadikan sebagai salah satu cara mengobati diabetes secara alami lho. Tetapi dalam hal ini, puasa yang dimaksud mungkin memiliki irama yang berbeda dari puasa pada umumnya atau kita menyebutnya sebagai diet puasa.

(Baca Juga: Ciri dan Penyebab Diabetes)

Kamu bisa merubah metode puasa yaitu dengan membagi 16 jam waktu berpuasa dan 8 jam waktu mengkonsumsi makanan. Sebagai contoh, dari jam 1 siang hingga jam 9 malam kamu diperbolehkan makan, kemudian dilanjutkan dengan berpuasa selama 16 jam kedepan. Cara satu ini secara tidak langsung juga bisa membantu dalam mengontrol kadar gula dalam tubuh.

5. Mengurangi Stress

Mengurangi Stress - 7 Cara Mengobati Diabetes Secara Alami Mudah Banget

Ternyata, mengurangi stress dapat dijadikan sebagai salah satu cara mengobati diabetes secara alami yang terbilang cukup ampuh lho. Cobalah cari berbagai aktivitas yang sekiranya tidak memerlukan otak untuk berpikir sekaligus dapat memberikan dirimu ketenangan.

Beberapa tips yang bisa dilakukan diantara seperti merencanakan liburan secara berkala, menjadwalkan sederet aktivitas yang akan membuat dirimu senang, jangan panik ketika menghadapi suatu masalah dan sebaliknya, mintalah saran kepada orang-orang terdekat untuk mencari akar masalah dan menemukan solusi, serta selalu menjadikan keluarga sebagai prioritas utama.

Karena, berkumpul bersama keluarga nyatanya dapat memberikan rasa tenang sehingga pikiran pun menjadi lebih rileks.

6. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang Cukup - 7 Cara Mengobati Diabetes Secara Alami Mudah Banget

Cara mengobati diabetes secara alami yang selanjutnya bisa dilakukan adalah dengan selalu memiliki waktu tidur berkualitas. Sangat disarankan apabila kamu memiliki waktu tidur 8 – 9 jam setiap malamnya. Hal tersebut dapat mengurangi peradangan sel serta meningkatkan pensinyalan gula darah sehingga dapat mengontrol penyakit diabetes itu sendiri.

Kebiasaan tidur setiap orang mungkin berbeda-beda. Ada yang lebih senang tidur ketika lampu mati, namun ada pula yang tidur dengan lampu menyala. Oleh karena itu, sebagai solusinya kamu bisa mulai membiasakan tidur dengan lampu kamar mati, namun dengan lampu tempat tidur yang menyala.

Sedangkan untuk bisa membuat tidur menjadi lebih berkualitas, cobalah untuk mengganti lampu tidur menjadi warna-warna hangat, seperti oranye ataupun merah. Dan satu hal lainnya yang tak kalah penting, jauhkanlah barang elektronik apapun dari tempat tidurmu.

7. Melakukan Tes Gula Darah Secara Berkala

Melakukan Tes Gula Darah Secara Berkala - 7 Cara Mengobati Diabetes Secara Alami Mudah Banget

Nah, cara mengobati diabetes secara alami yang terakhir bisa dilakukan yaitu dengan selalu melakukan tes gula darah rutin. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah dalam mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Pemeriksaan tes gula darah akan memberitahukan padamu mengenai kadar glukosa darah secara real time. Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu memiliki alat pemeriksaan kadar gula darah sendiri di rumah.

Lalu, bagaimana cara melakukan tes gula darah sendiri di rumah? Alat pemeriksaan yang digunakan disebut sebagai glukometer, dengan penunjukan pemakaian sebagaimana berikut ini:

  • Setelah mencuci tangan dengan bersih, masukan test strip ke alat ukur gula darah.
  • Kemudian, tusuk ujung jari dengan jarum yang disediakan hingga mengeluarkan darah.
  • Remas atau pijat jari sampai mengeluarkan darah dengan jumlah yang telah ditentukan, tergantung alat ukurnya masing-masing.
  • Pegang dan tahan ujung tes strip hingga darah menetes pada test strip tersebut, dan tunggulah hasilnya.
  • Kadar glukosa darah akan muncul secara otomatis di layar alat ukur.

Biasanya, kadar gula darah akan mengalami perubahan sebelum dan setelah makan. Untuk mengetahuinya, maka perhatikan angka yang keluar pada alat ukur. Tingkat gula darah normal sebelum makan akan menunjukan angka 70-130 mg/dL. Namun, setelah menjalani puasa selama 8 jam, seharusnya kadar gula darah menjadi 100 mg/dl.

Kemudian, tingkat gula darah dua jam setelah makan seharusnya menunjukan angka kurang dari 180 mg/dL dan menjelang tidur berkisar dari 100 – 140 mg/dL. Jika setelah melakukan tes ternyata kadar gula kamu diatas yang baru saja disebutkan, maka dapat dipastikan kamu memiliki diabetes. Untuk bisa mengetahui perkembangan kadar gula dalam tubuh, disarankan untuk selalu mencatat kadar gula setiap kali melakukan tes.

Jadi, itulah beberapa cara mengobati diabetes secara alami yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Meskipun penyakit diabetes itu sendiri tidak dapat disembuhkan secara total, janganlah khawatir! Karena kamu tetap bisa mengendalikannya dengan merubah gaya hidup dan melakukan pemeriksaan secara berkala.

Nah, agar merasa lebih aman dan terlindungi, jangan lupa juga untuk memiliki asuransi kesehatan, guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Yuk, segera ajukan asuransi kesehatanmu dengan mudah dan cepat hanya di CekAja.com.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda