Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

7 Cara Meredakan Panas Dalam Paling Ampuh dengan Bahan Alami, Yuk Coba!

by Ayunindya Annistri on 3 Agustus, 2020

Setelah seharian penuh mengonsumsi daging saat Idul Adha, kamu perlu mengatasi rasa tak nyaman pada tenggorokan dengan obat alami yang dipercaya ampuh sebagai cara meredakan panas dalam. Sehingga kamu pun enggak perlu lagi membeli obat panas dalam di toko, karena kondisi ini sebetulnya bukanlah suatu penyakit.

7 Cara Meredakan Panas Dalam Paling Ampuh dengan Bahan Alami, Yuk Coba!

Panas Dalam Bukan Tergolong Penyakit dalam Dunia Medis

Dalam dunia medis, tidak dikenal adanya istilah panas dalam. Kondisi seperti ini malah seringnya diartikan sebagai penyakit yang menyerang tenggorokan, di mana penderitanya mengalami beberapa gejala, seperti bibir pecah-pecah, bau nafas tidak sedap, sariawan, hingga sulit untuk menelan makanan.

Padahal kenyataannya, panas dalam bukanlah suatu penyakit melainkan hanyalah pertanda kalau adanya infeksi virus maupun bakteri di tenggorokan. Konon, istilah ini muncul dari ilmu kesehatan tradisional yang banyak berkembang di masyarakat Tiongkok.

Bagi masyarakat Indonesia, panas dalam masih sering dianggap sebagai penyakit biasa. Sehingga tak heran, kalau cara meredakan panas dalam bagi sebagian orang adalah dengan mengonsumsi obat yang banyak dijual secara bebas di apotik atau toko.

Penyebab Panas Dalam, Salah Satunya Karena Terlalu Banyak Konsumsi Daging

Nah, kembali berbicara mengenai ilmu kesehatan tradisional ala Tiongkok, dulu sebagian tabib di sana percaya jika penyebab panas dalam yang menyerang tenggorokan adalah karena makanan yang kaya akan lemak, atau pengolahannya dilakukan dalam suhu tinggi.

Beberapa jenis makanan yang dimaksud itu adalah gorengan, cokelat, makanan pedas, makanan bersantan, hingga daging.

Kelezatan daging, baik itu daging sapi maupun daging kambing memang sulit untuk ditolak terutama jika diolah menjadi rendang, gulai, atau bahkan sate. Hidangan ini pasti selalu ada saat perayaan besar, seperti Hari Raya Idul Adha.

Namun ternyata, dalam mengonsumsinya tidak boleh berlebihan, apalagi daging kambing. Sebab, daging ini punya sifat termogenik yang lebih tinggi ketimbang jenis daging lainnya. Sehingga, jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, bisa menyebabkan penikmatnya menderita panas dalam.

Tapi tak perlu khawatir yang berlebih, karena ada banyak cara meredakan panas dalam terlebih secara alami.

Nah, sederet caranya tersebut akan CekAja bahas lebih detil lewat poin di bawah ini. Jadi pastikan kamu menyimak informasinya sampai habis ya!

(Baca Juga: Ini 10 Cara Menghilangkan Cegukan)
Cara Meredakan Panas Dalam Paling Ampuh

Berikut 7 cara meredakan panas dalam menggunakan bahan alami:

1. Mengonsumsi air lemon dan madu

Mengonsumsi air lemon dan madu - 7 Cara Meredakan Panas Dalam

Air lemon punya banyak khasiat baik untuk tubuh. Selain dijadikan infused water atau air detoks, air lemon diyakini bisa menjadi cara meredakan panas dalam secara alami lho. Minuman ini sangat cocok dikonsumsi oleh penderita yang mengalami panas dalam dengan gejala seperti sakit flu.

Kandungan antioksidan dan vitamin C yang ada dalam lemon, membuat buah berwarna kuning ini efektif untuk bunuh kuman dan bakteri di dalam mulut, sekaligus bantu meningkatkan produksi air liur.

Untuk menjadikannya obat tradisional, kamu cukup mencampurkan setengah perasan air lemon dalam air hangat, kemudian tambahkan madu, agar khasiat dari cara meredakan panas dalam yang satu ini semakin maksimal.

2. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam - 7 Cara Meredakan Panas Dalam

Mungkin kamu sudah sering melihat di berbagai situs yang membahas cara meredakan panas dalam dengan menggunakan air garam. Ya, larutan garam memang terbukti ampuh untuk mengatasi rasa tak nyaman pada tenggorokan, karena cara kerjanya yang efektif membunuh bakteri dan kuman pada area tersebut.

Dengan cara berkumur selama 30 detik, 1 sdt garam yang dicampur ke dalam segelas air hangat bisa bantu mengurangi gejala panas dalam, sekaligus menjadi obat alami sakit gigi.

Ulangi berkumur menggunakan larutan air garam tiap beberapa jam sekali, jika dirasa cara meredakan panas dalam ini belum memperlihatkan hasil yang nyata.

3. Perbanyak minum air putih

Perbanyak minum air putih - 7 Cara Meredakan Panas Dalam

Apakah kamu termasuk orang yang sulit minum air putih setiap hari? Jika iya, ubahlah kebiasaan itu, karena dengan mengonsumsi air putih, tenggorokan tidak akan mengalami dehidrasi dan imun tubuh pun menjadi lebih meningkat.

Selain itu, faktanya nih dengan memenuhi asupan cairan kira-kira sebanyak 8 gelas per hari, dianggap efektif sebagai cara meredakan panas dalam.

Jadi, kalau kamu mulai merasa ada yang mengganjal di tenggorokan, segeralah konsumsi air putih hangat atau dengan mencampurnya bersama madu.

4. Minum teh kayu manis yang dicampur dengan susu almond

Minum teh kayu manis yang dicampur dengan susu almond - 7 Cara Meredakan Panas Dalam

Kayu manis merupakan salah satu rempah-rempah yang punya aroma harum. Selain dimanfaatkan untuk bahan dasar membuat kue, rempah ini juga bisa digunakan sebagai cara meredakan panas dalam lho.

Nah, agar manfaatnya lebih manjur, kamu bisa mencampurkan teh bubuk kayu manis dengan susu almond. Susu yang terbuat dari perasan kacang almond ini biasa dikonsumsi untuk diet karena sarat akan lemak baik untuk kesehatan jantung.

Untuk menjadikannya obat alami dalam cara meredakan panas dalam, campurkan satu gelas susu almond dengan ½ sdt kayu manis bubuk.

Tambahkan 1/8 sdt soda kue dan madu, kemudian panaskan dalam panci sampai mendidih. Minum selagi hangat untuk mendapatkan kenikmatan dari obat alami meredakan panas dalam ini.

5. Penuhi asupan sayur dan buah

Penuhi asupan sayur dan buah - 7 Cara Meredakan Panas Dalam

Berikutnya yang enggak kalah penting dalam cara meredakan panas dalam adalah dengan memenuhi kebutuhan asupan sayur dan buah.

Makan sayur maupun buah yang kaya serat, vitamin, dan mineral, tidak hanya ampuh untuk melancarkan sistem pencernaan saja, namun juga dapat bantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sehingga kondisi kesehatan yang kurang prima, terutama karena panas dalam bisa kembali normal hanya dalam waktu beberapa hari saja.

Beberapa jenis sayuran dan buah yang bisa dikonsumsi saat mengalami panas dalam adalah sayur bayam, wortel, brokoli, kangkung, pepaya, apel, dan anggur.

Kamu bisa mencoba beragam sayur dan buah tersebut setiap harinya agar khasiat yang terkandung dalam bahan makanan tersebut efektif untuk tubuh.

(Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Bau Mulut)
6. Makan semangkuk sup hangat

Makan semangkuk sup hangat - 7 Cara Meredakan Panas Dalam

Semangkuk sup juga dipercaya ampuh sebagai cara meredakan panas dalam secara alami. Sup ini bisa kamu masak dengan campuran ayam dan sayur seperti wortel, buncis, dan kentang.

Tambahhkan juga beberapa suing bawang putih yang telah dihaluskan supaya kekebalan tubuh semakin meningkat. Konsumsi selagi hangat dengan sepiring nasi putih.

7. Konsumsi minyak kelapa

Konsumsi minyak kelapa - 7 Cara Meredakan Panas Dalam

Siapa bilang minyak kelapa hanya untuk kesehatan kulit wajah? Buktinya, dengan mengonsumsi 2 sdm minyak kelapa yang dicampur ke dalam segelas teh atau minuman cokelat hangat, diyakini jadi cara meredakan panas dalam secara alami yang ampuh lho.

Minyak kelapa bisa dibilang cukup efektif untuk meredakan peradangan akibat infeksi bakteri, serta membuat membrane mukosa yang ada di bagian belakang tenggorokan menjadi lebih lembab.

Untuk menjadikannya obat tradisional dalam cara meredakan panas dalam, kamu cuma butuh 2 sdm minyak kelapa yang dicampurkan ke dalam minuman atau makanan berkuah yang bakal dikonsumsi.

Ingat, jangan melebihi dari batas dosis yang telah ditetapkan, karena minyak kelapa bisa menimbulkan diare pada penggunanya, akibat adanya kandungan obat laksatif alami di dalam minyak tersebut.

Kapan Harus ke Dokter?

Itu tadi seluruh cara meredakan panas dalam dengan menggunakan bahan alami. Kamu bisa mencoba cara-cara di atas untuk meredakan gejala panas dalam yang dirasa.

Akan tetapi jika nantinya cara tersebut tidak kunjung memberikan hasil yang signifikan, maka segeralah memeriksakan diri ke dokter, agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Selain mencoba cara tersebut ataupun menerapkan gaya hidup sehat, kamu juga bisa tambah proteksi bagi diri sendiri maupun keluarga dengan asuransi kesehatan.

Adanya asuransi bisa melindungi kondisi finansialmu jika sewaktu-waktu membutuhkan tindakan medis, baik secara rawat jalan maupun rawat inap.

Tak perlu khawatir akan jaringan rumah sakitnya, karena beberapa produk asuransi kesehatan seperti Asuransi Ciputra, Asuransi Cigna, dan PFI Mega Life, sudah dilengkapi dengan jaringan rumah sakit yang tersebar luas di beberapa kota di Indonesia.

Lantas, di mana bisa membeli produk tersebut? Ya pastinya di CekAja.com. Lewat CekAja, kamu bisa membandingkan terlebih dulu mana produk asuransi kesehatan yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Bahkan, masing-masing produknya juga sudah dilengkapi perlindungan yang super lengkap dengan bantuan klaim cepat.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk ajukan segera asuransi kesehatanmu hanya di CekAja.com

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau