Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

7 Cara Mudah Merawat Ponsel

by JTO on 6 September, 2014

Baterai panas, lemot, hang, atau rusaknya program yang terinstal, menjadi makanan sehari-hari para pemilik ponsel pintar saat ini. Agar tidak selalu terjadi, Anda pun wajib melakukan perawatan untuk ponsel kesayangan Anda. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan.

Apakah Anda adalah salah satu orang yang merasa kebingungan diserbu berbagai macam ponsel pintar terbaru yang beredar di pasaran? Teknologi bergerak maju begitu cepat hingga varian ponsel pintar terbaru bisa muncul hampir setiap hari. Belum lagi dengan banyaknya jenis dan nama yang berada di pasaran; dengan beragam sistem operasi, beragam spesifikasi layaknya komputer, bahkan ada yang hanya mengandalkan tampilan dengan berlapis emas permata.

Bila Anda adalah pecinta ponsel berteknologi tinggi yang terus mengikuti perkembangan tiap harinya. Atau, Anda adalah tipe yang bekerja secara mobile sehingga banyak pekerjaan Anda dilakukan sambil bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Agar mobilitas tetap terjaga, Anda wajib tahu bagaimana cara merawat ponsel kesayangan Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya;

Hindari Panas

Ponsel pintar sangat rentan dengan suhu panas, baik itu karena sebab eksternal maupun karena sebab internal. Sebab eksternal yang paling mungkin adalah karena terpapar sinar matahari. Sebab internal adalah kerja CPU terlalu berat sehingga ponsel pun menjadi panas. Daya tahan baterai ponsel bisa berkurang dan layarnya juga bisa rusak. Panas juga bisa terjadi jika Anda menyalakan ponsel beralaskan kasur atau bantal.

Rawat Charger Asli

Charger ponsel pintar memiliki peran yang sangat besar untuk kelangsungan hidup ponsel Anda. Menggunakan charger asli merupakan salah satu cara agar ponsel Anda tetap awet. Anda perlu merawat charger Anda denga hati-hati. Jangan melipat kabel charger terlalu kuat dan erat karena perlakuan ini bisa memutuskan tembaga di dalam charger. Selain itu, charger asli biasanya memiliki harga lebih mahal daripada yang palsu, sehingga jika rusak maka Anda bisa merugi cukup banyak.

Beri Waktu Istirahat

Kadang kita tidak sadar bahwa ponsel kita sudah digunakan begitu lama. Setiap baterai berkedip minta diisi, kita langsung menancapkan charger untuk mengisi daya namun masih tetap sibuk menggunakannya. Memang jika pekerjaan kita banyak menggunakan ponsel, hal ini tidak dapat dihindari. Namun ada baiknya Anda alokasikan waktu untuk mematikan ponsel Anda barang sejam dua jam agar ponsel dapat beristirahat. Saat ponsel Anda beristirahat, Anda juga beristirahat lebih nyaman, bukan?

Gunakan Pelindung

Ponsel pintar Anda sangatlah rentan terhadap benturan dan cuaca. Ada baiknya jika Anda berinvestasi dengan cara membeli pelindung ponsel yang baik. Pelindung ponsel yang baik paling tidak bisa meredam benturan dan paling tidak bisa melindungi layar sentuh Anda dari cuaca. Pelindung ini memang kadang tidak banyak berperan jika ponsel Anda masuk ke air namun saat ini pun sudah ada beberapa jenama yang mengeluarkan pelindung ponsel antiair.

Buat Cadangan Data

Ada banyak cara membuat cadangan data-data penting Anda. Anda bisa langsung memasukkan salinan data-data Anda ke laptop atau komputer. Anda juga bisa menggunakan fasilitas penyimpanan di cloud atau internet yang saat ini sedang marak. Cadangan ini nantinya bisa Anda akses lagi dengan menggunakan peralatan lain seandainya terjadi hal-hal tak diinginkan pada ponsel Anda.

Gunakan Antivirus

Salah satu ancaman nyata untuk ponsel favorit Anda adalah virus. Virus ini bisa tidak sengaja Anda dapat jika Anda teledor dalam memilih aplikasi yang tepat. Anda perlu mengunduh antivirus untuk ponsel Anda setelah membaca review yang bisa Anda dapatkan di internet. Carilah antivirus yang melindungi secara menyeluruh dan cukup ringan untuk ponsel Anda.

Beli Asuransi

Jika Anda merasa ponsel pintar sebagai bagian dari jiwa Anda, maka belikan ia asuransi. Asuransi dapat melindungi ponsel Anda secara lebih menyeluruh, jauh dari perlindungan yang ditawarkan oleh garansi. Asuransi akan mengganti ponsel Anda jika terjadi pencurian atau kehilangan. Asuransi juga akan mengganti suku cadang Anda jika ponsel Anda rusak.

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami