Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

7 Ciri Pengusaha Muda yang Bakal Sukses

by Rafly Aditia on 20 Januari, 2016

gaji tinggi _ investasi - CekAja.com

Semua orang memang ingin menjadi bos bagi dirinya sendiri. Salah satu caranya tentu membuka usaha sendiri. Bagi kamu yang berada di usia 20 hingga 30an, keinginan menjadi pengusaha adalah hal yang baik.

Tetapi, ketahuilah bahwa menjadi seorang pengusaha di usia yang muda memerlukan persyaratan. Nah, untuk tahu apakah kamu sudah siap atau tidak untuk berbisnis, pastikan sejumlah ciri ini ada pada dirimu:

Berani ambil risiko

Ciri-ciri pertama bahwa kamu calon pengusaha muda yang sukses adalah sifat berani mengambil risiko. Yup, selalu ada harga yang harus dibayar dalam sebuah kesuksesan dan risiko merupakan hal tersebut.

Namun, pengambilan risiko yang dimaksud bukanlah melakukan sesuatu tanpa berpikir panjang dan tanpa perhitungan matang. Risiko dilihat sebagai peluang keberhasilan bagi pengusaha sukses.

Keberanian untuk mengambil risiko ini juga dapat membuat kamu menjadi seorang pemimpin yang tangguh.

(Baca juga: Ini Alasan Mengapa Orang yang Bahagia Bisa Cepat Kaya)

Punya sifat terbuka

Sifat terbuka adalah sifat yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha. Mengapa demikian? Karena sifat yang mau menerima saran dan kritik dari orang lain tersebut akan memberikan kemajuan diri dalam usaha yang dibangun.

Untuk itu, jangan pernah berfikir kritik dan saran orang lain tidak penting. Sebab, saran dan kritik orang lain bisa menjadi masukan berharga bagi pengembangan bisnis.

Pintar membaca situasi

Seorang pengusaha sukses biasanya merupakan seseorang yang dapat membaca situasi dan mengambil keuntungan dari situasi itu. Pengusaha sukses bisa melihat peluang bisnis besar bahkan saat ada masalah sekalipun.

Ketika ada sebuah masalah, pengusaha sukses akan menghadirkan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Dapat beradaptasi

Ketika terjadi suatu masalah yang tidak diinginkan, entah itu terkait iklim bisnis atau yang lainnya. Perhatikan apakah kamu bisa beradaptasi dengan keadaan yang ada dan merubahnya menjadi keuntungan.

Apabila kamu memiliki kemampuan tersebut, maka kamu memiliki salah satu ciri dari pengusaha muda yang bakalan sukses nantinya.

Think out of the box

Apabila ingin meraih sukses sebagai pengusaha maka kamu perlu berpikir di luar kebiasaan. Pengusaha sukses biasanya mempunyai cara berpikir yang berbeda daripada orang kebanyakan.

Walau perbedaan cara berpikir tersebut mendapat cibiran dari berbagai kalangan bahkan keluarga sekalipun, semuanya dapat dimentahkan dengan kesuksesan bisnis yang dibangun. Contohnya adalah Jeff Bezos seorang pekerja dengan gaji yang lumayan tinggi di New York yang meninggalkan pekerjaannya demi membuka usaha di garasi rumah yang kini dikenal dengan nama Amazon.

(Baca juga: Ini Keuntungan Finansial yang Bisa Diperoleh Dari MEA)

Punya perhitungan yang matang

Sebagai seorang pengusaha, maka melakukan analisa dan memiliki perhitungan yang matang adalah keharusan. Jadi, pastikan kamu memiliki ciri tersebut.

Biasakan diri untuk memperhitungkan segala kemungkinan yang terjadi dengan matang, persiapkan rencana yang jelas dari analisa dan perhitungan yang kamu lakukan tersebut dan lakukanlah.

Gagal? Siapa takut

Tidak pernah ada seorang pengusaha sukses di dunia ini yang langsung menuai kesuksesan pada langkah pertama. Semuanya pasti pernah mengalami kegagalan terlebih dahulu bahkan kerugian berkali lipat sekalipun.

Tetapi, semua kegagalan tersebut tidak dilihat sebagai hambatan yang menghentikan mereka untuk meraih tujuan. Justru kegagalan tersebut menjadi pemicu untuk lebih bekerja keras dan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang ada.

Pengusaha muda yang sukses memiliki prinsip “Gagal? Siapa takut!”.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami