Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

7 Daftar Merk Router WiFi Terbaik 2020 ini Bikin WFH Jadi Lancar!

by Nadhillah Kusindriani on 11 Mei, 2020

Di saat-saat work from home (WFH) seperti ini, keberadaan koneksi internet yang cepat sangat dibutuhkan. Untuk itu, kamu perlu memastikan bahwa router yang kamu gunakan baik, sehingga koneksi internet tidak mudah terganggu. Namun, apabila kamu ingin mengganti jenis router, berikut CekAja.com akan mengulas beberapa daftar merk router wifi terbaik 2020 khusus untuk kamu.

7 Daftar Merk Router WiFi Terbaik 2020 ini Bikin WFH Jadi Lancar!

Apa itu Router?

Sebelum membahas lebih jauh apa saja merk router wifi terbaik 2020, ada baiknya jika kamu mengetahui hal-hal mendasar terlebih dahulu terkait router, seperti misalnya definisi.

Mungkin sebagian dari kamu ada yang sudah mengetahui apa itu router dan apa saja kegunaannya. Namun, sebagian lainnya mungkin hanya pernah mendengar atau bahkan tidak mengetahuinya sama sekali.

Sejatinya, router adalah sebuah perangkat keras komputer, yang berguna untuk mengirimkan paket data melalui jaringan internet, ke perangkat dan jaringan lain yang ada disekitarnya. Selain itu, router juga menjadi alat yang menghubungkan beberapa jaringan sekaligus.

Seluruh proses pengiriman paket data melalui jaringan di dalam router tersebut disebut sebagai routing. Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa router sangat erat kaitannya dengan jaringan internet.

Fungsi Router WiFi

Kini kamu sudah mengetahui definisi dari router beserta sekilas kegunaannya pada pembahasan di atas. Namun sejatinya, router memiliki banyak sekali fungsi, yang di antaranya yaitu:

  • Mentransmisikan atau mengirimkan informasi dan data dari suatu jaringan ke jaringan yang lain, dengan sistem kerja yang dimiliki jaringan tersebut serupa dengan bridge (jembatan jaringan).
  • Mampu menghubungkan beberapa jaringan. Dengan begitu, user dapat mengirimkan paket data dari suatu jaringan ke jaringan yang lain. Proses menghubungkan jaringan tersebut dilakukan dengan cara mendistribusikan IP address kepada masing-masing komputer yang ada di dalam jaringan. Cara tersebut bisa dilakukan secara statis atau pun menggunakan DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol).
  • Mampu menghubungkan suatu jaringan lokal menggunakan koneksi DSL (Digital Subscriber Line). Namun umumnya, koneksi DSL tersebut lebih dikenal dengan DSL router.
  • Mampu membaca IP address and destination agar bisa digunakan untuk menentukan proses routing pada satu LAN ke LAN yang lainnya.
(Baca Juga: Inilah Penguat Sinyal Wifi Agar Menjadi Lebih Stabil)
Jenis-jenis Router

Untuk jenis-jenis router sendiri sebenarnya sangat banyak, namun pada pembahasan kali ini CekAja.com akan mengulas dua kategori jenis router, yaitu jenis router berdasarkan mekanismenya dalam komputer dan jenis router berdasarkan pengaplikasiannya.

Jenis Router Berdasarkan Mekanisme dalam Komputer
Router Statis

Router statis merupakan jenis router yang bisa digunakan untuk melakukan proses routing dari suatu jaringan. Proses tersebut dilakukan sejatinya dilakukan oleh seorang administrator secara manual.

Router Dinamis

Selanjutnya adalah router dinamis. Sesuai dengan namanya, router yang satu ini mampu melakukan proses routing secara otomatis dan dinamis. Namun untuk bisa melakukan proses routing, router perlu melalui pengaturan terlebih dahulu oleh seorang administrator jaringan.

Router Wireless

Jenis router yang ketiga adalah router wireless. Jenis router yang satu ini mampu bekerja tanpa menggunakan kabel apapun. Pasalnya, router ini hanya memerlukan udara sebagai media untuk mengirimkan paket data.

Jenis Router Berdasarkan Pengaplikasiannya
Router PC

Jenis router berdasarkan pengaplikasiannya yang pertama adalah router PC. Jenis router yang satu ini umumnya merupakan suatu komputer yang memiliki spesifikasi tinggi. Kemudian, komputer tersebut akan dimodifikasi menjadi sebuah router.

Namun sebelum dijadikan router, komputer harus memenuhi beberapa kriteria, di antaranya yaitu memiliki prosesor Pentium II dengan hard drive 10 GB dan RAM 64. Kemudian, komputer juga harus memiliki LAN Card dengan sistem operasi khusus router PC yaitu mikrotik.

Router Aplikasi

Berbeda dari jenis router lainnya, router aplikasi merupakan sebuah router yang berasal dari aplikasi. Maksudnya adalah kamu sebagai user bisa menggunakan suatu aplikasi yang dapat di install pada sistem operasi komputer.

Dengan begitu, sistem operasi komputer tersebut bisa bekerja selayaknya sebuah router. Adapun beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan di antaranya, yaitu WinProxy, Spygate, Winroute, Wingate.

Router Hardware

Jenis router yang ketiga adalah router hardware. Di mana, kamu bisa menggunakan perangkat keras yang memiliki kemampuan layaknya router. Sebab, melalui perangkat keras tersebut kamu bisa membagikan alamat IP dan jaringan internet di suatu wilayah.

7 Daftar Merk Router WiFi Terbaik 2020

Setelah sebelumnya mengetahui definisi, fungsi hingga jenis-jenis router pada pembahasan di atas, mungkin kamu jadi tertarik untuk menggunakan router di rumah mu.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan memberikan tujuh daftar merk router WiFi terabaik 2020 yang bisa kamu jadikan rekomendasi atau pun referensi sebelum membeli router. Adapun tujuh daftar merk router WiFi terbaik 2020, di antaranya yaitu:

1. Netgear R7800 – Nighthawk X4S AC2600

Netgear R7800 - Nighthawk X4S AC2600 - 7 Daftar Merk Router WiFi Terbaik 2020 ini Bikin WFH Jadi Lancar

Kisaran Harga: Rp3,7 juta

Daftar merk router WiFi terbaik 2020 yang pertama adalah Netgear RR7800 – Nighthawk X4S AC2600. Merk router WiFi yang satu ini memiliki banyak sekali fitur unggulan yang bisa dinikmati oleh para penggunanya.

Beberapa fitur tersebut di antaranya adalah kekukatan komputasi koneksi yang cepat hingga unggulnya teknologi WiFi yang digunakan. Tidak hanya itu, router yang satu ini pun menggunakan prosesor dual-core 1.7GHz yang mampu untuk digunakan sebagai router utama.

Meski harga yang ditawarkan cukup mahal, namun router yang satu ini sudah dilengkapi dengan fitur MU MIMO. Dengan begitu, beberapa user dalam jumlah besar dapat terhubung dengan kecepatan tinggi.

2. Asus RT-N14UHP High Power Wireless Router

Asus RT-N14UHP High Power Wireless Router - 7 Daftar Merk Router WiFi Terbaik 2020 ini Bikin WFH Jadi Lancar

Kisaran Harga: Rp849 ribu

Daftar merk router WiFi terbaik 2020 selanjutnya adalah Asus RT-N14UHP High Power Wireless Router. Meskipun dibanderol dengan harga yang cukup murah, namun fitur dan kualitas yang diberikan pun tidak main-main.

Pasalnya, router yang satu ini memberikan jangkauan jaringan internet tiga kali lipat lebih kuat dibandingkan jangkauan jaringan biasanya. Dalam kondisi standar saja, router WiFi Asus ini memiliki kecepatan internet hingga 300 Mbps.

Namun tidak hanya itu, router ini juga memiliki sebuah port USB multifungsi yang mampu membagikan koneksi jaringan ke perangkat lain, seperti misalnya printer, hand drive, dan sebagainya.

Beberapa fitur lainnya seperti AiCloud App dan download master pun bisa kamu nikmati melalui router yang satu ini. Bagaimana, sangat menarik bukan?

3. Xiaomi Mi Wi Fi Router 3

Xiaomi Mi Wi Fi Router 3 - 7 Daftar Merk Router WiFi Terbaik 2020 ini Bikin WFH Jadi Lancar

Kisaran Harga: Rp600 ribu

Xiaomi Mi Wi Fi Router 3 nyatanya masuk ke dalam daftar merk router WiFi terbaik 2020 versi CekAja.com. Bagaimana tidak, router yang satu ini sudah dilengkapi dengan teknologi WiFi 802.11ac yang terbaru, sehingga kamu bisa menikmati jaringan internet yang lebih cepat tiga kali lipat dari biasanya.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan streaming video dengan kualitas HD tanpa buffering. Hal tersebut dikarenakan router ini mampu memberikan kecepatan transfer data nirkabel gabungan sampai dengan 1167 Mbps.

Demikian dapat disimpulkan bahwa Mi Wi Fi Router 3 merupakan router yang sangat cocok untuk kamu yang senang streaming video berkualitas HD tanpa adanya gangguan dari buffering.

4. TP-Link WR841 HP

TP-Link WR841 HP - 7 Daftar Merk Router WiFi Terbaik 2020 ini Bikin WFH Jadi Lancar

Kisaran Harga: Rp500 ribu

Daftar merk router WiFi terbaik 2020 yang keempat adalah TP-Link WR841 HP. Router yang satu ini diklaim sebagai router yang sangat multifungsi. Hal tersebut dikarenakan router ini dapat berfungsi dalam tiga mode sekaligus, yaitu sebagai router, range extender dan access point.

Belum selesai sampai disitu, router TP-Link yang satu ini juga memiliki beberapa kelebihan yang bisa dinikmati para penggunanya, seperti adanya amplifier bertenaga tinggi dan juga antena khusus.

Untuk antena khusus sendiri, router TP-Link WR841 HP mampu memancarkan sinyal WiFi hingga 900m², mampu menembus dinding hingga mampu menjangkau daerah-daerah yang seharusnya sulit untuk dijangkau oleh router jenis lain.

5. Tenda AC6 AC1200

Tenda AC6 AC1200 - 7 Daftar Merk Router WiFi Terbaik 2020 ini Bikin WFH Jadi Lancar

Kisaran Harga: Rp340 ribu

Menjadi salah satu daftar merk router WiFi terbaik 2020 versi CekAja.com, Tenda AC6 AC1200 menggunakan antena 5dBi HG, teknologi beamforming serta amplifier dengan daya yang tinggi.

Sama dengan Xiaomi Mi Wi Fi Router 3, router yang satu ini juga sudah menggunakan jaringan WiFi 802.11ac generasi kelima, sehingga mampu memberikan kecepatan yang stabil dengan cakupan yang luas. Hal tersebut tentunya didukung dengan kecepatan dual band yang mencapai 1167 Mbps.

Kemudian, router ini pun memungkinkan mu untuk mengatur jadwal Wifi secara otomatis. Dengan begitu, kamu bisa menghemat konsumsi daya yang digunakan.

6. D-Link DIR-612 Wireless Router

D-Link DIR-612 Wireless Router - 7 Daftar Merk Router WiFi Terbaik 2020 ini Bikin WFH Jadi Lancar

Kisaran Harga: Rp260 ribu

Daftar merk router WiFi terbaik 2020 yang keenam adalah D-Link DIR-612 Wireless Router. Bagi kamu yang kerap kali melakukan browsing atau pun transfer data dalam jumlah yang cukup besar, router yang satu ini memang sangat cocok untuk kamu.

Hal itu disebabkan oleh kecepatan yang dimiliki router ini cukup tinggi, yaitu mencapai 300 Mbps. Selain itu, 10/100 port internet yang dimilikinya pun mampu terhubung dengan internet broadband dengan kecepatan transfer tinggi.

Untuk sistem keamanan sendiri, jenis router keluaran D-Link yang satu ini menggunakan NAT Firewll yang mampu menghindari kemungkinan terjadinya eksploitasi atau pun penyusupan koneksi internet.

D-Link DIR-612 Wireless Router tidak hanya cocok digunakan di rumah, tetapi juga sangat cocok apabila digunakan untuk di cafe-cafe maupun restoran.

Pasalnya, router ini sudah dilengkapi dengan router mode yang memungkinkan para user-nya untuk memperluas jangkauan jaringan wireless router hingga ke setiap sudut ruangan.

7. TP-Link TL-WR840N

TP-Link TL-WR840N - 7 Daftar Merk Router WiFi Terbaik 2020 ini Bikin WFH Jadi Lancar

Kisaran Harga: Rp150 ribu

Daftar merk router WiFi terbaik 2020 yang terakhir adalah TP-Link TL-WR840N. Router yang satu ini rasanya memang diperuntukkan untuk kamu yang memiliki usaha rumahan.

Bagaimana tidak, router yang satu ini sudah dilengkapi dengan enkripsi WPA2 yang mampu melindungi jaringan internet mu dan mencegah masuknya jaringan dari luar.

Tidak hanya itu, router yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan tombol pengaturan WiFi Protected Setup (WPS) dengan tampilan ramping dan modis, yang mampu membuat koneksi antara router dengan perangkat jauh lebih mudah dan cepat.

Terlebih, harga yang ditawarkan pun cukup murah, yaitu hanya berkisar Rp150 ribu. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir untuk membeli router WiFi terbaik 2020 yang satu ini.

(Baca Juga: Provider Internet Rumah Terbaik dan Cara Berlangganannya)

Dari beberapa daftar merk router WiFi terbaik 2020 yang sudah kamu ketahui di atas, mungkin ada salah satu merk router yang menarik perhatian untuk kamu miliki. Tentu, kini kamu tidak perlu khawatir lagi untuk membelinya.

Sebab, kamu bisa membelinya menggunakan kartu kredit. Selain proses transaksi yang lebih mudah, kamu juga tidak perlu membawa uang dalam jumlah yang besar. Namun, apabila kamu belum memiliki kartu kredit, tenang saja.

Sebab, kamu bisa langsung mengajukannya dengan mudah dan cepat hanya di CekAja.com. Terlebih, sebagai toko finansial pertama di Indonesia, CekAja.com juga sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tunggu apalagi? Ajukan sekarang, yuk!

Tentang Penulis