Desain Ruang Tamu Minimalis yang Bikin Rumah Nampak Ciamik

6 min. membaca Oleh Ayunindya Annistri on

Setiap orang pasti mendambakan punya desain ruang tamu minimalis. Salah satu sudut rumah yang menjadi ‘center’ ini, bakal dilihat pertama kali oleh tamu yang berkunjung ke kediamanmu. Berikut beragam ide ruang tamu minimalis yang bikin ruangan ini nampak ciamik.

Desain Ruang Tamu Minimalis yang Bikin Rumah Nampak Ciamik

Desain Interior Rumah Jadi Hal Penting untuk Beri Kenyamanan Penghuni maupun Tamu

Berbicara soal rumah, tiap orang pasti menginginkan punya rumah dengan desain interior yang dapat menggambarkan seperti apa kepribadian dari penghuninya sendiri.

Rumah tak hanya menjadi tempat beristirahat namun lebih dari itu, rumah juga menjadi tempat pertama kita pulang dan berbagi segala cerita hidup, mulai dari kesenangan hingga kesedihan yang dialami setiap harinya.

Oleh karena itu, memiliki rumah berarti bukan asal membangun saja. Karena sejatinya kamu juga harus merancang interiornya sebaik mungkin agar bisa memberikan kenyamanan bagi penghuninya maupun tamu yang berkunjung.

Desain interior rumah bisa jadi sesuatu yang luar biasa, soalnya hal ini bakal langsung berdampak bagi psikis penghuninya.  

Tak jarang para desainer menerima pekerjaan yang mengharuskannya untuk mendekorasi sebuah rumah sesuai dengan keinginan dan dapat menjadi refleksi diri dari penghuninya.

Maka dari itu, saat kamu tertarik untuk memiliki sebuah hunian, jangan pernah menyepelekan desain interiornya ya, terutama pada sudut ruang tamu.

(Baca Juga: 15 Ide Sofa untuk Ruang Tamu Sempit)

Ruang Tamu Minimalis Jadi Salah Satu Desain yang Paling Digemari

Ketika berkunjung ke rumah kerabat, pastinya kamu langsung disambut di ruangan khusus yang sering kali kita namakan ruang tamu. Ruangan multifungsi yang tak hanya dipakai untuk menyambut tamu ini bisa dibilang sebagai pusatnya rumah.

Makanya, banyak orang yang berlomba-lomba untuk bisa mendesain ruang tamunya menjadi lebih ciamik, agar bisa memberikan kenyamanan bagi penghuni maupun orang-orang yang berkunjung ke rumah tersebut. Salah satu pilihan desain yang paling sering dipakai adalah desain minimalis.

Konsep ini berfokus pada kesederhanaan dan garis tegas yang ditonjolkan lewat furnitur-furnitur yang digunakan. Bahkan konsep ini bisa dipakai di ruang tamu yang berukuran kecil sekalipun.

Asalkan pandai mengatur tata letak furnitur dan warna dinding, ruang tamu minimalis bisa kamu miliki untuk jadi tempat bersantai atau sebagai tempat bertukar cerita dengan kerabat terdekat.

Inspirasi Desain Ruang Tamu Minimalis yang Bikin Betah Penghuninya

Gimana, sudah enggak sabar untuk mengintip 7 inspirasi desain ruang tamu minimalis yang satu ini? Daripada makin penasaran, yuk langsung kepoin deretan pilihan desain ruang tamu minimalis berikut ini.

1. Ruang Tamu Bernuansa Botani

Ruang Tamu Bernuansa Botani - Desain Ruang Tamu Minimalis yang Bikin Rumah Nampak Ciamik

Saat ini desain interior rumah yang sedang hits, salah satunya pada sudut ruang tamu yaitu desain botani. Dengan konsep botani ini, kamu bisa miliki desain ruang tamu minimalis, yang mana konsep botani memadukan perabotan berbahan alami dengan beberapa sentuhan tanaman hijau.

Tak hanya memberikan nuansa asri saja, konsep botani juga membuat ruang tamu menjadi nampak lebih hidup dan sebagai filter udara alami.

Kamu juga bisa menambahkan beberapa tanaman tiruan dengan sentuhan warna hijau, agar ruang tamu menjadi semakin menarik dan nyaman.

2. Ruang Tamu Bernuansa Monokrom

Ruang Tamu Bernuansa Monokrom - Desain Ruang Tamu Minimalis yang Bikin Rumah Nampak Ciamik

Desain ruang tamu minimalis berikutnya adalah dengan menggunakan konsep monokrom. Konsep ini dijamin anti gagal karena paduan warna hitam dan putih, yang dianggap tetap bisa memberikan kenyamanan bagi penghuninya.

Agar desain monokrom ini semakin maksimal, manfaatkan juga fungsi dinding. Caranya dengan menambahkan beberapa rak untuk menaruh buku, majalah, dan tanaman hias biar desain ini tidak terkesan hampa.

Selain itu, tambahkan juga beberapa pajangan foto dan lengkapi dengan cahaya penerangan yang pas.

3. Ruang Tamu Bernuansa Skandinavian

Ruang Tamu Bernuansa Skandinavian - Desain Ruang Tamu Minimalis yang Bikin Rumah Nampak Ciamik

Ruang tamu minimalis bergaya skandinavian hingga saat ini masih jadi desain yang digemari oleh orang-orang yang tengah mendekorasi bagian ruang tamunya.

Desain ini menghadirkan warna-warna netral dan relatif menggunakan pencahayaan alami yang maksimal.

Meski pemilihan warna yang dipakai pada desain skandinavian dominan netral, seperti warna putih. Namun desain ini mampu memberikan kehangatan, karena adanya perabotan pendukung agar tampilannya tidak terlihat kaku. Mulai dari hiasan chandelier, karpet, tirai, hingga lantai dari material kayu.

4. Ruang Tamu Bernuansa Vintage

Ruang Tamu Bernuansa Vintage - Desain Ruang Tamu Minimalis yang Bikin Rumah Nampak Ciamik

Tidak hanya konsep skandinavian, kamu juga bisa mencoba ruang tamu minimalis bergaya vintage lho. Konsep ini cukup unik karena sangat khas dengan gaya masa lalu, yaitu penggunaan bunga dan barang-barang yang tampak lusuh.

Warna yang dipakai pada tiap dinding pun juga sangat anti mainstream, yaitu pink, orange, atau bahkan hijau, tergantung dari suasana yang ingin kamu hadirkan pada sudut ruangan yang satu ini.

Agar pengaplikasian konsep vintage makin maksimal, kamu bisa menambahkan perabotan seperti meja kopi yang terbuat dari bahan kayu dengan tampilan usang.

Kamu juga bisa meletakkan kursi goyang, sofa berukuran sedang dengan motif bunga dan gunakan sarung bantal berbahan kain perca, serta lemari kayu pada bagian pojok ruang tamu.

(Baca Juga: 10 Tanaman Air untuk Hiasan Rumah)

5. Ruang Tamu Bernuansa Klasik

Ruang Tamu Bernuansa Klasik - Desain Ruang Tamu Minimalis yang Bikin Rumah Nampak Ciamik

Ruang tamu minimalis dengan desain klasik bisa dibilang hampir serupa dengan desain vintage. Hanya saja perbedaannya terletak pada furnitur dan cara memaksimalkan ruangan tersebut.

Untuk gaya klasik sendiri, kamu bisa menggunakan beberapa perabotan yang terbuat dari kayu. Misal, kursi goyang rotan, sofa kulit berukuran sedang, karpet dengan tone warna kecokelatan, serta lampu gantung berbahan kayu.

Kamu juga bisa menambahkan beberapa tanaman agar ruang tamu terkesan lebih hidup dan asri.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan warna-warna netral pada dinding ruang tamu, seperti putih, cokelat, atau jika ingin menampilkan nuansa asri bisa menggunakan warna hijau.  

6. Ruang Tamu Bernuansa Mediterania

Ruang Tamu Bernuansa Mediterania - Desain Ruang Tamu Minimalis yang Bikin Rumah Nampak Ciamik

Agar desain ruang tamu minimalis tak terlihat kosong, kamu bisa mencoba gaya mediterania yang terkesan elegan. Beberapa tema yang biasa dipakai dalam konsep mediterania adalah tema gothic dan tema retro.

Untuk tema gothic, kamu bisa memainkan warna-warna kusam sebagai aksen utamanya. Gunakan perabotan shabby chic untuk menambah kesan usangnya.

Sementara, untuk tema retro sendiri, kamu bisa menggunakan furnitur-furnitur dengan pola tak biasa, dan pilih satu warna dominan agar tema retro ini dapat disandingkan dengan gaya mediterania.

Kamu dapat mengombinasikan warna-warna seperti merah, biru, hijau dengan warna monokrom sebagai background.

Kemudian, agar gaya retro semakin melekat pada tata ruang tamu, gunakanlah perabotan yang sesuai seperti kursi bermaterial vinil, karpet warna-warni, armchair, sofa dengan sarung bantal bermotif kotak atau geometris.

7. Ruang Tamu Bernuansa Neoklasik

Ruang Tamu Bernuansa Neoklasik - Desain Ruang Tamu Minimalis yang Bikin Rumah Nampak Ciamik

Terakhir, desain ruang tamu minimalis yang bisa kamu coba adalah neoklasik. Desain ini bisa menjadi sangat mewah ketika diaplikasikan dengan perabotan yang tepat tanpa harus berlebihan.

Dengan menggunakan konsep neoklasik, kamu tak lagi membutuhkan perabotan besar, seperti lemari kaca untuk penyimpanan.

Soalnya, ruang tamu bergaya neoklasik biasa menggunakan perabotan simple namun masih terkesan elegan. Mulai dari sofa berbahan lembut, meja kecil dengan pernak-pernik tambahan seperti vas bunga, bingai foto, hiasan chandelier, karpet corak, hingga lampu baca.

Dominasi warna yang dipakai untuk melengkapi dekoran dinding pun lebih sederhana, dan tak jarang hanya menggunakan satu warna netral saja, yaitu putih. Dengan begitu, kesan mewah namun tetap sederhana akan terus ada pada desain neoklasik ini.

Ubah Interior Lama Ruang Tamu, Cukup Pakai Modal dari CekAja

Nah itu tadi beberapa inspirasi desain ruang tamu minimalis untuk kamu yang ingin mengubah interior dari ruangan tersebut.

Enggak bisa dipungkiri memang, untuk merubah dekorasi ruangan pasti butuh modal yang kadang kala jumlahnya besar.

Apalagi kalau desain yang digunakan cukup jauh berbeda dengan desain sebelumnya. Eits, tapi kamu enggak perlu berkecil hati juga lho.

Karena sebetulnya kamu bisa memanfaatkan pinjaman dana tunai dari CekAja.com yang dikenal memiliki sistem cicilan ringan dan dengan bunga terendah eksklusif online, yakni hanya 0,65 persen saja.

Selain menyediakan produk pinjaman tanpa agunan dari beberapa bank besar, seperti BNI, BRI, DBS, Amar Bank, Citibank dan masih banyak lagi. CekAja.com juga punya 3 produk pinjaman kilat buat kamu yang cuma ingin membeli perabotan ruang tamu yang baru.

Ketiga produk tersebut ialah Kredivo, JULO, dan UangTeman.

Jadi, kamu bisa memilih sekaligus membandingkan terlebih dulu mana sekiranya produk pinjaman yang paling tepat untuk kebutuhanmu.

Tunggu apalagi? Yuk segera akses laman CekAja.com dan temukan produk pinjaman dana tunai untuk keperluan mengubah desain ruang tamu minimalismu.

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri