Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

7 Destinasi Wisata Lokal Mengisi Liburan Tahun Baru

by lhmdi on 24 Desember, 2017

liburan keluarga murah - CekAja.com

Menghabiskan jatah cuti dan berlibur menuju ke tempat-tempat wisata merupakan salah satu kebiasaan yang paling sering dilakukan masyarakat Indonesia menjelang tahun baru.

Berbagai macam tempat wisata tahun baru pun akhirnya menjadi penuh sesak karena ramai dengan wisatawan. Bali dengan pantai-pantainya, hingga gunung-gunung yang ada di Pulau Jawa biasanya adalah beberapa diantaranya.

Hal ini masih ditambah dengan keramaian perayaan tahun baru yang berada di pusat-pusat kota, sehingga membuat sebuah tempat perayaan tahun baru menjadi terlalu sesak.

Ingin merencanakan perayaan dan kegiatan wisata tahun baru yang berbeda tahun ini? Berikut beberapa tempat-tempat baru yang memberikan suasana berbeda saat perayaan tahun baru.

1. Pisah Taong, acara tahun baru spesial dari Manado

Tempat pertama yang wajib dikunjungi sebelum menyambut tahun baru adalah Manado, Sulawesi Utara.

(Baca juga: Liburan Akhir Tahun Jadi Lebih Hemat dan Aman dengan Cara Ini)

Salah satu tempat wisata menarik di Manado yang sering dijadikan tujuan salah satunya adalah keindahan bawah laut, wisata gunung hingga danau-danau cantiknya.

Setelah puas berkeliling di tempat-tempat wisatanya, Manado akan lebih meriah karena Manado Christmas Festival dan acara tutup tahun yang bernama Pisah Taong atau acara tutup tahun akan memanjakan siapa saja yang sedang berada di Manado.

2. Pesta Reba, wisata tahun baru di NTT

Kegiatan wisata unik lainnya adalah berkunjung menuju Nusa Tenggara Timur (NTT). Setelah puas melihat panorama alam nan cantik  di setiap sudut NTT, kita bisa berkunjung ke Kabupaten Ngada.

Di sebuah kampung bernama Bena, kita bisa melihat sebuah rangkaian kegiatan menyambut tahun baru yang dipersembahkan oleh penduduk setempat. Pesta tahun baru dari NTT ini menampilkan pesta ubi yang diiringi dengan tarian tradisional Besa Uwi dan lagu O Uwi

Pesta ini diadakan masyarakat sebagai bentuk ucapan terima kasih mereka kepada alam, khususnya bahan makanan Ubi sebagai makanan pokok bagi masyarakat Ngada.

Pesta Reba di NTT ini sendiri akan berlangsung hingga bulan Februari. Jadi, jika ingin menikmati wisata tahun baru yang berbeda, kita bisa memilih datang ke Kabupaten Ngada.

3. Wisata edukasi dan pantai di Watulumbung, Yogyakarta

Menghabiskan tahun baru di Yogyakarta tidak hanya menjelajahi gunung Merapi saja. Jika ingin mencoba nuansa tahun baru yang berbeda kita bisa menuju Jalan Parangtritis, tepatnya di kawasan Bukit Watu Lumbung.

Bukit Watu Lumbung sendiri menyimpan pesona alam yang luar biasa. Hamparan sawah dan hijaunya pepohonan akan menebar suasana yang sejuk bagi wisatawan yang datang ke tempat ini.

(Baca juga: 7 Cara Belanja di Midnight Sale Jadi Lebih Untung)

Serunya lagi, Bukit Watu Lumbung menawarkan wisata edukasi yang mengajak wisatawan untuk menanam pohon, membaca buku, memasak di dapur tersembunyi sebuah destinasi wisata unik, Kampung Edukasi Watu Lumbung.

Jika malam tahun baru sudah tiba, masyarakat Watu Lumbung akan menyiapkan sebuah penampilan musik akustik yang mengajak kita mendengarkan berbagai lantunan lagu, sembari mendengarkan hempasan ombak pantai yang berada tidak jauh dari desa.

4. Lovely Toraja, tahun baru sarat kebudayaan

Setiap menjelang tahun baru, masyarakat Toraja, Sulawesi Selatan selalu menawarkan wisata tahun baru yang memikat. Dimulai sejak tahun 2010 yang lalu, menjelang pergantian tahun, masyarakat dan pemerintah Toraja membuka akses wisata bagi masyarakat yang ingin merayakan tahun baru.

Pada tahun 2017 ini, sebuah tema Unforgetable Heavenly Experience untuk memberikan kesan tahun baru yang berbeda dari masa-masa sebelumnya. Selain melihat pemandangan alam yang memesona, kegiatan-kegiatan masyarakat asli Toraja, terdapat juga beberapa kegiatan seru yang sayang untuk dilewatkan.

Mulai dari tarung kerbau, sajian kuliner tradisional, festival kopi lokal dan pesta kembang api saat pergantian tahun baru nanti akan membuat Lovely Toraja menjadi momen tahun baru yang tidak akan terlupakan.

Widget TRV Insurance

5. Tahun baru rasa lokal di Dewata Festival

Tahun baru di Bali cuma di Pantai atau berbagai Club Malam merupakan hal yang sudah lazim dilakukan. Namun, mengikuti sebuah acara yang berpusat di Denpasar dengan nama Dewata Festival bisa menjadi pilihan baru.

Kegiatan yang akan dimulai pada tanggal 28 Desember hingga 31 Desember ini akan menampilkan kesan yang berbeda.

(Baca juga: 5 Alasan Ilmiah Kenapa Resolusi Tahun Baru Sering Gagal)

Beberapa acara seru yang akan dilangsungkan selama Dewata Festival adalah parada seni dan budaya, peragaan busana tradisional dan modern, menikmati racikan kuliner lokal Bali dan tentu saja pesta kembang api.

Jadi, jika sudah berada di Bali, jangan lupa mampir menuju Dewata Festival ya.

6. Polo’an, tahun baru ala Probolinggo

Perayaan tahun baru yang sederhana, namun penuh kehangatan bisa kita dapatkan saat berwisata di Probolinggo. Tepatnya di Dusun Kejawan, Desa Sumber Rejo, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Hampir setiap tahun, masyarakat di daerah ini merayakan tahun baru dengan cara yang sederhana. Tidak ada pesta kembang api atau terompet. Namun, perayaan malam tahun baru diganti dengan penuh suasana keakraban dengan memasak bersama. Tradisi ini diberi nama Polo’an.

Biasanya, para Pria menyiapkan segala kebutuhan serta perlengkapan untuk memasak, sementara itu para Wanita menyiapkan bumbu masakan. Menu makanan yang dihadirkan untuk Polo’an ini pun hanya bakar yang dilengkapi dengan sambal kacang terong plus tempe goreng.

Sementara itu, makanan pokoknya adalah nasi jagung. Setelah selesai makan, para warga biasanya berkumpul bersama dan saling berbagi cerita hingga menyiapkan apa yang dilakukan di oleh warga di tahun yang akan datang.

Wisatawan yang datang ke Dusun Kejawan, Desa Sumber Rejo pun bisa ikut berpartisipasi bersama warga untuk menikmati malam tahun baru yang berbeda ini.

7. Jelajah pulau eksotis di Belitung

Awalnya, pulau Belitung dikenal karena diceritakan melalui film Laskar Pelangi. Lambat laun, berita kecantikan Belitung tersebar ke banyak masyarakat, termasuk pulau-pulau cantik di sekitarnya.

Nah, jika kita berencana untuk berlibur panjang di tahun ini tidak ada salahnya menjelajahi pulau-pulau di sekitar Belitung.

Mulai dari Pulau Lengkuas, Pulau Garuda, Pulau Kelayang hingga Pulau Kepayang yang bentuknya memanjang adalah beberapa pulau yang wajib dijelajahi.

Nah, saat malam pergantian tahun kita bisa memilih salah satu dari pulau ini untuk menikmati pesta kembang api, api unggun, hingga acara barbeque yang disediakan pihak pengelola.

Tentang Penulis

lhmdi

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami