7 Fakta Terbaru Virus Corona yang Wajib Kamu Ketahui!

7 min. membaca Oleh Gesti Weningtyas on

Pandemi global yang diakibatkan virus corona memang membuat masyarakat dunia jadi resah. Banyak yang belum bisa membedakan fakta dan sekadar anjuran tanpa penelitian yang lebih dalam terkait virus corona.

fakta terbaru tentang corona

Akibatnya, broadcast yang muncul terkait Covid-19 pun bermunculan. Beberapa broadcast yang muncul tersebut banyak yang menganjurkan untuk membeli obat, mengkonsumsi serangkaian ramuan, hingga melakukan berbagai macam kegiatan yang diklaim bisa mengobati maupun mencegah virus corona.

Nah, buat kamu yang sering mendapatkan beragam informasi yang belum jelas kebenarannya terkait virus corona, sebaiknya cek dulu sebelum menyebarkan. Sebab, di masa seperti ini banyak yang panik dan menelan bulat-bulat setiap informasi yang datang. Padahal, tidak semua benar dan tepat. Sehingga, menyaring beberapa berita sangat penting untuk menemukan fakta.

Sebab, berita yang belum jelas kebenarannya ini bukannya menambah orang jadi makin tenang, malah bisa jadi makin panik dan memborong berbagai barang yang tak semestinya dibeli. Misalnya seperti membeli alat pelindung diri yang seharusnya dipakai oleh tenaga medis, hingga berbagai obat yang diklaim bisa menyembuhkan virus corona, padahal belum melalui uji klinis dan penelitian mendalam. Atau membeli berbagai ragam bumbu dapur maupun rempah yang dipercaya bisa melindungi diri dari virus corona. Selain itu, masih banyak lagi sederet fakta terbaru virus corona yang wajib kamu ketahui seperti berikut ini:

1. Virus Corona Tidak Menular Lewat Udara

Sempat beredar informasi bahwa virus corona bisa menular lewat udara. Hal ini keliru. WHO menegaskan bahwa virus corona tidak menular lewat udara. Virus corona atau covid-19 ini hanya menular lewat percikan saat seseorang yang telah terinfeksi bersin atau batuk, atau yang biasa disebut droplet. Droplet ini bisa menyebar dalam radius satu meter. Sehingga, WHO tetap mengimbau agar masyarakat untuk menjaga jarak minimal satu meter dan selalu mencuci tangan dengan bersih dengan air mengalir dan sabun.

Cuci tangan dengan bersih dan tidak memegang area wajah sebelum cuci tangan adalah kebiasaan yang akan melindungi kita dari penularan virus corona. Gunakan masker saat sedang sakit dan perhatikan etika batuk serta bersin yang benar. Sebab, percikan batuk atau bersin ini bisa terlempar di udara lalu menempel ke orang lain.

2. Virus Corona Bertahan dan Menular di Segala Iklim

Ada juga informasi yang menyatakan jika virus corona tidak bisa bertahan di iklim yang lembap dan panas. Hal ini tidak benar. Virus Corona bisa menyebar dan menular di semua iklim. Seperti yang kita lihat, sebaran virus corona ini telah berada di berbagai negara baik negara beriklim dingin maupun negara tropis. Bahkan di Indonesia sendiri, penularan virus corona bisa terjadi, pada Indonesia termasuk negara tropis.

WHO sendiri juga telah mengeluarkan pernyataan, bahwa virus corona ini bisa menular di semua iklim. Cara terbaik untuk menghindarinya adalah tidak bepergian terlebih dahulu. Berdian diri di rumah untuk sementara waktu dan sebaiknya jaga kondisi tubuh.

Jika kamu mendapat informasi terkait anjuran berjemur untuk mencegah virus corona, kamu bisa melakukannya tanpa berlebihan. Sebab, ada beberapa orang yang memiliki kulit sensitif sehingga tidak bisa terlalu lama di bawah sinar matahari. Pada bayi yang masih memiliki kulit yang tipis dan sensitive, berjemur secukupnya akan memberikan vitamin D dari sinar matahari. Namun, jika terlalu lama, justru bisa membakar kulit.

Mandi air panas juga tidak akan membunuh virus corona. Bahkan, WHO sendiri meminta agar kita tidak mudah percaya dengan anjuran-anjuran yang belum diketahui kepastian serta kebenarannya. Sepanas apapun kita berjemur dan mandi air panas, suhu tubuh kita tetap akan normal, jika kita dalam kondisi yang sehat dan normal. Jadi, tidak akan memberikan pengaruh apapun terhadap penularan virus corona.

3. Bawang Putih dan Bawang Merah Tak Bisa Lindungi Diri dari Virus Corona

Beberapa waktu lalu ada informasi bahwa bawang putih diklaim mampu melindungi seseorang dari virus corona. Orang pun berbondong-bondong membeli bawang putih untuk dikonsumsi. Alhasil, harga bawang putih pun jadi naik drastis dan stok sempat menipis di pasaran. Namun, kamu perlu tahu bahwa bawang putih tidak bisa melindungi tubuh dari virus corona. Bawang putih memang memiliki berbagai manfaat untuk tubuh, kandungannya untuk kesehatan juga tak diragukan lagi. Namun, memakan bawang putih hingga berkilo-kilogram tak bakal menyembuhkan atau melindungi tubuhmu dari virus corona.

Hal yang sama juga berlaku pada bawang merah, sempat beredar bahwa bawang merah bisa menyerap virus corona jika diiris dan diletakkan di ruangan. Hal ini juga bukan hal yang tepat. Sebab cara terbaik melindungi diri dari virus corona adalah dengan sering mencuci tangan dan menghindari bepergian saat pandemi ini masih berlangsung. Bawang merah yang diiris ini hanya akan meringankan gejala flu dan melegakan pernafasan, namun tidak menyerap virus tersebut.

4. Virus Corona Tidak Menular Lewat Kiriman Paket

Banyak yang takut saat mendapatkan paket dari negara Tiongkok, pasalnya negara tirai bambu ini sudah terkena virus corona terlebih dahulu. Namun, kamu juga perlu tahu bahwa virus ini tidak menular melalui kiriman paket atau ditransmisikan lewat barang yang dikirim.

Virus corona tidak akan menular dalam waktu yang singkat dengan paket atau benda mati.

Akan tetapi jika kamu masih khawatir, kamu bisa menyemprot cairan desinfektan saat akan membuka paket kiriman terlebih dahulu. Setelah itu, cuci tangan dengan bersih dengan air mengalir dan sabun selama minimal 20 detik. Dengan demikian, kamu bisa terhindar dari kemungkinan terkena bakteri atau virus yang mungkin menempel selama perjalanan berlangsung.

5. Deteksi Covid-19 Bukan Lewat Menahan Nafas

Jangan percaya jika ada yang mengatakan bahwa untuk mendeteksi virus corona yang ada di dalam tubuh adalah dengan menahan nafas. Hal ini keliru, sebab deteksi yang paling akurat hanya dengan tes laboratorium saja. Sebaiknya jika kamu sudah mengalami gejala mirip virus corona, segera datangi fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan dari pihak medis. Jangan mendiagnosa diri sendiri, karena akan sangat berbahaya jika kita melakukan diagnosa sendiri tanpa pemeriksaan dari dokter.

Gejala yang paling khas dari covid-19 ini adalah batuk kering, sesak nafas dan demam tinggi. Namun, pada beberapa orang tidak ada gejala yang berarti saat mereka telah terinfeksi virus corona. Meski demikian walau tak ada gejala, orang tersebut masih bisa menularkan virus corona ke orang lain dalam waktu 2 hingga 14 hari.

6. Klorokuin Jadi Obat Covid-19

Sebelumnya efektivitas dari klorokuin fosfat masih dipertanyakan dunia. Pasalnya, belum ada penelitian terkait obat ini untuk pasien yang terinfeksi virus corona. Informasi awal yang beredar, obat ini baru diuji coba untuk 100 pasien di China. Kabar terbaru, saat ini klorokuin berada pada tahap penelitian dan uji coba secara berkelanjutan untuk mengetahui efektivitas obat tersebut.

Klorokuin yang semula menjadi obat anti malaria itu kini mulai sulit ditemui di pasaran. Bahkan ada beberapa yang menjual obat ini secara bebas. Namun, perlu kamu ketahui, WHO masih belum merekomendasikan klorokuin sebagai obat resmi untuk menyembuhkan covid-19 karena masih dalam tahap uji coba berkelanjutan.

(Baca Juga: Hindari Penularan Virus Corona di Dalam Mobil, Cek Tips Ini)

Selain itu, klorokuin ini merupakan obat yang boleh dikonsumsi atas pengawasan dokter saja. Kita tidak boleh asal beli dan asal konsumsi lantas menentukan dosis sendiri. Sebab sangat berbahaya, belum lagi efek samping yang mungkin bisa didapatkan jika mengkonsumsi klorokuin secara berlebihan.

Sementara di Indonesia, klorokuin memiliki kandungan yang sama dengan pil kina. Hanya saja, pil kina berasal dari pohon kina, sementara klorokuin adalah bentuk sintetisnya. Meski demikian, kandungan dan manfaatnya diklaim sama dan menjadi obat anti malaria selama beberapa waktu lalu.

Nah, setelah mengetahui fakta ini, jangan lantas memborong obat klorokuin atau pil kina. Informasi terkait obat covid-19 ini masih menjadi pro dan kontra di berbagai kalangan. Namun, tak ada salahnya kita menunggu hingga WHO sudah mengeluarkan pernyataan resmi terkait obat klorokuin. Belum lama berhembus kabar bahwa presiden Jokowi juga telah membeli obat ini untuk penanggulangan wabah virus corona.

7. Vaksin Covid-19 Sedang Dikembangkan

Saat ini berbagai perusahaan telah berlomba-lomba untuk menghasilkan vaksin Covid-19. WHO sendiri menyebutkan ada dua perusahaan yang sudah melakukan uji coba vaksin secara resmi untuk saat ini. Namun, tidak bisa dipastikan vaksin covid-19 ini bisa diedarkan untuk khalayak dunia dalam waktu yang dekat. Sebab, untuk mendapatkan vaksin yang aman dan sesuai butuh waktu hingga 18 bulan setelah melalui rangkaian uji klinis maupun uji coba secara berkelanjutan.

Sempat disebutkan, bahwa vaksin pneumonia bisa melindungi kita dari virus corona. Hal itu tidak benar. Sebab, vaksin pneumonia sangat berbeda struktur virusnya. Meskipun mereka merupakan penyakit yang sama-sama menyerang saluran pernapasan. Vaksin memang bisa menjaga kesehatan dan mencegah kita terkena penyakit. Namun, tidak semua vaksin pernapasan bisa mengatasi penyakit pernapasan lainnya.

Itulah tujuh fakta terbaru tentang virus corona. Dengan demikian, kita hanya perlu tenang dan waspada untuk saat ini. Hindari pikiran yang terlalu berat dan rumit atau memikirkan konspirasi dunia soal virus corona. Kamu tidak perlu berpikir hingga ke sana, yang kamu butuhkan saat ini hanya berdiam dulu di rumah dan rileks. Biarkan tenaga medis bertugas sesuai dengan profesi mereka. Nikmati waktu bersama keluarga di rumah dan jaga kebersihan dengan selalu mencuci tangan setiap selesai beraktivitas.

Sebab, pikiran yang terlalu menumpuk akan membuat kita jadi stress dan akhirnya malah menggerus imunitas kita. Alhasil, bukannya sehat yang didapatkan, kita jadi mudah jatuh sakit. Apapun fakta terbaru tentang virus corona, kita harus tetap tenang dan tentunya waspada. Lindungi diri dan keluarga tersayang dengan kebiasaan hidup sehat dan bersih.

Agar perlindungan lebih maksimal, kamu mungkin bisa mempertimbangkan untuk membeli polis asuransi kesehatan. Sebab saat ini, beberapa perusahaan swasta menawarkan polis asuransi yang akan memberikan manfaat rawat inap apabila pemegang polis asuransi terkena virus corona. Kamu bisa memilih beberapa perusahaan asuransi dan membandingkan setiap preminya agar sesuai dengan kebutuhan. Untuk mengajukan asuransi kesehatan dengan mudah, ajukan segera di Cekaja.com.

Tentang kami

Gesti Weningtyas

Gesti Weningtyas