7 Film Biografi Indonesia Terbaik untuk Kamu yang Sedang Butuh Inspirasi dan Motivasi

7 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Mau gemar menonton film untuk mengisi waktu luang? Maka film biografi Indonesia terbaik yang akan kita bahas kali ini perlu kamu tonton.

Genre di dalam dunia film sangatlah luas dan beraneka ragam. Ada yang bersifat menghibur, namun ada pula yang juga bersifat inspiratif serta memberikan motivasi bagi para penontonnya, salah satunya seperti film bertemakan biografi.

Tak hanya mengangkat kisah-kisah para pejuang, film biografi juga kerap mengangkat kisah dari para tokoh inspiratif masa kini.

(Baca Juga: 5 Film Kontroversial Indonesia)

Nah, hal inilah yang terkadang membuat film biografi menjadi pilihan bagi para orang-orang yang tengah mencari inspirasi atau motivasi di dalam kehidupan mereka.

Bahkan konon katanya, film biografi hampir tak pernah absen menempati 10 besar daftar Film Indonesia Terlaris setiap tahunnya lho, sebagaimana yang dilansir dari fimela.com yang juga mengutip dari laman filmindonesia.or.id.

Jika di tengah pandemi seperti saat ini kamu sudah bingung mencari aktivitas yang seru di rumah, tak ada salahnya mencari inspirasi dan motivasi melalui film biografi Indonesia terbaik yang akan kita bahas kali ini. Penasaran apa sajakah itu? Yuk kita simak bersama!

Film Biografi Indonesia Terbaik

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa film biografi Indonesia terbaik yang bisa kamu tonton selama karantina di rumah, yaitu adalah:

1. Gie

Dapat dikatakan bahwa Gie merupakan salah satu film biografi Indonesia terbaik yang pernah ada sepanjang masa.

Diangkat dari kisah nyata, film Gie dibuat berdasarkan buku Catatan Seorang Demonstran yang memang ditulis oleh Gie sendiri.

Namun untuk menambahkan “bumbu” di dalam film, Riri Riza, selaku sutradara turut menampilkan tokoh-tokoh fiktif, guna membuat alur cerita menjadi lebih menarik dan kuat.

Salah satu film biografi Indonesia terbaik satu ini menceritakan tentang seorang anak keturunan Tionghoa yang tidak begitu kaya, Soe Hok Gie.

Meski begitu, Gie dikenal merupakan sosok mahasiswa sekaligus aktivis yang cerdas serta tidak ragu untuk mengungkapkan pendapat dan argumennya yang kritis.

Didasari atas rasa kepeduliannya kepada sesama, Gie selalu memperjuangkan keadilan dan kebenaran.

Selain alur ceritanya yang menarik, kesuksesan film Gie tentunya juga didukung oleh penampilan para aktor dan aktris Tanah Air yang luar biasa berbakat, seperti Nicholas Saputra, Indra Birowo, Wulan Guritno, Robby Tumewu, dan masih banyak lagi.

Tahun Rilis: 2005
Sutradara: Riri Riza
Pemeran: Nicholas Saputra, Indra Birowo, Wulan Guritno, Happy Salma
Perusahaan Produksi: Miles Films, Sinemart Pictures

2. Habibie & Ainun

Film biografi Indonesia terbaik selanjutnya tak lain adalah Habibie & Ainun. Dirilis pada tahun 2012, film ini menceritakan tentang perjalanan hidup Habibie, sosok jenius yang juga ahli dalam pesawat terbang yang bertemu dengan calon istrinya ketika itu, Ainun, yang merupakan dokter mudah yang cerdas dengan karir yang cemerlang.

Salah satu film biografi Indonesia terbaik ini diangkat dari memori yang ditulis oleh Habibie dalam mengenang mendiang istrinya, Hasri Ainun Habibie.

Berbentuk buku pada awalnya, akhirnya perjuangan kisah cinta kedua tokoh hebat ini dijadikan film oleh MD Pictures.

Tahun Rilis: 2012
Sutradara: Faozan Rizal
Pemeran: Reza Rahadian, Bunga Citra Lestari
Perusahaan Produksi: MD Pictures

3. Sang Pencerah

Film biografi Indonesia terbaik selanjutnya adalah Sang Pencerah, yang mengisahkan tokoh nasional, Ahmad Dahlan, pendiri organisasi Muhammadiyah, sebuah organisasi Islam terbesar di Indonesia.

Film ini mampu memberikan pelajaran kepada masyarakat mengenai toleransi dan koesistensi, dengan menampilkan sosok pahlawan nasional dari sisi yang belum banyak diketahui oleh publik.

Sang Pencerah menampilkan Ahmad Dahlan yang baru saja pulang dari Tanah Suci. Ketika tiba di Indonesia, ia pun berusaha untuk menerapkan ajaran Islam yang benar kepada masyarakat.

Ketika itu, Ahmad Dahlan sempat mendapatkan cemoohan dari orang-orang disekitarnya. Meski begitu, ia tetap tidak menyerah, bahkan senantiasa memberikan bantuan bagi orang-orang yang membutuhkan.

Selain sebagai pendiri dari organisasi Muhammadiyah, Ahmad Dahlan juga merupakan pembaharu Islam di Indonesia, dengan memperkenalkan wajah Islam yang modern, terbuka, serta rasional.

Tahun Rilis: 2010
Sutradara: Hanung Bramantyo
Pemeran: Zaskia Adya Mecca, Slamet Rahardjo, Giring Ganesha, Lukman Sardi
Perusahaan Produksi: Multivision Plus

4. Susi Susanti: Love All

Bagi kamu penggemar olahraga bulu tangkis, mungkin nama “Susi Susanti” sudah tidak terlalu asing lagi.

Susi Susanti itu sendiri memang merupakan seorang atlit wanita berbakat yang bahkan dikagumi oleh masyarakat Indonesia secara luas.

Susi Susanti: Love All merupakan salah satu film biografi Indonesia terbaik yang menceritakan tentang perjuangan sang atlet untuk dapat membanggakan negaranya dalam ajang olahraga bulu tangkis.

Ketika itu, Susi Susanti menghadapi situasi sulit, dimana ia harus berlomba di tengah kondisi ekonomi dan politik Indonesia yang sedang tidak stabil.

Namun pada akhirnya, Susi bisa tetap membuktikan kepada dunia bahwa kepahlawanan tidak dapat diukur dari tingginya prestasi, melainkan dari besarnya pengorbanan.

Tahun Rilis: 2019
Sutradara: Sim F
Pemeran: Laura Basuki, Dion Wiyoko, Moira Tabina Zayn, Iszur Muchtar
Perusahaan Produksi: Damn! I Love Indonesian Movies, Oreima Films, East West Synergy

5. Soekarno

Film biografi Indonesia terbaik selanjutnya adalah Soekarno, yang dirilis pada tahun 2013 dan disutradarai oleh Hanung Bramantyo.

Sesuai dengan namanya, film Soekarno menceritakan tentang perjalanan hidup Sang Proklamator, Ir. Soekarno, mulai dari awal mula ia berganti nama hingga pada sampai pada peristiwa pembacaan proklamasi pada hari kemerdekaan Indonesia.

Pada awalnya, ia lahir dengan nama Kusno. Akan tetapi, karena sering mengalami sakit, maka namanya pun diganti oleh sang ayah menjadi Soekarno, dengan harapan agar Soekarno dapat tumbuh menjadi ksatria dalam pewayangan layaknya tokoh Adipati Karno.

Di usianya yang ke-24, harapan sang ayah nyatanya dapat terkabul, dengan Soekarno yang berhasil mengguncang podium sembari berteriak “Kita Harus Merdeka Sekarang!”.

Walaupun mendapatkan cemoohan dan kritikan dari masyarakat, tokoh Soekarno tetap tidak menyerah.

Tahun Rilis: 2013
Sutradara: Hanung Bramantyo
Pemeran: Ario Bayu, Maudy Koesnaedi, Ratu Tika Bravani, Lukman Sardi
Perusahaan Produksi: Dapur Film

6. Jenderal Soedirman

Pasti kamu pernah dong mendengar ada nama jalan yang diberi nama “Sudirman”? Apalagi khusus warga Jakarta, jalan Sudirman itu sendiri memang dikenal sebagai salah satu wilayah yang begitu mencerminkan Jakarta sebagai Kota Metropolitan.

Mulai dari gedung-gedung tinggi, transportasi umum yang memadai, pedestrian walk yang sangat nyaman, hingga berkumpulnya para pekerja yang berjalan dengan baju kantor mereka yang rapi.

Nah, nama “Sudirman” itu sendiri ternyata diambil dari nama seorang tokoh nasional, Jenderal Soedirman, yang merupakan pemimpin perang gerilya yang mampu mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia, meskipun ketika itu ia sedang menderita penyakit paru-paru.

Jenderal Soedirman menampilkan masa ketika Belanda tidak mengikuti perjanjian Renville dan melakukan penyerangan ke Yogyakarta.

Walaupun ia sedang menderita penyakit paru-paru parah, sang pemimpin tetap turun ke medan perang dan sukses membuat belanda kewalahan hingga akhirnya menyerah.

Tahun Rilis: 2015
Sutradara: Viva Westi
Pemeran: Adipati Dolken, Ibnu Jamil, Mathias Muchus, Baim Wong, Nugie
Perusahaan Produksi: Markas Besar TNI AD, Padma Pictures, Yayasan Kartika Eka Paski

7. Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar

Nah, film biografi Indonesia terbaik yang akan kita bahas terakhir adalah Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar.

Film ini terinspirasi dari kisah Merry Riana, wanita asal Indonesia yang berhasil meraih satu juta dolar pertamanya di Singapura pada usianya ke 26 tahun.

Ketika itu, kondisi Indonesia sedang tidak stabil yang membuat Merry Riana terpaksa harus mengungsi ke Singapura, yang diakibatkan oleh kedua orangtuanya yang tidak mengizinkannya untuk tetap tinggal di Indonesia.

Di perjalanan menuju bandara, mereka dihadang oleh kawanan penjarah yang memaksanya untuk melepas harga benda yang mereka miliki.

Dan ketika sesampainya di bandara, orangtua Merry menjual barang apapun yang tersisa untuk membeli sebuah tiket.

Di Singapura, perjuangan Merry masih belum berakhir. Sebab, ia tetap harus mencari tempat tinggal untuk bertahan hidup dengan hanya berbekal uang yang sepertinya akan langsung habis hanya untuk lima kali makan.

Melihat hal tersebut, cita-citanya untuk terus kuliah dan menjadi sukses terasa begitu mustahil.

Namun nyatanya, Merry justru mendapatkan begitu banyak bantuan dari orang-orang yang berada di Singapura hingga keberuntungan berangsung-angsur datang kepadanya.

Tahun Rilis: 2014
Sutradara: Hestu Saputra
Pemeran: Chelsea Islan, Dion Wiyoko, Kimberly Ryder, Julia Perez, Ferry Salim
Perusahaan Produksi: MD Pictures

Jadi, itulah beberapa film biografi Indonesia terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan untuk mengisi waktu luang di rumah.

Walaupun saat ini kamu belum bisa berkunjung ke bioskop untuk menonton film-film favorite, nyatanya ada beberapa aplikasi atau situs yang menyediakan segudang film menarik yang bisa kamu tonton lho, seperti Netflix ataupun Disney Plus Hotstar.

Meski begitu, sebagian besar situs-situs ini memang mengharuskan kamu untuk membayar sejumlah uang, guna dapat menikmati fasilitasnya secara lengkap.

Nah, apabila kamu merupakan penggemar film, berlangganan situs film tentunya menjadi hal yang wajib untuk dilakukan.

(Baca Juga: Cara dan Syarat Berlangganan Netflix)

Agar pembayaran menjadi jauh lebih mudah dan cepat, gunakan saja kartu kredit sebagai salah satu metode pembayaran yang digunakan.

Belum memiliki kartu kredit? Kamu bisa kok mengajukannya di CekAja.com. Disini, kamu dapat melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis kartu kredit manakah yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup.

Tak hanya itu, seluruh proses pengajuan juga dapat dilakukan secara online lho, yang tentunya mempermudah dan mempercepat proses.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera ajukan kartu kredit pilihanmu di CekAja.com dan nikmatilah segudang film-film menarik untuk mengisi waktu luang di rumah.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha