Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

7 Film Tentang Virus Mematikan, Mirip di Kota Wuhan!

by Sindhi Aderianti on 31 Januari, 2020

Virus corona yang kian menyebar luas, membuat pemerintah setempat menutup sementara kota Wuhan, China. Sejak 23 Januari 2020, kota metropolitan tersebut kini nampak  mencekam. Nihil aktivitas, toko-toko seperti tak bertuan, rumah sakit pun dipenuhi ribuan pasien terinfeksi.

film tentang virus

Fenomena itu dinilai masyarakat mirip seperti di layar lebar. Ya, memang jauh sebelum coronavirus terjadi, cukup banyak film yang mengangkat cerita tentang wabah virus mematikan. Jadi menarik untuk ditonton dan relateable dengan kondisi dunia saat ini. Berikut 7 film yang dimaksud:

1. Train to Busan

Film garapan Yeon Sang-Ho ini mengisahkan suatu virus yang menjangkit seluruh kota di Korea Selatan. Bedanya, virus ini tak menimbulkan suatu penyakit berbahay, namun mengubah orang menjadi zombie yang saling membunuh. Satu per satu penumpang kereta menuju kota Busan pun akhirnya menjadi korban. Train to Busan berhasil meraup lebih dari 10 juta penonton, hingga memenangkan sejumlah penghargaan bergengsi seperti Blue Dragon Film Award dan Baksang Arts Award.

2. Resident Evil

Mengadaptasi sebuah video game yang populer di tahun 1996, Resident Evil mengangkat kisah seorang wanita bernama Alice yang ditugaskan bersama Umbrella Corp untuk menyelidiki ruang bawah tanah. Di sana, ia menemukan banyak korban meninggal yang hidup kembali seperti zombie akibat kebocoran virus-T. Film ini terdiri atas 4 sekuel, yakni Resident Evil: Apocalypse, Exctinction, Afterlife, dan Retribution.

3. The Flu

Selanjutnya ada The Flu. Film tentang virus ini mengisahkan warga pinggiran kota Seoul, Korea Selatan yang hampir semuanya terserang wabah H5N1 atau flu burung. Usai diselidiki, virus tersebut berasal dari kontainer berisi mayat-mayat asal Filipina. Bahkan, ada sejumlah imigran yang terjebak di dalam container tersebut. Seorang kakak beradik pun berusaha menyelamatkannya, tapi ketika kontainer itu dibuka, hanya ada satu orang yang masih bertahan hidup.

4. Quarantine

Film tentang virus yang juga tak kalah menegangkan adalah Quarantine. Film ini menceritakan tentang seorang reporter televisi dan cameraman terjebak di dalam gedung yang dikarantina oleh pemerintah setelah wabah virus misterius mengubah manusia menjadi pembunuh yang haus darah. Quarantine merupakan remake dari film horor Spanyol tahun 2007, berjudul Rec dan dibuat ke dalam dua sekuel.

5. Contagion

Virus yang diceritakan dalam film ini sangat mirip dengan yang terjadi di Wuhan. Setelah business trip ke Hong Kong, Beth Emhoff mengalami flu berat. Ia pun tanpa sengaja menularkan virus tersebut kepada anaknya hingga meninggal dunia. Orang-orang yang pernah melakukan kontak fisik dengannya juga ikut terinfeksi . Upaya Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menghentikannya sia-sia. Diduga kuat, wabah tersebut berasal dari kelelawar. Virus ini terus menyebar hingga membunuh puluhan juta orang di seluruh dunia.

6. Deranged

Deranged - 7 Film Tentang Virus Mematikan, Mirip di Kota Wuhan

Deranged menceritakan tentang penemuan mayat di Sungai Han, Korea Selatan. Seiring berjalannya waktu, mayat yang ditemukan semakin banyak dan membuat warga cemas. Usut punya usut, hal ini disebabkan oleh Yeongasi, sebuah cacing parasit yang tumbuh bermutasi. Virus ini membuat orang-orang yang terjangkit akan bertambah nafsu makan dan rasa haus, hingga berakhir pada keinginan untuk menceburkan diri ke sungai atau kolam terdekat.

7. 28 Weeks Later

Bukan lagi di China, film 28 Weeks Later menceritakan virus yang mewabah ke seluruh penjuru kota London, Inggris. Selama berminggu-minggu, virus semakin memakan banyak korban jiwa. Warga pun mengungsi ke sebuah pondok agar terhindar dari penularan virus tesebut. Dua puluh delapan minggu setelah wabah itu berlangsung, pasukan dari Amerika Serikat pun mengambil kendali Inggris dan menyelamatkan warga yang masih bertahan hidup.

(Baca Juga: 5 Film Horror Jepang Terseram Sepanjang Masa, Berani Nonton?)

Itulah film tentang virus yang persis menggambarkan Kota Wuhan sekarang. Mengutip New York Times (29/01/2020), berikut ini update kasus infeksi di negara-negara yang telah terjangkit virus corona:

  • Thailand: 14 kasus
  • Hong Kong: 8
  • Amerika Serikat: 5
  • Taiwan: 5
  • Australia: 5
  • Makau: 5
  • Singapura: 4
  • Korea Selatan: 4
  • Malaysia: 4
  • Jepang: 7
  • Perancis: 4
  • Kanada: 3
  • Vietnam: 2
  • Nepal: 1
  • Kamboja: 1
  • Jerman: 1

Wuhan sebagai tempat dimana wabah tersebut bersarang sudah mengantongi 132 orang yang tewas akibat coronavirus atau 2019-CoV. Sementara itu, Indonesia hingga kini belum mengonfirmasi adanya korban yang terjangkit virus dengan gejala sesak napas tersebut.

Pastikan kamu dan keluarga bebas dari virus penyakit. Cek kesehatanmu sekarang juga, pakai asuransi agar semua biayanya bisa dicover. Dapatkan asuransi kesehatan terbaik hanya di CekAja.com!

(Baca Juga: Selain Corona, Virus Ini Juga Pernah Gemparakn Dunia)

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.