Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

7 Gitar Termahal Dunia yang Tak Bakal Terbeli dengan Gaji Kamu

by Rafly Aditia on 5 Maret, 2016

Untuk kamu yang senang bermain gitar, mungkin gitar dengan harga puluhan juta rupiah adalah hal biasa. Tapi, bagaimana dengan gitar- gitar termahal di dunia yang harganya luar biasa mahal.

Bahkan, bisa dibilang sampai kapanpun kamu tidak akan bisa membelinya dengan gaji seorang pekerja kantoran. Mau tahu apa saja gitar yang masuk dalam daftar kali ini? Berikut daftar 7 gitar termahal di dunia yang pernah terjual:

#1 Reach Out to Asia, Fender Stratocaster

Photo by Gizmag

Bryan, penyanyi sekaligus pencipta lagu asal Canada berhasil menjual sebuah gitar dan memecahkan rekor dunia. Pasalnya Bryan berhasil menjual sebuah gitar Fender Stratocaster yang ditanda tangani sejumlah superstar dunia di antaranya Eric Clapton, Brian May, Keith Richard, Jimmy Page, David Gilmour, Angus & Malcolm Young, Sting, Ritchie Blackmore, Paul McCartney dan beberapa superstar lainnya.

Gitar tersebut berhasil terjual di angka US$ 2,7 juta pada sebuah acara galang dana di Watar pada bulan November 2005. Lelang ini bertujuan mengumpulkan dana untuk para korban tsunami.

#2 Newport Folk Festival, Bob Dylan’s Stratocaster

Photo by Gizmag

Gitar andalan Bob Dylan yang digunakan pada tahun 1965 dalam acara Newport Folk Festival, 25 Juli tahun 1965 silam berhasil dijual dengan harga US$ 965 ribu. Seperti yang umum diketahui, gitar tersebut merupakan salah teman setia dari sejarah panjang perjalanan panjang Bob dalam bermusik.

Karena dengan gitar dan di festival tersebutlah dirinya pertama kali tampil dengan electric band, dimana sebelumnya hal tersebut belum pernah dia lakukan.

#3 Eric Clapton’s Blackie Stratocaster Hybrid

Photo by Gizmag

Memiliki nilai historis yang cukup tinggi, gitar stratocaster milik Eric Clapton yang biasa dipanggil “Blackie” masuk dalam daftar ini. Bagaimana tidak? Gitar yang digunakan oleh Eric Clapton di studio dan juga di panggung sejak tahun 70an-80an ini pernah berbagi cerita dengan musisi ternama seperti Carlos Santana, Bob Dylan dan Muddy Waters.

Well, walau Eric Clapton begitu mencintai gitarnya yang satu ini,  Blackie akhirnya dijual pada tahun 2004 seharga US$ 959.500.

(Baca juga: Usaha Rumahan Minim Modal yang Bisa Dikerjakan Mahasiswa

#4 Jerry Garcia’s Doug Irwin “Tiger”

Photo by Gizmag

Sebuah gitar custom yang dibuat Luthier (seniman gitar) ternama, Doug Irwin, dan pernah menjadi senjata utama personil Grateful Dead, Jerry Garcia, menduduki posisi keempat dalam daftar 7 gitar termahal di dunia.

Gitar tersebut dijual pada angka US$ 957.500. Benar-benar angka yang fantastis bukan? Terang saja, karena gitar tersebut telah menemani sang legenda, Jerry Garcia selama 30 tahun perjalanan karirnya.

#5 Eric Clapton’s 1964 Gibson ES-335

Photo by Gizmag

Nampaknya, Eric Clapton benar-benar memiliki sihir yang kuat di dunia musik. Satu lagi gitar milik Clapton yang terjual mahal adalah gitar Gibson ES-335 miliknya. Gitar ini dibeli sang legenda pada tahun 1964 dan dia menggunakannya selama berkarir di dunia musik. Akhirnya pada tahun 2004 gitar yang satu ini laku dengan harga US$ 847.500.

(Baca juga: Usaha Sampingan yang Berikan Banyak Uang di Tahun 2016)

#6 Eric Clapton’s 1939 Martin OOO-42

Photo by Gizmag

Yang satu ini adalah senjata utama Eric Clapton ketika bermain dalam format akustik. Gitar merk Martin seri OOO-42 yang dibuat pada tahun 1939 ini pertama kali dibawa Eric Clapton ke atas panggung pada tahun 1993 di Royal Albert Hall.

Gitar ini dijual pada angka US$ 791,500. Benar-benar angka yang fantastis untuk sebuah gitar akustik.

#7 Jerry Garcia’s Doug Irwin “Wolf”

Photo by Gizmag

Nama Jerry Garcia sebagai legenda gitar dan Doug Irwin dengan reputasinya sebagai Luthier ternama membuat gitar satu ini dibanderol dengan nilai tinggi. Gitar custom pertama milik Jerry Garcia ini awalnya dibanderol dengan harga US$ 1500 dari sang Luthier kawakan, Doug Irwin.

Lalu, pada tahun 2002 gitar ini berhasil dijual dengan harga yang bikin kamu geleng-geleng kepala yaitu sebesar US$ 789,500.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.