Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

7 Hadiah Unik untuk Valentine, Bikin Si Dia Makin Sayang

by Ayunindya Annistri on 14 February, 2020

Tepat hari ini (14/2), pasangan di seluruh dunia merayakan hari kasih sayang atau lebih dikenal Valentine. Perayaan ini dianggap sebagai momen yang pas untuk menyatakan cinta kepada orang terkasih. Maka dari itu, tak sedikit dari pasangan yang rela melakukan apa saja khususnya dalam memberikan hadiah unik untuk Valentine.

Hadiah Unik untuk Valentine

Jika perayaan Valentine sebelumnya, kamu hanya memberikan bunga atau boneka untuk pasangan. Cobalah berikan hadiah unik lainnya yang dapat membuat perayaan hari kasih sayang ini tampak berbeda dari tahun sebelumnya.

Tujuannya sendiri enggak hanya untuk membuat hubungan semakin langgeng. Lebih dari itu, pasanganmu juga bakal menganggap bahwa kamu adalah orang yang kreatif dan romantis, karena enggak melulu memberikan hadiah unik untuk Valentine yang serupa.

(Baca Juga: Jajal Bisnis Coklat Valentine, Intip 6 Tips dan Triknya)
Awal Mula Terciptanya Hari Valentine

Valentine saat ini sangat identik dengan hari kasih sayang, dimana tiap pasangan yang tengah memadu kasih bakal menghabiskan waktu bersama sembari bertukar kado romantis.

Namun, dibalik itu semua, ternyata sejarah dari hari kasih sayang tersebut cukup tragis. Di mana mulanya tercipta dari kisah seorang pendeta asal Roma yang bernama Santo Valentine.

Pendeta ini meninggal akibat dieksekusi paksa pada 14 Februari 278 Masehi. Konon sejarahnya, ia menentang kebijakan Claudius II, dimana kaisar yang terkenal akan kekejamannya tersebut melarang warga Roma untuk menikah demi memenangkan sebuah peperangan.

Sayangnya, kebijakan tersebut tidak dihiraukan oleh Valentine, dan dia justru menikahkan pasangan muda secara diam-diam. Nahas, setelah pernikahan itu terjadi, Claudius II memerintahkan para prajuritnya untuk menangkap Valentine dan menghukumnya dengan cara dipukuli dan dipancung.

Sejarah terciptanya Hari Valentine ini dipercayai hingga sekarang oleh orang-orang dari berbagai belahan dunia. Sebab menurut sumber yang beredar, Santo Valentine meninggalkan sebuah catatan kecil sebagai bentuk perpisahan yang bertuliskan ‘From Your Valentine’ kepada seorang penjaga penjara.

Bagaimana Perayaan Valentine dari Berbagai Negara?

Membahas hadiah unik untuk Valentine belum afdal tanpa mengetahui seperti apa perayaan hari kasih sayang itu dilakukan di berbagai negara. Ini juga bisa kamu jadikan referensi saat ingin merayakannya bersama pasangan.

Misalnya Korea Selatan, yang mana tiap wanita di negara ginseng tersebut bakal memberikan pria hadiah berupa cokelat dan bunga sebagai tanda cinta. Kemudian, para pria wajib membalas pemberian itu tepat saat perayaan White Day yang jatuh pada 14 Maret.

Lain halnya dengan Korea Selatan, di Prancis, hari kasih sayang dirayakan dengan cara melamar pasangan ataupun menggantungkan puisi-puisi romantis di pohon cinta yang dihias bersama. Ini juga termasuk hadiah unik untuk Valentine yang anti mainstream karena enggak melulu menggunakan cokelat dan bunga sebagai hadiah.

Tidak jauh berbeda dengan Prancis, Valentine juga dirayakan dengan begitu meriah di Filipina. Bagaimana tidak? Hari Valentine menjadi ajang pernikahan massal yang didukung oleh pemerintah setempat, dan bahkan bisa diikuti oleh ribuan pasangan.

Sementara itu di Bulgaria, Valentine juga dikenal sebagai Winemakers Day, yang mana tiap pasangan lebih memilih menikmati wine di restoran atau bahkan rumah sembari menghabiskan waktu bersama.

7 Hadiah Unik untuk Valentine

Selain cokelat, bunga, dan boneka, masih banyak lagi hadiah unik untuk Valentine yang bisa kamu berikan pada pasangan untuk membuat hubungan kalian semakin awet. Penasaran? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Pop-up Photo Box

Kotak kecil berisi foto-foto kebersamaan ini bisa menjadi hadiah unik untuk Valentine yang tentunya bakal selalu dibuka oleh pasanganmu disaat kalian menjalani long distance relationship.

Agar terkesan jadul, kamu bisa menggunakan kertas foto berlatar hitam kemudian kumpulkan semua foto yang paling berkesan menjadi satu tumpukan kecil di kertas vertikal panjang. Setelah itu, letakkan foto-foto tersebut ke dalam kotak kayu berukuran kecil dengan ukiran nama kalian berdua.

2. Exploding Box berisi makanan

Exploding box enggak cuma bisa kamu buat dalam bentuk kata-kata romantis dan foto bersama saja. Pasalnya, kotak berukuran sedang yang identik dengan warna hitam maupun merah ini juga bisa kamu isi dengan camilan favorit pasanganmu.

Membuat hadiah unik untuk Valentine yang satu ini juga sangat mudah lho. Pertama-tama gunakan kertas berbahan tebal seperti karton atau buffalo. Kemudian tentukan ukuran kotak yang bakal digunakan untuk menaruh berbagai cemilannya. Terakhir, hiasi exploding box dengan hiasan lucu beserta puisi romantis.

3. Mixtape berisi lagu-lagu favorit bersama

Hadiah unik untuk Valentine berikut mungkin terdengar jadul. Namun bagi sebagian orang yang identik old soul, hadiah berupa mixtape justru dianggap lebih romantis ketimbang makan malam di restoran fancy atau bucket berisi bunga.

Jika kalian memiliki selera yang sama pada musik, memberikan mixtape berisi lagu-lagu favorit bisa menjadi referensi lainnya untuk kamu saat ingin memberikan hadiah di waktu Valentine ini.

4. Sejumlah voucher belanja

Wanita mana sih yang enggak senang bila diberikan voucher belanja dari brand-brand ternama? Ini juga menjadi salah satu hadiah unik untuk Valentine yang biasanya dilakukan oleh suami kepada istrinya.

Jadi, kalau hubungan kamu dengan si dia masih dalam ikatan ‘pacaran’, sebaiknya pikirkan kembali bila ingin memberikan hadiah unik yang satu ini.

Soalnya, ditakutkan sewaktu putus, kamu bakal menagih kembali sejumlah voucher yang pernah diberikan, atau sebaliknya pasanganmu yang justru mengembalikan semua barang yang pernah ia beli menggunakan voucher tersebut. Enggak mau kan nantinya kalian harus terus-menerus bertengkar hanya karena masalah sepele seperti ini?

5. Belasan surat bertuliskan ‘open when’

Hadiah unik untuk Valentine berikutnya yang bisa kamu berikan adalah belasan surat bertuliskan ‘open when’. Tujuannya untuk membuat pasangan selalu merasa dekat dengan kamu meski kalian terpisahkan jarak.

Untuk membuat hadiah unik ini, kamu hanya memerlukan belasan kertas, amplop, dan pulpen warna-warni. Selanjutnya, tuliskan kalimat-kalimat lucu atau bahkan yang dapat membangkitkan semangatnya untuk menjalani hari.

(Baca Juga: Bisa jadi Kado Valentine, Cek 5 Pilihan Asuransi Terbaik untuk Pasangan)
6. Notebook berisikan perjalanan cinta kalian

Selain surat, kamu juga bisa menuliskan kisah cintamu bersama pasangan, mulai dari senang, sedih, hingga mungkin kisah putus nyambung dalam hubungan. Kisah tersebut bisa kamu rangkum dalam sebuah buku yang ditulis dengan pulpen warna-warni.

Selain itu, selipkan beberapa foto paling berkesan dari awal berkenalan sampai menjalin hubungan serta percakapan paling romantis ke dalam buku tersebut.

7. Tiket liburan bersama

Makan malam romantis dan bunga sudah tidak berlaku lagi saat kamu telah menikah dengan pasangan. Sebagai gantinya, kamu bisa memberikan hadiah unik untuk Valentine berupa tiket liburan untuk sekedar menghilangkan penat bersama, dan membuat hubungan kalian semakin romantis.

Nah, itulah beberapa hadiah unik untuk Valentine yang bisa kamu berikan pada pasanganmu. Mengenai hadiah Valentine pada poin terakhir, yakni tiket liburan bersama, kamu bisa menggunakan kartu kredit untuk mendapatkan fasilitas airport lounge terbaik hanya dengan mengajukannya melalui CekAja.com.

Yuk, tunggu apalagi? Segera miliki kartu kredit dari CekAja dan dapatkan berbagai penawaran menariknya!

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau