Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

7 Hal Kecil yang Bisa Mendorong Motivasi Kerja

by lhmdi on 21 Oktober, 2017

Bagi seorang karyawan, memiliki motivasi kerja merupakan salah satu kunci sukses agar bisa selalu menyelesaikan semua aktivitas pekerjaan atau tugas yang dimiliki.

Pada praktiknya menjaga motivasi bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan. Apalagi bila kita adalah seorang karyawan yang mendapat banyak tantangan dan beban pekerjaan yang tinggi.

Ketika motivasi berkurang dan semangat bekerja menjadi hilang, secara perlahan performa kerja pun menurun. Bukan hanya bisa merugikan diri sendiri, namun secara khusus akan berdampak kepada perusahaan tempat kita bekerja.

Bila dapat mengatasinya, maka motivasi kerja yang tadi telah menurun bisa kembali naik dan berada di jalur yang positif. Meskipun kita butuh pendorong naiknya motivasi tersebut dan membuat kita jadi bersemangat kembali dalam bekerja.

Sepele, tapi beberapa hal yang akan disebutkan di bawah ini dapat dan mampu meningkatkan kembali motivasi kerja seseorang. Bukan sekadar kata motivasi sukses. Apa saja?

1. Menginginkan pengalaman kerja yang lebih luas

Motivasi ini biasanya akan terjadi pada karyawan yang baru saja lulus dan mendapatkan pekerjaan pertamanya.

Karyawan seperti ini biasanya masih meraba-raba apa yang akan mereka lakukan di sebuah perusahaan. Bahkan ketika masih belum beradaptasi namun sudah mendapat tantangan yang cukup berat. Karyawan seperti ini biasanya akan tetap bertahan dengan motivasi ingin mendapatkan pengalaman yang lebih.

Mereka tidak akan mengejar peningkatan gaji atau karir yang berada di level manager. Rata-rata tipe karyawan seperti ini memiliki motivasinya sendiri seperti rencana jangka panjnag bagaimana caranya membangun sebuah usaha, belajar pengaturan dan struktur sebuah perusahaah hingga bisnis yang dikelola. (Baca juga: 8 Kebiasaan Ciptakan Motivasi Positif di Pagi Hari)

Selain itu, motivasi ini nantinya juga akan dikelola sebagai ilmu baru yang bisa diterapkan jika si karyawan akan pindah ke perusahaan baru.

2. Motivasi untuk mendapatkan pendapatan tetap

Mendapatkan gaji atau pendapatan tetap setiap bulannya merupakan salah satu tujuan seorang karyawan untuk bekerja.

Apalagi jika karyawan tersebut harus hidup mandiri, maka semua kebutuhan hidupnya harus ditanggung sendiri. inilah salah satu alasan seseorang akan tetap bekerja meski mendapatkan tantangan yang mampu menurunkan motivasi mereka.

Dengan mengingat masih banyaknya berbagai macam kebutuhan yang harus dipenuhi, memang setiap karyawan tentu memiliki keinginan untuk naik gaji. Namun yang mesti disadari adalah seorang harus tetap bekerja dan kemudian mendapatkan pendapatan setiap bulannya.

3. Keinginan untuk membahagiakan orang tua

Motivasi kerja berikutnya adalah karena ingin membahagian orang tua. Motivasi ini seringkali menjadi pengingat bagi karyawan untuk terus bekerja meskipun menghadapi banyak tantangan dalam setiap pekerjaan yang akan dijalani.

Sebagai contoh, keinginan seorang karyawan ingin mengajak orang tuanya untuk beribadah Haji bersama atau memberikan perlindungan dan kenyamanan di hari tua mereka nanti.

Dengan motivasi ini, biasanya karyawan akan selalu fokus dan rajin bekerja sehingga keinginannya untuk membahagian orang tua benar-benar bisa tercapai.

4. Mendapatkan jabatan yang lebih strategis

Seorang karyawan pastinya menginginkan kenaikan level dalam pekerjaan yang dimilikinya. Bermula dari staff hingga mencapai posisi yang berada pada level manajer adalah salah satu contohnya.

Tidak jarang pula motivasi seperti ini yang dimiliki oleh sebagian karyawan. Jika lingkungan perusahaannya terbuka dan selalu memberikan kesempatan kepada karyawannya untuk meningkatkan kemampuan mereka, maka tipe karyawan ini akan berusaha meningkatkan kemampuan dan skill yang dimilikinya. (Baca juga: 10 Lagu Ini Memotivasi Kamu Agar Bekerja Lebih Keras)

Cara ini secara tidak langsung akan membantu meningkatkan produktivitas seorang karyawan dalam bekerja. Dengan meningkatnya produktivitas, maka akan memberi keuntungan tersendiri untuk perusahaan.

Bukan tidak mungkin nantinya seorang karyawan bisa mendapatkan kenaikan jabatan. Hal yang tidak jauh berbeda jika seorang karyawan mengundurkan diri dari perusahaan lamanya dan pindah ke perusahaan baru.

Dengan bekal kesempatan untuk meningkatkan kemampuan dan skillnya tadi, maka seorang karyawan sudah siap untuk mendapatkan jabatan yang lebih baik di perusahaan baru nanti.

5. Motivasi untuk memenuhi kebutuhan anggota keluarga

Jika serang karyawan sudah memiliki anggota keluarga seperti anak dan istri, maka mereka adalah sumber motivasi dalam bekerja.

Mengingat istri serta anak di rumah bisa membuat motivasi bekerja bertambah meskipun mendapatkan berbagai macam tantangan dalam pekerjaan yang sedang dijalani.

Hal ini yang biasanya dijadikan sebagai motivasi untuk selalu giat bekerja, dan selalu berusaha untuk tidak mengecewakan dan ingin membuktikan bawa dirinya mampu bertanggung jawab untuk memenuhi semua kebutuhan keluarga.

6. Menyelesaikan semua biaya cicilan dan tagihan

Berikutnya motivasi kerja bisa datang dari semua cicilan dan tagihan yang bertambah untuk memenuhi kebutuhan. Bekerja lebih giat dan mencari sumber panghasilan tambahan adalah salah satu cara untuk melunasi cicilan atau tagihan yang pernah dilakukan.

Misalnya jika seorang karyawan ingin beli rumah atau kendaraan secara kredit untuk kebutuhan keluarga. Sisa pembayaran kredit ini nantinya pasti akan dibayar dengan uang, sehingga secara tidak langsung akan menumbuhkan motivasi tersendiri untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar dari yang sudah dijalani sebelumnya.

7. Menyiapkan rencana masa depan

Soerang karyawan yang sudah punya strategi jangka panjang untuk dirinya snediri dan keluarga pastinya sudah memiliki gambaran apa yang akan dilakukan di masa depan nanti.

Oleh karena itu, gambaran masa depan yang masih sulit untuk ditebak ini akan menjadi pengingat dan motivasi dalam bekerja. Sebagai contoh, seorang karyawan pastinya sudah menyiapkan tabungan masa depan untuk kebutuhan anak untuk bersekolah, biaya kesehatan dan lain-lainnya. (Baca: 10 Tip Sederhana Siapkan Tabungan Pendidikan Anak)

Apalagi secara keseluruhan biaya untuk memenuhi kebutuhan akan smakin tinggi di masa depan. Oleh karena itu seorang karyawan pastinya akan selalu giat untuk bekerja agar mampu memenuhi kebutuhan untuk dirinya sendiri dan keluarga di masa depan.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami