Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

7 Hal yang Bikin Tidur Jadi Berkualitas Saat Berpuasa

by Rafly Aditia on 16 Juni, 2017

tidur berkualitas saat puasa _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Sulit tidur adalah hal yang menganggu kehidupan seseorang. Apalagi jika terjadi di bulan puasa.

Bila waktu tidur sedikit dan tidak berkualitas, tentu ibadah puasa akan jadi lebih berat. Selain itu, risiko kesehatan pun meningkat. Nah, agar tidur menjadi lebih berkualitas di bulan puasa, coba saja lakukan 7 hal berikut:

Membaca buku

Berdasarkan studi yang dilakukan Sussex University, membaca buku selama enam menit dapat menurunkan tingkat stres hingga 68 persen. Hal ini tentu menjadi fakta pendukung bahwa membaca buku adalah aktivitas tepat jika ingin tidur lebih cepat dan berkualitas.

Meditasi

Merasa susah tidur di malam hari? Cobalah meditasi untuk mengatasi masalah tersebut. Meditasi yang melibatkan latihan pernapasan dan fokus dapat menjernihkan pikiran.

Apabila pikiran jernih dan jauh dari hal buruk, tubuh akan lebih mudah untuk rileks sehingga gangguan tidur dapat terselesaikan.

Menulis jurnal harian

Penelitian yang dipublikasikan dalam The Journal of Happiness Studies mengungkap fakta mengejutkan. Dalam penelitian tersebut disebutkan, menulis jurnal harian bisa meningkatkan tingkat kebehagiaan dan menurunkan kesedihan. Menulis buku harian juga dapat membuat tidur jadi lebih berkualitas.

Untuk itu, cobalah menulis jurnal harian tentang hal yang patut disyukuri setiap harinya dan bukan jurnal yang berisi keluhan-keluhan.

Mandi air hangat

Cara lainnya untuk mendapatkan tidur yang berkualitas adalah dengan mandi air hangat beberapa saat sebelum tidur. Mandi air hangat dapat membuat otot-otot tubuh lebih rileks.

Selain itu, temperatur air hangat yang membasahi tubuh dapat membuat seseorang jadi lebih mengantuk. Hal ini pun dibenarkan oleh penelitian yang dipublikasikan oleh Taylor & Francis Group.

Mendengarkan lagu

Lewat sebuah penelitian yang dilakukan National Sleep Foundation (NSF), terungkap fakta bahwa mendengarkan lagu beberapa saat sebelum tidur bisa membantu seseorang terbebas dari gangguan susah tidur dan meningkatkan kualitas tidur.

Namun, pilih lagu yang sesuai dan bukan lagu bertempo cepat. NSF  menyarankan lagu yang tepat untuk didengarkan sebelum tidur yakni lagu yang memiliki irama sekitar 60-80 ketukan per menit. Lagu-lagu bernuansa rohani yang lembut sepertinya cocok diputar di bulan ramadhan.

Matikan lampu saat tidur

Ya, ruangan dengan cahaya minim memiliki dampak positif yakni meningkatkan kualitas tidur. Oleh karena itu, sebaiknya matikan lampu sebelum tidur. Apabila tidak suka dengan ruangan yang gelap, menggunakan penutup mata untuk tidur bisa jadi solusi yang tepat.

Menghabiskan waktu dengan orang yang dicintai

Salah satu penyebab seseorang susah tidur adalah kekhawatiran menghadapi hari esok yang mungkin  menyulitkan. Untuk meredakan kekhawatiran tersebut, cobalah berbicara dengan orang-orang yang dicintai misalnya kekasih atau anggota keluarga.

Dengan dukungan serta cinta mereka, kita bisa menjadi lebih tenang daripada sebelumnya. Tentu juga, hal ini akan memberikan dampak positif bagi kualitas tidur.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami